Bagaimana cara membuat bolu panggang agar mengembang dengan sempurna?

Dilihat 8,22 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bagi sebagian orang memasak atau membuat makanan sendiri di rumah adalah suatu aktivitas yang menyenangkan, apalagi jika makanan yang kita buat enak dan disukai oleh anggota keluarga kita. 


Pastinya akan ada kepuasan tersendiri dalam diri kita karena telah berhasil membuat suatu hidangan yang lezat. Namun ada beberapa orang yang merasa kesulitan saat dirinya dihadapkan untuk membuat hidangan sendiri di rumah karena minimnya keterampilan memasak yang dimiliki. 


Salah satu hidangan yang sering dikeluhkan karena sulit untuk membuatnya dengan sempurna adalah membuat bolu panggang. 


Sebenarnya cara membuat bolu panggang tidaklah sulit jika kita memulainya dengan bahan dan cara yang tepat. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara membuat kue bolu panggang agar mengembang.



Cara membuat bolu panggang


Hidangan Bolu Panggang


Bolu panggang sering dihidangkan pada beberapa acara formal maupun nonformal misalnya kita memotong kue saat acara ulang tahun ataupun acara keluarga seperti arisan ataupun reuni. 


Hidangan bolu panggang memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai kudapan manis yang bisa dinikmati pada suasana apapun. 


Maka dari itu, banyak sekali para Ibu yang mengandalkan hidangan ini sebagai sajian manis yang pastinya disukai banyak orang. Bahkan tidak jarang para Ibu ingin untuk dapat membuat bolu panggang di rumah sebagai hidangan spesial yang bisa disajikan untuk keluarga. 


Beberapa orang rela mengeluarkan uang untuk dapat kursus membuat bolu panggang dengan sempurna dan yang lainnya lebih memilih untuk mengandalkan resep dari internet ataupun buku panduan cara membuat bolu panggang


Sebenarnya membuat bolu panggang tidak serumit yang sering dikeluhkan banyak orang, asalkan kita mengikuti langkah-langkah yang benar dan menggunakan bahan-bahan terbaik yang sesuai dengan takaran. 



Cara membuat bolu mengembang sempurna


Resep Bolu Panggang Paling Mudah

Kue bolu adalah salah satu resep kue sederhana yang bisa dibuat oleh pemula. Hal yang harus diperhatikan adalah menemukan resep yang tepat untuk bolu panggang yang akan anda buat. 


Jangan sampai anda menggunakan resep yang ternyata tidak terpercaya sehingga bisa membuat bolu panggang anda menjadi gagal dan sia-sia. 


Berikut adalah salah satu resep bolu panggang sederhana empuk dan enak yang tentunya terpercaya: 


Bahan yang diperlukan:

  • 100 gram tepung terigu serbaguna
  • 125 gram gula pasir
  • 5 butir telur ayam
  • 1/2 sendok vanili bubuk
  • 50 gram margarin yang dilelehkan
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan cake emulsifier 

Resep membuat kue bolu

Cara membuat:

  1. Kocok 5 telur yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan gula pasir dan juga cake emulsifier menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan terlihat berwarna pucat.
  2. Masukkan campuran vanili, tepung terigu, dan baking powder sedikit demi sedikit pada adonan sambil terus dikocok menggunakan mixer. 
  3. Kemudian tuangkan margarin yang telah dilelehkan dan kocok kembali dengan mixer hingga merata.
  4. Setelah adonan tercampur sempurna masukkan adonan ke dalam loyang berukuran 25 cm yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu agar bolu panggang tidak lengket nantinya.
  5. Pangganglah dengan oven selama 30 menit, sebelumnya oven dipanaskan semlama 5-10 menit agar panas dalam oven merata dan siap memanggang bolu anda.
  6. Tusuk-tusuk dengan tusuk gigi untuk memastikan bahwa bolu anda sudah matang terutama dibagian tengah. Jika masih lengket berarti bolu belum matang tetapi jika sudah tidak lengket anda bisa mengeluarkannya dari oven. Jika bolu belum matang anda bisa menambah waktu pemangganan antara 5 sampai 10 menit hingga bolu benar-benar matang sempurna.
  7. Bolu panggang anda siap untuk dihidangkan!

Tips cara membuat kue bolu mengembang sempurna


Tips Membuat Bolu Mengembang Sempurna


Banyak orang yang mengeluhkan bahwa bolu panggang yang mereka buat tidak mengembang dengan sempurna atau bantat. 


Bolu bantat sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor dari bahan-bahan yang tidak tepat ukurannya ataupun beberapa faktor pemanggangan yang bisa jadi menyebabkan bolu tidak mengembang dengan sempurna. 


Saya akan memberikan beberapa tips cara membuat kue bolu panggang agar mengembang dengan sempurna, yaitu:


1. Mengocok Gula dan Telur Tidak Terlalu Lama


Banyak orang yang mungkin mengabaikan hal ini sehingga membuat bolu penggang mereka menjadi bantat dan tidak mengembang. Saat proses pengocokan adonan utama yaitu gula dan telur harus dikocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi sampai adonan mengembang dan berwarna pucat. 


Karena anda telah mengocok dengan mixer berkecepatan tinggi tidak perlu waktu lama untuk mengocoknya. Beralihlah pada langkah berikutnya jika anda rasa adonan sudah cukup mengembang dengan sempurna.



Jangan mengocok adonan terlalu lama


2. Pastikan Semua Bahan Sudah Bersuhu Ruang


Ini juga hal yang penting lainnya yang harus anda perhatikan sebelum mulai membuat adonan bolu panggang. Pastikan seluruh bahan sudah berada pada suhu ruang. 


Jangan sampai anda menggunakan telur yang masih membeku saat membuat adonan bolu, hal ini dapat dipastikan akan membuat bolu anda menjadi bantat atau tidak mengembang dengan sempurna.


Pastikan alat dan wadah yang digunakan kering

3. Pastikan Alat dan Wadah yang Digunakan Kering


Anda juga harus memperhatikan beberapa peralatan juga wadah yang anda gunakan dalam proses pembuatan adonan bolu panggang. Pastikan semua peralatan dan wadah yang digunakan tidak berair bahkan jangan juga menggunakan wadah yang lembab. 


Tanpa disadari faktor ini juga akan mempengaruhi adonan bolu yang akan beresiko menghasilkan bolu yang bantat saat dipanggang. Jadi lebih baik dicek terlebih dahulu peralatan dan wadah yang anda gunakan.



4. Jangan Gunakan Margarin Leleh yang Sudah Dingin


Menggunakan margarin leleh yang sudah mulai mendingin juga bisa menyebabkan bolu panggang yang anda buat tidak mengembang. Anda bisa mensiasatinya dengan mengubah proses pelelehan margarin. 


Pastikan anda menggunakan api yang kecil saat melelehkan margarin dan anda bisa berhenti memanaskannya walaupun margarin belum meleleh secara sempurna. Tempatkan margarin leleh pada mangkuk dan pastikan dengan cepat menggunakannya pada adonan yang sudah diberi tepung terigu. 


Jangan gunakan apabila margarin leleh sudah mulai dingin.


Memanaskan oven sebelum memanggang


5. Memanaskan Oven Sebelum Memanggang


Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah memanaskan oven sebelum adonan dimasukkan ke dalam oven. 


Hal ini untuk mencegah adonan terlalu lama di dalam oven dan bisa menyebabkan adonan yang sudah mengembang menjadi turun kembali. Untuk itu persiapkan oven dengan memanaskannya sekitar 5-10 menit dengan temperatur sedang. 


Jika oven sudah cukup panas, anda bisa memasukkan adonan untuk dipanggang sesuai waktu yang terdapat dalam resep. Mengapa kue bolu tetap tidak matang dibagian tengah sedangkan di bagian pinggirnya matang? Hal itu bisa juga disebabkan karena proses pembakaran dalam oven yang tidak merata. 


-


Itulah beberapa tips cara membuat bolu panggang mengembang dengan sempurna. 


Kini anda tidak perlu khawatir saat membuat bolu panggang, anda bisa menggunakan cara dan tips di atas sebagai pedoman anda dalam membuat bolu selanjutnya. Membuat bolu panggang memang terlihat mudah tetapi banyak sekali yang merasa kesulitan untuk membuat bolu yang mengembang dengan sempurna. 


Untuk itu anda harus memperhatikan beberapa faktor yang bisa membuat bolu bantat. Semoga artikel tentang cara membuat bolu panggang ini dapat bermanfaat bagi anda dan semoga anda bisa membuat dan menghidangkan bolu yang lezat untuk keluarga anda. Selamat mencoba!!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang