Kalau aku ingin menjalankan toko roti, lebih baik aku bekerja sama dengan koki kue kering atau pergi ke sekolah kuliner?

Dilihat 2,46 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Semua ini adalah peralatan industri. Ya, pergi ke sekolah kuliner itu akan membantu, tetapi ketika aku masih magang, ada dua murid sekolah kuliner lain yang tidak dapat memisahkan telur. Semua putih telur mereka memiliki sedikit kuning telur dalamnya. Pergi ke sekolah kuliner membantumu untuk meningkatkan kemampuanmu, tetapi kemampuan ini tidak selalu dibawa dalam dunia kerja. Rasanya sama seperti diatas daftar dekan di universitas, tetapi tidak dapat menyesuaikan diri dalam kerjaan.

Langsung ke industri akan membantumu merasakan seperti apa rasanya di industri itu. Kamu akan mendapatkan pengetahuan pertama untuk apa yang perlu kamu lakukan, dan apa yang TIDAK boleh dilakukan. Koki-kokimu akan meneriakimu pada jam sibuk, tidak, mereka tidak marah padamu, tetapi semua orang sedang frustrasi. Itulah hal yang akan kamu pelajari dan belajar bagaimana untuk TIDAK mereplikasi ketika kamu memiliki restoranmu sendiri. Bahkan, bekerja di sebuah restoran atau dalam industri, hal ini akan membuatmu mengejar-ngejar standar. Setiap kue yang kamu buat harus sesuai standar, setiap kue mangkuk (cupcake) yang kamu buat harus memiliki tinggi yang sama. Dalam industri, tidak apa-apa kalau kamu melakukan kesalahan, tetapi kamu juga harus belajar supaya tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.

Kokiku pernah membuang semua cupcake yang kubuat, yaitu 60 buah cupcake, karena cupcake yang kubuat itu terlalu padat. Sejak itu, aku tidak pernah melakukan kesalahan pada cupcake yang kubuat lagi, di tempat kerja maupun di rumah. Satu pelajaran keras dan kamu akan belajar untuk tidak pernah melakukan kesalahan yang sama lagi. Bahkan, bekerja akan memberimu lingkungan standar. Dirumah mungkin kamu dapat terganggu oleh teleponmu, anak-anakmu, orang tuamu, pasanganmu, temanmu, dll. Ketika ditempat kerja, tidak ada gangguan sama sekali, hanya kamu dan makananmu.

Jangan membuka bisnis kecuali kamu benar-benar berkeinginan dan MENCINTAI apa yang kamu lakukan. Jam itu adalah neraka dan kamu tidak akan dapat beristirahat sampai kamu stabil dan bahkan bisa mengambil dua tahun lamanya. Memulai bisnis bukan hanya tentang apa yang bisa atau tidak bisa dilakukan, tetapi tentang seberapa jauh kamu berniat melakukannya.

Memulai bisnis dari awal artinya kamu harus belajar banyak lebih dari panggangan rumah, tidak hanya didaput. Kamu sekarang akan berurusan dengan pengepakan, pelanggan, desain, presentasi, pembersihan, situs web dan pengiriman makanan. Itulah faktor-faktor yang harus kamu pertimbangkan dan lakukan dengan baik sebelum membuka bisnismu. 

Memiliki mentor dalam industri untuk membantumu adalah hal terbaik. Memiliki penjualan dirumah artinya kamu akan berurusan 1 dari 1. Membuka toko artinya kamu berurusan dengan 1 dari 200 dalam hari-hari sibuk.

Ketahuilah apa yang kamu mau, dan seberapa jauh kamu akan mengejar mimpi itu. 
Semoga beruntung~

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang