Jika seseorang menyadari mengenai gangguan bipolar yang mereka derita, apakah mereka dapat secara sadar menahan pikiran - pikiran dan tingkah laku mereka pada fase manik?

Dilihat 1,74 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saya mengartikan pertanyaan ini sebagai: "Ketika kamu berada dalam fase manik ada gangguan bipolar, dapatkah kamu mengendalikan pikiran - pikiran dan tingkah lakumu dengan menggunakan pikiranmu?". Ketika disusun seperti demikian, kamu mungkin dapat melihat masalahnya. Terdapat sekolah terapi yang disebut terapi tingkah laku kognitif, yang tidak terlalu berhasil, atau setidaknya membutuhkan tambahan terapi lainnya (sekarang ada yang namanya terapi tingkah laku dialektis dan terapi komitmen penerimaan, yang pada dasarnya menggunakan metode terapi tingkah laku kognitif sebagai salah satu pedomannya)


Salah satu alasan kenapa terapi itu tidak terlalu berhasil dengan baik adalah karena gagasan utamanya adalah untuk melakukan apa yang kamu pertimbangkan : mengidentifikasi masalah pemikiran (sepereti pikiran - pikiran yang disebatkan oleh fase manik), dan mengguankan logika untuk menunjukkan kepada dirimu bahwa pemikiran - pemikiran tersebut salah.


Masalah adalah kamu menggunakan otak yang sama untuk mencoba melawan pikiran - pikiran yang kamu pikirkan.Hal itu berarti kamu berusaha untuk memperbaiki situasimu sendiri tanpa bantuan orang lain, yang berarti kamu berusaha untuk melakukan hal yang tidak mungkin. 


Begitu juga bahwa merupakan hal yang mustahil untuk menghentikan dirimu memikirkan suatu khayalan, karena pikiran yang kamu gunakan untuk berpikir itu sendiri merupakan khayalan. Karena itulah banyak dari kita yang membicarakan mengenai menggunakan pemeriksaan realitas ke luar. Hal itu juga merupakan sesuatu yang penting bagi saya, berbagi pemikiran saya dengan orang - orang yang saya percaya membuat saya mengetahui apakah pikiran - pikiran saya tidak rasional karena saya tahu dibandingkan dengan diri saya, mereka memiliki sudut pandang yang rasional.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang