Kalau aku melenturkan toto bicepku dan aku tidak dapat merasakannya, apakah berarti aku tidak punya oto bicep?

Dilihat 264 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Yang pertama, kamu menjawab pertanyaanmu sendiri bahkan sebelum kamu menanyakannya. Kamu hanya bisa melengkungnya lenganmu jika kamu memiliki otot bicep. Yang kedua,aku mau memberikan sebuah contoh mengenai apakah merasakan keberadaan sesuatu mengesahkan keberadaannya. 


Misalany aku memberimu uang sepuluh ribu rupiah dalam kantong sebelah kananmu dan dua koin seribu dalam kantong sebelah kirimu. Sekarang pertanyaannya adalah, kantong mana yang nilai uangnya lebih besar? Kanan atau kiri. Kamu pasti akan langsug menjadi "kanan". Pertanyaan aku selanjutnya, kamu bisa mendengar suara dari dua koin di sebelah kiri, tapi tidak ada suara dari sebelah kanan, kamu masih tetap akan bilang kalau uang yang lebih banyak ada di kantong kanan kan? Kenapa? Sebelum kamu jawab, aku ingin memberikan jawaban yang sebenarnya. Karena kamu percaya bahwa kamu menyimpannya uang sepuluh ribu di kantong kanan dan bahwa uang itu memang ada di sana meskipun kamu tidak bisa merasakannya.


Kamu tidak bisa mendengar uang sepuluh ribu di kantng kanan tapi kamu percaya bahwa nilainya lebih besar dari koin - koin yang ada di sebelah kiri. Pikirkan hal yang sama mengenai otot bicepmu (bahwa kamu tidak bisa merasakannya saat ini). Latihlah otot lenganmu dan mungkin suatu hari nanti itu akan menjadi kekuatan terbesarmu. Semoga kamu mengerti apa yang aku jelaskan.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang