Jika harimau melawan beruang, siapa yang akan menang?

Dilihat 26,6 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pertarungan binatang buas di alam liar memang sering menimbulkan rasa ingin tahu. Kadang saya juga suka bertanya - tanya apa yang akan terjadi pada pertarungan dua binatang buas seperti harimau vs beruang. Apalagi baik harimau maupun beruang memiliki gigitan yang mematikan.


Saya pernah membaca diskusi serupa yang mempertanyakan mengenai pertarungan harimau vs singa. Seperti yang kita ketahui bersama, singa adalah raja hutan dan karena itu dapat lebih mendominasi dalam sebuah pertarungan, meskipun lawannya adalah seekor harimau. Pertarungan binatang buas lainnya yang tidak kalau menarik adalah pertarungan harimau vs gorila


Gorila yang merupakan binatang omnivora memang dikenal lebih banyak makan tumbuh - tumbuhan. Tapi gorila memiliki gigi taring dan otot leher yang sangat kuat. Bahkan tekanan gigitan gorila lebih tinggi dari pada tekanan gigitan harimau. Lalu bagaimana dengan pertarungan harimau vs beruang?


Pertama - tama coba kita lihat dulu beberapa fakta terkait harimau dan beruang.



HARIMAU VS BERUANG


  • Harimau tidak memiliki ukuran atau bentuk yang jauh berbeda  (hanya ada 3000 - 5000 di alam liar, dengan 4 macam spesies, termasuk bengal dan siberian). Beratnya sekit 380 kg dengan panjang mencapai 3,5 meter; harimau adalah hewan yang hidup sendiri dan biasanya keluar di malam hari. Saya pernah melihatnya di alam bebas di Nepal - mereka merupakan makhluk yang sangat cantik dan kuat.
  • Harimau memiliki pendengaran yang sangat tajam (60 kHz, manusia hanya 20kHz); mereka dapat melihat secara 3 dimensi dan di dalam 1/6 dari cahaya yang kita butuhkan untuk melihat, tapi mereka tidak melihat cahaya sebaik yang kita lihat, dan mata mereka memiliki lebih banyak batang (untuk melihat bentuk) ketimbang kerucut (untuk melihat warna). Kemampuannya untuk merasakannya juga tinggi; cambangnya berada di seluruh tubuh mereka (dengan 5 jenis yang berbeda) dan sangat sensitif untuk merasakan aliran udara yang sangat pelan sekalipun. Harimau merupakan hewan karnivora dan sebuah mesin predator. Mereka dapat melompati dinding yang tinggi (sekitar 3,5 - 4,5 meter) dan memanjat pohon. 
  • Berbeda dengan harimau, ukuran beruang sangat bervariasi. Beruang madu di Asia memiliki berat sekitar 45 - 54 kg, beruang coklat dan beruang kutub dapat memiliki berat sampai 770 kg. Masih ada ribuan beruang yang hidup di alam liar. Mereka memiliki penciuman yang sangat tajam, yang mereka gunakan untuk berburu mangsa dan mencari makanan. Mereka adalah hewan omnivora; mereka memakan tanaman dan ikan secara langsung dan banyak di antaranya yang melakukan diet vegetarian. Harimau memasukkan beruang hitam dalam menu dietnya dan dapat dengan mudahnya mencabik bagian punggung mereka dengan menggunakan cakarnya.

Tapi, dalam pertarungan melawan beruang kutub atau beruang coklat, seperti dalam simulasi ini, hal tersebut mungkin akan sedikit lebih sulit bagi harimau, yang memiliki ukuran hampir sama dengan beruang, untuk mengalahkannya, meskipun harimau jauh lebih lincah. 


pertarungan hewan buas


Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai pertarungan harimau melawan beruang, coba kita lihat kutipan yang saya ambil dari situs indrajit tentang
BigCats.


Meskipun merupakan predator yang kuat, sosok beruang cukup menonjol di antara mangsa harimau, bukan hanya yang bertubuh kecil - meskipun sangat agresif - seperti beruang sloth dari India, tapi juga beruang hitam Himalaya dan Beruang Coklat Siberia (halaman 203, ref. 17). Beruang sloth sering dibunuh oleh harimau dan terdapat satu jenis harimau yang secara kebiasaan suka membunuh beruang.. Selain itu Beruang Coklat juga sering diserang. Harimau yang besar melawan beruang yang beratnya hampir sama dengannya (halaman 157, ref.6) 


Terdapat gagasan yang populer bahwa Beruang Coklat (termasuk beruang Grizzly) dan beruang kutub terlalu kuat untuk ditandingi oleh harimau. Ada beberapa kejadian dimana seekor beruang dapat mengalahkan seekor harimau dalam sebuah pertarungan. Tapi juga ada banyak kejadian yang menunjukan hal yang sebaliknya terjadi. Ada orang - orang yang mengatakan bahwa beruang sudah belajar untuk tidak macam - macam dengan harimau setelah beberapa kali merasakan cakarnya. Secara umum mungkin bisa dibilang kalau kedua hewan tersebut sama- sama kuat.


Coba lihat video harimau vs beruang ini


 

Setelah berjam - jam menonton pertarungan antara harimau vs beruang di youtube untuk menjawab pertanyaan yang sangat mendesak ini, saya menemukan beberapa hal terkait perbedaan metode menyerang harimau dan beruang.



PERBEDAAN METODE MENYERANG HARIMAU VS BERUANG:


  • Harimau mengikuti mangsanya diam - diam lalu menyerang. Mereka sangat waspada dan berhati - hati dengan makanan mereka. Karena mereka menghabiskan banyak waktu untuk berburu, mereka akan menyerang apa pun yang mereka temui.
  • Beruang cukup mencengangkan. Mereka sangat tenang dan tidak akan menyerang kecuali jika dipancing atau ketika berusaha untuk menegaskan dominasi mereka. Mereka makan tanaman dan madu. Tapi jangan macam - macan dengan ibu beruang yang memiliki anak. Bagaimanapun juga jangan. Saya melakukan kesalahatan itu di Yosemite, ketika saya berusia 7 tahun, dalam liburan keluarga ke California. Jangan lari. Mundurlah perlahan - lahan.. dan jangan tertawa. Kalau kamu memanjat pohon, naiklah kira - kira 1,5 meter; jangan lupa tarik juga kakimu ke atas.
  • Banyak hal yang menyesatkan mengenai harimau vs beruang dan beruang vs harimau di youtube, dimana videonya berakhir dengan "harimau vs beruang, siapa yang menang? anda yang memutuskan!". Video itu terlihat nyata namun sepertinya palsu dan tidak ada hasilnya. Harimau sangat lincah dan cepat; mereka dapat dengan mudahkan melarikan diri dari cengkeraman beruang kutub atau beruang coklat jika mereka bisa menghindari cakarnya dan bertahan untuk hari selanjutnya.
  • Ketika harimau bermaksud membunuh, mereka akan menyerang pembuluh darah di leher dan membenamkan giginya untuk mencabik leher dari mangsanya; ketika mereka berhasil melumpuhkannya, mereka akan mulai makan dari bagian belakang ke atas. 

Harimau tidak memiliki indera perasa tajam; jadi mereka akan memakan apa saja. Di sisi lain, beruang biasanya tidak tertarik dengan daging harimau. Jadi kalau kita pertimbangkan seluruh informasi di atas terkait pertanyaan siapa yang akan menang dalam pertarungan harimau melawan beruang, saya akan bertaruh untuk harimau 9 dari 10 kali.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang