Jika saya menggemari fotografi namun tidak mampu membeli kamera DSLR, apa yang harus saya lakukan? Haruskah saya menghentikan kegemaran ini?

Dilihat 2,96 rb • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kamu tidak perlu kamera DSLR untuk melakukan fotografi. Kamu bahkan tidak perlu kamera DSLR untuk menghasilkan foto yang layak dicetak, atau bahkan dipajang di pameran seni besar. Untuk menjadi fotografi yang handal tidak harus mempunyai kamera DSLR, kamu bisa menggunakan kamera biasa yang ada di ponselmu. Handphone juga mempunyai kamera yang dapat digunakan untuk mengambil foto-foto yang tidak kalah dengan kamera DSLR. Selain sebagai alat komunikasi, beberapa jenis handphone seperti iPhone dan Nokia juga memiliki kamera dengan kualitas gambar yang bagus.  

Kamu perlu mengetahui teknik fotografi untuk dapat mengambil gambar-gambar yang mempunyai warna-warna yang hidup. Untuk mendapatkan gambar yang bagus bukan semata karena kameranya, namun bagaimana kamu menggunakannya kamera dengan benar.

Fotografi adalah separuh seni dan separuh sains, beberapa orang melupakan bagian seni dari prosesnya. Kamu bisa memakai kamera murahan atau bahkan membuat sendiri kamera pinhole dengan sedikit bahan.

Belajar fotografi bukanlah tentang peralatan yang mahal, tapi mencari gambar dengan kualitas bagus yang dapat dijadikan objek yang bernilai seni tinggi. Bahkan kamera yang mahal kualitasnya memang bagus, namun itu tidak akan menjadikanmu fotografer yang handal.


kamera



Apa itu Fotografi?


Pengertian fotografi itu sendiri adalah proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. dengan kata lain fotografi merupakan proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka terhadap cahaya. Untuk dapat mengambil objek yang bagus tentunya kamu harus belajar fotografi terlebih dahulu dengan menggunakan kamera handphone untuk latihan-latihan mengambil gambar yang bagus. Pada jaman sekarang ini kegiatan fotografi dijadikan sebagai gaya tersendiri. Tidak hanya anak muda saja menyukai fotografi tapi semua orang menyukainya. 


Berdasarkan lokasi pengambilan gambar, fotografi dibedakan menjadi dua yaitu fotografi indoor atau dilakukan di dalam ruangan, dan outdoor yang dilakukan di luar ruangan. Kamu bisa belajar fotografi dengan praktek secara langsung dengan mengambil objek gambar yang sederhana terlebih dahulu, baru kemudian mempelajari teknik fotografi dengan benar agar bisa menjadi fotografi yang profesional.  


kamera


Kamera Handphone Bisa Digunakan Untuk Fotografi


Tidak hanya bisa menggunakan kamera DSLR saja, tapi kamu bisa menggunakan teknik fotografi dengan menggunakan kamera handphone-mu. Walaupun kamera DSLR berbeda dengan kamera biasa, tapi kamu bisa mengambil gambar yang mempunyai kualitas warna yang kontras. Hal ini tidak hanya karena kualitas kameranya tapi juga mungkin cara kamu menggunakannya

Tips-tips dalam menggunakan kamera handphone adalah:


1. Jangan gunakan zoom

Kamera handphone cenderung memperkecil obyek foto sebaiknya usahakan agar dalam memotret dari jarak yang cukup agar gambar yang dihasilkan atau obyek bisa memenuhi frame sehingga tidak mengguakan zoom. Karena zoom akan menurunkan kualitas foto kamu secara keseluruhan dan juga membuat foto tidak bagus hasilnya.


2. Cari sudut pandang yang unik

Kamu sebaiknya menggunakan gaya yang tidak biasanya cobalah memotret dari sudut yang tidak biasa, misalnya jongkoklah dan memotretlah dari sudut yang lebih rendah dari objek fotonya. Sehingga akan menghasilkan foto yang terkesan sempurna yang akan membuat orang kagum akan kreatifitasmu.


kamera

3.  Pastikan cahaya yang dihasilkan menerangi obyek

Kamera hanphone tidaklah sesensitif mata kita yang bisa melihat di dengan keadaan agak gelap. Usahakan selalu agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi, maka dari itu biasanya hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dibanding indoor. Jika tersedia, gunakan flash saat memotret indoor. Namun harus diingat bahwa jarak efektif flash adalah sekitar 2-3 meter.


4. Usahakan lensa selalu bersih

Sebaik apapun kita memotret dan sebagus apapun obyek foto tapi jika lensa kita kotor maka hasilnya pastilah jelek. Mengingat handphone selalu dibawa-bawa, maka akan selalu kotor dan lensa kamera biasanya akan menjadi buram karena bayak kotoran yang menempel. Gunakan kain lembut untuk membersihkan, tak perlu cairan apapun. Jika terkena minyak, gunakan cairan pembersih LCD atau kacamata .


5. Waktu jeda shutter

Kamera handphone memiliki apa yang disebut shutter lag, yakni waktu jeda antara saat kita menekan dan saat kamera mulai mengambil foto. Memang tidak seperti kamera DSLR yang secepat kilat mengambil foto setelah kamu memencet eksposur, handphone lumayan lambat. Maka dari itu kamu harus kenali waktu jeda ini dengan baik supaya tangan kita tetap tenang sesaat setelah kita menekan shutter.


kamera



Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Kamera Handphone


  • Cahaya Flash yang bersumber dari arah yang menempel pada ponsel akan membuat gambar pemandangan alam terlihat flat atau datar, jadi sebaiknya atur ponselmu agar tidak menggunakan cahaya flash. Matahari adalah objek utama yang indah untuk difoto pada alam liar, carilah sudut pengambilan gambar untuk mengambil objek matahari sekaligus memberi pencahayaan yang luar biasa pada hasil fotomu. Tekni fotografi semacam itu bisa kamu pelajari supaya dalam mengambil gambar tidak sembarangan.
  • Pegang handphone pada posisi yang stabil, semakin stabil memegang kamera maka akan semakin bagus foto yang dihasilkan. Sebenarnya tidak usah merasa kaku lakukan, dengan rileks dan tenang. Ini akan menjaga kestabilan dan kita bisa mengambil gambar dari berbagai posisi, misalnya kita bisa memotret dengan sandaran, tiarap, dan sebagainya. Yang terpenting jangan panik dan gemetaran sehingga hasil gambar akan goyang atau blur.

kamera

  • Sebelum foto dicetak sebaiknya kamu mengedit foto terlebih dahulu sehingga gambar akan lebih hidup dan warna-warna yang kurang jelas bisa diperjelas dengan memberikan efek tertentu, misalnya gunakan autofocus atau blur yang biasa digunakan. Hasil foto-foto akan lebih hidup dengan berbagai efek menarik yang lebih bagus. Dalam memilih efek, tentu perlu dipertimbangkan dan disesuaikan dengan objek. Beberapa aplikasi banyak dibuat untuk langsung memperlihatkan efeknya saat kamu mengambil gambar dengan ponsel, tetapi akan lebih bagus bila kamu memberi efek pada gambar yang masih mentah, karena denga gambar yang masih mentah kamu akan lebih bebas dan lebih banyak efek yang dapat kamu pilih yang paling cocok dengan hasil jepretanmu.

Jadi untuk menjadi fotografi yang handal tidak harus menggunakan kamera DSLR untuk pemula, jika kamu belum memilikinya kamu bisa menggunakan kamera dari ponselmu sendiri, lebih ringan dan simpel untuk menyimpannya. Dan yang lebih penting kamu masih bisa tetap melakukan kegemaran memotret dengan kualitas bagus. Semoga bermanfaat!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang