Kalau kita didiagnosa memiliki penyakit celiac ketika sudah dewasa, apakah mungkin untuk menyembuhkannya?

Dilihat 1,47 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mereka menemukan penyebab dari gejala penyakit celiacmu. Butuh waktu sekitat 11 tahun untuk mendiagnosa penyakit celiac, dan 85% orang yang mengidap penyakit celiac tidak tahu bahwa mereka mengidap penyakit ini. Jadi anda beruntung. Saya mengidap penyakit celiac dan didiagnosa ketika berumur 20 tahun setelah saya mengalami sakit perut yang tidak kunjung membaik selama lima tahun.


Saya juga menulis tesis mengenai penyakit celiac pada orang dewasa dan sudah menulis pada berbagai blog yang ada di internet. Ini yang paling populer. Saya menuliskan sudah lama sekali: Penyakit celiac disebabkan karena kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan. Meskipun kecil kemungkinan untuk menghilangkan penyakit ini, penanganannya tidak terlalu sulit.


Yang pertama, jaman sekarang cukup mudah untuk menemukan makanan yang bebas gluten. Saya berbincang - bincang dengan beberapa orang dewasa yang didiagnosa mengidap penyakit celiac ketika masih kecil dan mereka mengatakan bahwa dulu jauh lebih sulit untuk menemukan produk yang bebas gluten dibanding saat ini. Salah satunya bahkan mengatakan bahwa dia hanya bisa makan pisang dalam waktu yang cukup lama.


Tapi untungnya saat ini banyak yang sudah berubah. Saya rasa merupakan hal yang penting untuk diingat bahwa diagnosa terhadap penyakit celiac merupakan hal yang menguntungkan. Kita memiliki penyakit yang menyerang kekebalan tubuh yang 100% dapat dikendalikan oleh pola makan kita dan tidak membutuhkan obat - obatan ataupun perawatan lainnya. Yang kita butuhkan hanya menghindari jenis makanan tertentu. Jadi ini tidak terlalu buruk.


Penyakit celiac juga menarik jika dilihat dari sudut pandang ilmiah. Penyakit ini merupakan satu - satunya penyakit yang menyerang kekebalan tubuh yang diaktifkan / dinonaktikan dengan faktor lingkungan (gluten). Hal tersebut membuat para peneliti menjadi sangat tertarik untuk mempelajari mekanisme kekebalan tubuh yang juga menyebabkan penyakit - penyakit lainnya.


Hal lain yang menyebabkan diagnosa menjadi menguntungkan adalah penyakit autoimun dapat menurunkan penyakit autoimun lainnya. Orang - orang yang mengidap penyakit celiac tapi tidak mengetahuinya dan tidak melakukan apapun untuk mengatasi penyakit tersebut memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengidap psorias, multiple sclerosis, atau skizofrenia. Hal inilah yang menyebabkan menghindari makanan dengan gluten menjadi sangat penting ketika anda sudah tahu bahwa anda mengidap penyakit celiac. Anda bisa menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan. Selain itu relaksasi dan tidak membebani pikiran dengan hal yang terlalu berat juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Pada awalnya, saya masih makan gluten setiap dua minggu sekali, lalu menjadi sebulan sekali dan kemudia saya bisa tidak makan gluten dalam beberapa bulan. Sekarang, bertahun - tahun setelahnya, saya sudah terlatih dalam menghindari gluten dan tahu apa yang perlu dilakukan jika saya tidak sengaja makan gluten.


Ketika saya menelan gluten, saya cenderung menghindari makan setelahnya (selama 2 jam atau sampai saya bisa mendapatkan teh) dan saya akan meminum teh jelatang yang mengandung anti radang selama tiga hari. Hal ini sangat membantu dalam meredakan gejala yang saya rasakan, dari yang tadinya berlangsung selama berminggu - minggu menjadi hanya kurang dari satu minggu. Setiap orang memiliki pengobatan yang paling cocok. Dan bagi saya itu adalah teh jelatang.


Ada beberapa efek samping psikologu yang perlu diwaspadai dan saran saya, berbicaralah dengan keluargamu atau dengan dokter jika kamu merasakan sesuatu yang tidak biasa. Saya memiliki hubungan yang kurang baik dengan makanan selama beberapa waktu. Karena saya menyadari bahwa saya dapat mengendalikan kesehatan saya dengan mengatur pola makan, saya menggunakannya untuk mengendalikan hidup saya dan kemudian menderikan gangguang anoreksia yang cukup parah selama beberapa tahun. Saya mengatakan kepada ibu saya, kalau makanan melukai saya, kenapa saya harus makan? Tapi ternyata itu bukan ide yang bagus.


Akibatnya rambut saya mulai menipis karena kurangnya nutrisi dan hal itu akhirnya membuat saya pulang ke rumah dan meminta bantuan. Jadi jangan berlebihan dalam mengendalikan pola makanmu. Ada beberapa efek samping fisik juga yang perlu diwaspadai. Biasanya orang akan melakukan scan tulang setelah didiagnosa mengidap celiac, karena penyakit celiac membuat penyerapan makronutrien seperti kalsium dan zat besi menjadi lebih sulit.


Saya sangat senang mengatakan bahwa tingkat zat besi saya sangat bagus saat ini, tapi saya yakin tulang saya bisa lebih kuat lagi. Tidak makan tidak akan membantu. Yang bisa membantu adalah berolahraga dan mengkonsumsi suplemen. Anda masih muda dan masih punya banyak waktu untuk memperkuat tulang anda. Kepadatan tulang akan mencapai puncaknya pada usia sekitar 25 tahun. Jadi, semoga beruntung!

Semoga teman - teman dan keluargamu memberikan banyak dukungan. Jangan ragu untuk bertanya atau berdiskusi dengan dokter yang ada di daerah tempat tinggalmu. Yang terakhir, orang - orang yang didiagnosa dengan penyakit celiac dan memdapatkan perawatan yang tepat cenderung hidup rata - rata orang.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang