Aku ingin membuat tempat fitness minimalis di rumah untuk melatih seluruh otot tubuh. Alat apa saja yang sebaiknya kusediakan?

Dilihat 554 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pepatah mengatakan, pada tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tubuh yang sehat memang sesuatu yang sangat diinginkan oleh setiap orang, dan kesehatan jasmani akan berpengaruh pada kesehatan jiwa atau rohani. Orang yang sakit badannya akan berpengaruh juga pada keadaan jiwanya. Oleh karena pentingnya kesehatan jasmani dan rohani tersebut, banyak orang yang berupaya dengan berbagai macam olahraga agar memperoleh tubuh yang sehat.


Kamu bisa melakukan olahraga dengan fitness di rumah, hal itu akan sangat menyenangkan dan mungkin kamu akan lebih bersemangat berolahraga. Ditambah lagi jika ditunjang dengan alat fitness di rumah yang lengkap seperti yang banyak dijumpai di tempat-tempat fitness atau gym terkemuka. Kamu juga bisa membuat gym rumahan yang minimalis untuk fasilitas olahragamu. Dengan adanya peralatan olahraga yang lengkap, selain semangat yang lebih bergelora, akan lebih mudah juga bagimu untuk membentuk tubuh dengan alat-alat yang sesuai.


Untuk mendapatkan tubuh yang bagus dan berotot, kamu harus melakukan olahraga pembentukan otot yang biasanya dilakukan dengan menggunakan peralatan seperti T-Bar atau Kettlebell. Kedua alat tersebut biasanya terdapat di tempat fitness, karena memang dapat memberikan hasil yang menakjubkan apabila dilakukan dengan cara yang tepat.


Bagi yang dekat dengan tempat fitness, maka hal ini tidak menjadi masalah. Tapi bagaimana dengan mereka yang tempat tinggalnya jauh dari tempat fitness dan ingin membentuk otot?

Sebenarnya hal ini bukanlah masalah besar. Kamu bisa membuat sendiri tempat fitness atau gym minimalis di rumah dengan T-Bar, Kettlebell, atau treadmill dan berlatih secara rutin. 

Berikut ini, mari kita simak cara-cara untuk olahraga di rumah serta peralatan yang bisa kamu siapkan untuk membangun tempat fitness minimalis tepat gunamu!


alat fitness


Melakukan Olahraga di Rumah


Melakukan fitness di rumah tentunya harus dilakukan dengan teratur agar otot tubuhmu cepat terbentuk.

Berikut ini adalah beberapa gerakan fitness yang dapat dilakukan di rumah, seperti:


  • Sit Up tiga perempat. Gerakan ini dilakukan dengan cara berbaring terlentang dengan kaki sedikit ditekuk dan ujung kaki disisipkan pada suatu bagian yang kuat untuk menahan. Gerakan selanjutnya, angkat tubuh ke atas, kemudian turunkan kembali dengan perlahan-lahan dengan punggung tidak sampai menyentuh lantai atau ¾-nya gerakan. Kemudian, angkat kembali seperti semula. Gerakan ini bermanfaat untuk pembentukan otot bagian perut perut, lakukan gerakan sebanyak tiga set dan setiap set terdiri dari sepuluh sampai dua belas kali gerakan pengulangan. 
  • Lower Back Curl. Gerakan ini dilakukan dengan berbaring telungkup serta wajah lurus ke depan, posisi tangan di samping tubuh dengan tangan telungkup ke bawah. Gunakanlah otot perut dan punggung untuk mengangkat tubuh, lalu tahan sebentar dan kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak tiga set, setiap set terdiri dari delapan hingga sepuluh repetisi. Gerakan ini bermanfaat seperti sit up tiga perempat, yakni untuk pembentukan otot perut. 
  • Chair Dips. Untuk melakukan gerakan latihan ini tidak memerlukan alat bantu yang mahal atau khusus, cukup dengan kursi yang ada di rumah. Caranya, posisikan kursi di belakang tubuh, kemudian duduk di depan kursi dengan kaki lurus, kedua tangan ke belakang dan menempel pada kursi. Setelah posisi tepat, angkatlah tubuh dengan tangan dan tumpukanlah kekuatan pada otot dada, otot bahu, serta trisep secara bersamaan. Lalu turunkan kembali secara perlahan, dengan punggung tetap lurus dan kembali ke keadaan semula. Lakukan gerakan ini dengan durasi kurang lebih sepuluh hingga lima belas menit. 

pus up
  • Push Up. Melakukan gerakan push up sama sekali tidak memerlukan peralatan khusus, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja termasuk ketika fitness di rumah. Gerakan ini berfungsi untuk melatih otot inti perut, lengan, bahu, serta otot dada, sangat efektif untuk membentuk otot tubuh bagian atas dan membakar kalori. Caranya,  posisikan telapak tangan ke lantai, tubuh rentangkan ke belakang dan ujung kaki digunakan untuk menumpu. Kemudian turunkan lengan hingga siku 90 derajat, lalu angkat lagi seperti posisi semula. Bagi pemula, jangan lakukan dengan berlebihan, cukup 10-15 kali bpada percobaan pertama dan naikkan secara bertahap.
  • Rotation Push Up. Gerakan ini dapat melatih otot trisep dan otot dada bagian samping sehingga terlihat lebih berisi dan kuat. Cara latihan ini diawali dengan posisi push up, kemudian angkatlah tanganmu hingga tubuhmu menjadi miring, tahan beberapa detik, kemudian kembali ke posisi push up, dan lakukan gerakan tadi secara bergantian. 
  • Latihan dumbbell atau barbell. Dumbbell merupakan alat olahraga yang bayak dijumpai dan digunakan di gym, bentuknya hampir sama dengan barbel, namun dumbbell ukuranya lebih kecil dan sedikit lebih ringan dibanding barbell. Dumbell atau barbell biasanya digunakan untuk olahraga pembentukan otot lengan. Laki-laki biasa menggunakan beban minimal 5 kg dan untuk wanita sekitar 2-3 kg. Latihan dengan dumbbell tidak banyak menyita waktu bisa sambil duduk, berdiri, atau sambil nonton televisi. 
dumbell

Contoh langkah-langkah menggunakan dumbbell dengan posisi duduk adalah sebagai berikut: 

  • Gunakan posisi duduk dan tubuh agak condong ke depan sampai sejajar dengan lutut. 
  • Posisikan dua lenganmu di antara dua kaki, kemudian angkat dumbbell atau barbell 3-4 kali dan pengulanganya terus ditambah dari tiap latihan setiap minggunya. 
  • Jangan terlalu memaksakan diri. Kalau sudah tidak mampu mengangkat beban maka berhentilah, karena dapat menimbulkan resiko cedera. Ingatlah bahwa tubuh memiliki batasan kemampuan. 

Itulah beberapa cara fitness atau latihan kebugaran yang dapat kamu lakukan di rumah tanpa harus datang ke tempat gym. Sebenarnya masih banyak lagi gerakan-gerakan fitness lainya yang dapat dilakukan dengan menggunakan alat fitness di rumah seadanya.



Alat Fitness dan Fungsinya


 Agar latihan olahraga fitness yang kamu lakukan di rumah menjadi lebih semangat dan lebih efektif, maka diperlukan beberapa alat fitness sederhana yang biasa gunakan di rumah. Namun alangkah baiknya jika kamu mengetahui fungsi dan cara kerjanya terlebih dahulu sebelum kamu membeli alat-alat gym rumahan.


kettlebell



Berikut beberapa alat fitness rumahan beserta fungsinya:



  • Kettlebell,  merupakan alat olahraga yang digunakan untuk latihan salah satunya membentuk otot tubuh. Kettlebell berbentuk seperti bola dengan beban di bawah pegangan, makanya latihan yang cocok dengan balistik dan gerakan berayun dengan tangan. 
  • Treadmill  adalah alat olahraga yang digunakan untuk berjogging ditempat tanpa harus keluar rumah. Alat ini sangat bagus untuk olahraga menurunkan berat badan. 
  • Dumbbell,  alat yang paling banyak dijumpai di gym atau tempat fitness, alat simple ini sangat pass untuk latihan fitness di rumah, bentuknya seperti barbell namun lebih kecil dan ringan dari barbell. 
  • Tali skipping , alat olahraga ini paling banyak digunakan dan paling murah harganya, tali skipping digunakan untuk latihan melompat dengan cara tali skipping diputar mengitari tubuh kamu. Dengan lompatan yang teratur akan meningkatkan konsentrasi dan keseimbangan tubuh yang baik. Karena dua bagian tubuh harus melakukan pekerjaan yang berbeda dalam waktu yang bersamaan secara tepat. 
  • Fitball adalah bola karet yang besar berbahan karet lateks, mampu menahan beban hingga 120 kg. Latihan dengan fitball sangat baik untuk bagian inti tubuh kamu, menurut ahli manfaatnya hamper sama dengan manfaat orang yang menunggang kuda, Karena semua otot tubuh ikut bergerak dengan sistematis. 
  • T-Barrow F 05 merupakan alat fitness yang melatih otot utama tubuh dengan mengandalkan beban berat.  

Itulah beberapa peralatan gym yang juga bisa digunakan sebagai alat fitness di rumah. Alat-alat  tersebut sangat efektif untuk digunakan tanpa dampingan terus menerus dari seorang pelatih karena mudah penggunaannya, tidak terlalu beresiko cedera, dan harganya juga terjangkau. 


alat fitness


Kalau kamu ingin membuat gym minimalis di rumah untuk melatih seluruh kelompok otot, maka alat yang dianjurkan adalah T-Bar dan Kettlebell.

T-Bar adalah sebuat alat fitness yang biasanya terbuat dari besi alloy yang berfungsi untuk melatih otot traveszius, teres major, erector spinae, biceps barchii, dan infraspinatus. Memang alat ini mempunyai fungsi yang cukup banyak, jadi harganya juga cukup mahal.  

Kettlebell berbentuk seperti bola dengan beban di bawah pegangan, harga Kettlebell tergolong murah dan bervariasi tergantung massa bebannya. Tapi bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa cukup menggunakan alat ini saja untuk melatih seluruh ototmu dan harganya juga cukup terjangkau. Alat ini sangat bagus untuk melatih seluruh otot tubumu, asal gerakannya divariasikan, selalu mengikuti aturan, dan dilakukan secara teratur.


Demikianlah penjelasan tentang gerakan latihan fitness dan alat-alatnya yang bisa digunakan untuk fitness di rumah, semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkannya.

Bagaimanapun juga, hal yang terpenting bukanlah peralatannya, melainkan implementasi. Prinsip-prinsip latihan yang baik melampaui peralatan yang kamu gunakan, apapun peralatan yang kamu pilih. Jadi sebaiknya kamu fokus pada prinsip-prinsip latihan yang baik dan tidak terlalu mengkhawatirkan peralatan yang kamu beli atau miliki.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang