Jika tingkat ALT dan AST cukup tinggi pada darah (saat test fungsi liver), apa yang dapat kita lakukan untuk menurunkannya?

Dilihat 3,54 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pada orang yang sehat nilai ALT AST tinggi lebih sering disebabkan oleh hati yang berlemak, seperti yang terlihat pada pecandu alkohol, tetapi bisa juga pada non alkoholik yang menderita kelebihan berat badan (non alcoholic Fatty liver disease = NAFLD) dan juga pada penderita diabetis. Jadi cara menurunkannya adalah :

Bagi pecandu alkohol : berhentilah konsumsi alkohol sama sekali. Meskipun dalam beberapa kasus penggunaan alkohol mungkin bisa melindungi hati terhadap akumulasi lemak.

Bagi non alkoholik yang menderita kelebihan berat badan :

  •  Latihan fisik meskipun tanpa penurunan berat badan 
  • Menurunkan berat badan (diet)
  • Pada penderita diabetes tingkat gula darah naik dan turun secara bergantian, dan mereka sering makan banyak pada saat gula darah turun : kurangilah obat-obatan anti diabetes sehingga menghindari terjadinya gula darah rendah yang mana hal itu menyebabkan pasien makan lebih banyak, yang akan mengakibatkan glukosa berubah menjadi lemak di hati. 
  • Thiazolidinediones adalah  sensitizer insulin yang berkhasiat terhadap hati berlemak
  • Banyak yang mengklaim  mengkonsumsi 400 to 1,200 IU vitamin E setiap hari kemungkinan bisa membantu

Beberapa obat-obatan dapat menyebabkan kerusakan hati. Kelebihan zat besi yang abnormal menyebabkan Hemosiderosis pada hati. Hemosiderosis juga bisa terjadi karena terlalu banyak terapi transfusi darah pada pasien yang sumsum tulangnya  tidak lagi mampu membuat sel-sel darah merah yang cukup untuk dirinya, dan juga bisa disebabkan karena beberapa kondisi langka.


Nilai AST dan (terutama ) ALT bisa menjadi sangat tinggi bahkan sering mencapai ribuan pada fase akut dari virus hepatitis, yang dalam banyak kasus akan sembuh dengan sendirinya,

Pada penyakit hepatitis B atau C yang kronis (menahun) biasanya nilai ALT  AST cukup tinggi, sehingga virus hepatitis yang kronis (menahun) seharusnya dapat dilenyapkan juga. Jika hasilnya ditemukan positif,  mereka sekarang berhasil diobati .


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang