Jika saya mau menjual bakso buatan sendiri di luar negeri, bagaimana cara mendapatkan pembeli?

Dilihat 904 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bakso adalah jajanan yang sangat popular di Indonesia. Di mana-mana bisa dijumpai para penjual bakso mulai dari yang berdagang keliling pakai gerobak dorong, warung bakso tenda, usaha sampingan di rumah, sampai gerai-gerai khusus bakso yang dijalankan dengan sistem franchise. Harganya pun bervariasi mulai dari yang super murah hingga super mahal. 


Jadi, berjualan bakso merupakan cara memulai usaha yang cukup menjanjikan. Bahkan ada juga yang menjual bakso buatannya sendiri ke luar negeri sehingga mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar.  


Sekarang ini para penjual bakso pun menghadirkan berbagai macam isi bakso. Jadi jika di masa lalu kita hanya mengenal bakso hanya berisi kuah, mi dan selada maka hari ini isinya sudah jauh lebih bervariasi yang meliputi gorengan, siomay, beraneka tahu, sosis dan lain-lain. 


Pasar bagi jajanan bakso memang sangat luas, bahkan hingga ke luar negeri, hampir semua orang menyukai bakso. Jadi tidak heran jika para penjual bakso harus bersaing ketat untuk mendapatkan pembeli atau pelanggan.  


bakso 1


Selain itu untuk memulai usaha sampingan di rumah berjualan bakso para pemula juga tidak perlu repot-repot mempersiapkan segalanya sendiri dari awal. 


Artinya, jika Anda ingin berbisnis bakso hal terpenting yang perlu Anda persiapkan adalah lahan berjualan: bisa di depan rumah, sewa tempat atau Anda berkeliling kampung. Untuk isi, Anda tinggal datang ke pasar dan membeli dalam bentuk sudah siap untuk diolah atau setengah jadi. Jika ingin lebih mudah lagi, Anda tinggal membeli franchise sebuah brand bakso maka segala keperluan mulai dari isi, pegawai, sampai promosi akan dikerjakan oleh pihak penjual franchise


Dengan kata lain Anda tinggal sediakan tempat. Inilah saya kira cara memulai usaha yang strategis. 


Namun apabila Anda telah berhasil membuat bakso sendiri dan memiliki modal besar kemudian ingin memasarkannya ke luar negeri, maka Anda harus memilih cara promosi yang tepat agar konsumen di sana tertarik dengan produk Anda tersebut. Ada sejumlah cara pemasaran yang bisa Anda tempuh dalam memasarkan produk bakso buatan Anda sendiri ke manca negara, dan salah satu cara yang paling mudah adalah mengikuti even-even kebudayaan yang memperkenalkan budaya nusantara, termasuk kulinernya. 


Selain itu, Anda juga bisa memberikan sampel gratis atau mengadakan acara cicip gratis agar menarik pembeli di sana. Dan saat ini sudah banyak warga negara asing yang menyukai kuliner Indonesia termasuk bakso, salah satunya adalah mantan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama. Ini bisa Anda jadikan poin promosi bakso buatan Anda sendiri ke luar negeri. 


bakso 2

Di mana saya bisa memperoleh resep bakso?


Sekilas pertanyaan ini tampak mudah dijawab apalagi di jaman internet seperti sekarang. Jika Anda ingin memulai usaha sampingan di rumah, cukup Anda ketik kata kunci resep bakso atau cara membuat bakso di Google maka deretan daftar berisi resep-resep bakso akan muncul dengan sendirinya. 


Pilihlah beberapa resep yang menurut Anda paling mudah dikerjakan dan sebaiknya tidak terburu-buru mengambil resep yang lebih sulit. Yang paling penting untuk diperhatikan adalah memang tidak semua resep di dalam Google bisa memberi hasil sesuai dengan yang dijanjikan. Kok bisa begitu? 


Ada banyak faktor yang mempengaruhi cita rasa bakso mulai dari kuah, isi, kualitas bahan baku sampai timing atau ketepatan waktu dalam proses memasak. Secara umum memang bahan dan bumbu bakso hampir semua orang sudah tahu. Tapi ada hal-hal yang tidak bisa Anda dapatkan secara instan dari sebuah resep saja. Artinya anda perlu praktik, praktik dan praktik. 


Dari pengalaman inilah nantinya Anda akan mendapatkan resep andalan Anda sendiri.  


bakso 3


Cara memulai usaha berjualan bakso antara lain dengan membeli atau belajar dari penjual bakso yang lebih sukses. Memang butuh ongkos dan perjuangan lebih, tetapi tingkat keberhasilannya lebih tinggi dibandingkan jika Anda hanya mencomot beberapa resep dari Google. 


Namun demikian pada kenyataannya tidak mudah mendapatkan resep dari mereka karena itu artinya Anda sedang menegosiasi sebuah resep dagang. Tapi tetap saja patut dicoba dan tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mendapatkan peluang kerjasama yang lebih menjanjikan.


Ada beberapa resep yang sudah umum ditemui, seperti bakso daging sapi, bakso kepala sapi, bakso ikan, bakso daging ayam, bakso seafood, dan lain sebagai ini. Resep-resep bakso ini bisa Anda tiru sebagai langkah awal Anda memulai bisnis bakso. Anda juga bisa mengkreasikan resep-resep ini dengan perpaduan kreatif Anda sehingga menghasilkan resep bakso yang baru dan digemari oleh banyak pembeli. 


bakso 4

Bagaimana cara memasak bakso agar matang sempurna?


Nah ini masih berkaitan dengan penjelasan di atas. Kalau kita perhatikan, saat ini sedang ngetren fenomena penjual bakso dengan ukuran yang super super jumbo. Ada bakso yang berukuran sebesar bola voli, bakso beranak atau bakso yang di dalamnya berisi bakso-bakso kecil dan berbagai inovasi lainnya. 


Pertanyaannya tetap sama bagi para penjual bakso, bagaimana membuat bagian dalamnya matang sempurna? 


Beberapa trik dan inovasi terbukti membawa keberhasilan yang disambut baik oleh para penggemar bakso. 

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna sepertinya Anda perlu menghabiskan beberapa waktu untuk berlatih dan praktik. Cara memulai usaha baksonya seperti disampaikan di atas, jika Anda bisa mendapatkan resep dari penjual lain yang sudah sukses itu jauh lebih baik terutama dalam menghemat waktu pencarian Anda. Namun jika tidak maka Anda harus berulang kali mencobanya. 


bakso 5 


Cara Menjaga Bakso Tetap Bulat Saat Dimasak


Bagi penjual bakso yang sudah berpengalaman tentu akan tertawa mendengar pertanyaan seperti ini. Namun jika Anda masih pemula, tentu pertanyaan ini menjadi pertimbangan penting dan harus dipecahkan. Seringkali terjadi ketika dimasak bakso yang semula bulat berubah menjadi gepeng atau tidak bulat sempurna. Jika Anda ingin menjadikan bisnis bakso sebagai usaha sampingan di rumah, maka Anda punya lebih banyak waktu untuk mempraktikkannya.  


Lalu bagaimana caranya? 


Pertama-tama Anda perlu perhatikan komposisi bahan-bahan penysuun bakso. Sekali lagi, jangan berpikir untuk memakai bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan karena jelas itu akan merugikan orang lain dan juga Anda sendiri cepat atau lambat. 


Tidak masalah memakai bahan pengenyal bakso yang lebih mahal tetapi sehat dan sudah mendapatkan persetujuan BPOM. Pembeli sekarang pun sudah lebih sadar kesehatan dan lebih jeli, jadi asalkan produk Anda premium, harga yang sedikit lebih mahal tidak masalah.  


bakso 6

Kembali lagi ke cara membuat bakso bisa dimasak dengan bentuk bulat sempurna. Komposisi bahan yang pas akan sangat mendukung kemudahan membentuk bakso menjadi bulatan-bulatan yang apik. 


Nah, coba Anda memakai sebuah alat cetak yang sudah ada sehingga hasil tersebut bisa dicapai. Namun tidak berhenti di situ. Bakso mentah masih harus melewati proses pengolahan berikutnya. Tidak jarang bakso yang semula bulat setelah dimasak menjadi gepeng. Di sini Anda perlu trik-trik khusus. Tips terbaik yang bisa Anda ikuti adalah perhatikan suhu pemasakan atau Anda bisa memakai teknik kukus.


Semoga penjelasan singkat terkait memulai usaha bisnis bakso buatan sendiri serta mendapatkan pembeli lokal maupun manca negara ini mampu menginspirasi Anda dalam menekuni dunia wirausaha kuliner bakso hingga ke manca negara. Selamat berkreasi! 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang