Kalau kuku dan rambut pada dasarnya merupakan sel mati, bagaimana mereka bisa tumbuh?

Dilihat 2,85 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kuku dan rambut merupakan bagian tubuh manusia yang dapat tumbuh dengan sendirinya karena mempunyai sel sehingga dapat tumbuh memanjang jika dibiarkan. Kuku adalah salah satu bagian tubuh manusia yang mempunyai sel yang  mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku mempunyai fungsi melindungi dari kotoran yang masuk. Cara memanjangkan kuku dengan membiarkan pertumbuhan kuku menjadi panjang dan dibentuk sehingga nampak rapi dan indah. 

Seperti halnya kuku, rambut juga mengalami pertumbuhan sehingga jika dibiarkan akan terus memanjang. Rambut memiliki pori-pori yang disebut folikel, dan folikel ini akan membantu mendorong rambut lama untuk keluar dan tumbuh memanjang. Pada rambut juga terdapat melanin yang mempunyai pigmen coklat gelap; yang mengatur macam-macam warna biologis manusia mulai dari warna kulit, iris mata, sampai dengan warna rambut. Sedangkan yang mengatur warna rambut manusia adalah pigmen. Baik rambut maupun kuku dapat mengalami pertumbuhan dengan cepat tergantung dari asupan nutrisi yang berasal dari makanan. 

Rambut akan menjadi patah dan ujung kuku menjadi lebih keras dan rapuh. Hal yang sama juga berlangsung pada area lainnya misalnya bagian terluar kulit dari tubuh kamu kamu akan melihat sedikit serpihan dari kulit mati ketika kamu membuka baju atau perbannya sama seperti kuku dan rambut dapat menyingkirkan sel mati sehingga akan mengalami kerontokan pada rambut untuk dapat melakukan pertumbuhan kembali, hal ini kadang kita tidak menyadari keberadaannya. 


rambut dan kuku

Pertumbuhan Kuku dan Rambut


Pertumbuhan kuku dan rambut akan sempurna apabila asupan makanan dapat mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh rambut dan kuku. 

1. Perawatan kuku 

Agar mendapatkan pertumbuhan kuku dan rambut yang indah dan sempurna, kamu harus melakukan perawatan dengan baik. Bagi kebanyakan wanita, memiliki kuku yang indah dan sehat merupakan kebanggaan tersendiri. 

Cara memanjangkan kuku yang baik antara lain:

  • Memberikan nutrisi pada kuku, dengan cara makan makanan yang mengandung banyak vitamin. Seperti halnya kulit, kuku juga memerlukan asupan nutrisi yang dibutuhkan agar tumbuh dengan baik. Makanan yang mengandung nutrisi terdapat pada sayur-sayuran dan juga buah-buahan segar. Baik juga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung biotin, karena biotin sangat efektif dalam mengatasi masalah kuku seperti kuku pecah, cepat rusak, dan kuku rapuh. Biotin juga membuat kuku menjadi lebih kuat. Biotin dapat ditemukan dalam makanan alami seperti telur, susu, kacang-kacangan, ikan salmon, dan juga terdapat pada daging ayam.

kuku


  • Melakukan perawatan kuku dengan membersihkan kuku setiap hari, agar kuku selalu rapi dan cantik. Bersihkan celah-celah pada kuku terutama kuku bagian kaki yang sering kotor. Bisa dibersihkan dengan menggunakan catut kuku atau benda lain yang bisa mengeluarkan kotoran pada celah kuku, kemudian gunakan sikat gigi bekas dan sabun untuk membersihkan kuku.
  • Melembabkan kuku. Untuk ini bisa kamu menggunakan lotion atau hand body, oleskan pada kuku tangan dan kuku kaki sampai rata. Hal ini bertujuan agar ujung kuku tidak pecah-pecah dan kulit ari yang terlindungi oleh kuku menjadi lembab.
  • Lidah buaya bisa cepat memanjangkan kuku. Di samping itu, lidah buaya juga dapat melembabkan kuku agar kuku tidak mudak patah atau pecah-pecah. Caranya, ambil gel lidah buaya oleskan secara merata pada semua bagian kuku, diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.


kuku


  • Kamu bisa coba menggunakan air jeruk agar kuku cepat tumbuh. Caranya, rendam kuku dalam perasan air jeruk selama 10 menit dan bilas menggunakan air bersih. Air jeruk bermanfaat untuk memanjangkan kuku dengan cepat karena air jeruk mengandung asam folat dan vitamin C yang bermanfaat untuk pertumbuhan kuku.
  • Gunakan sabun mandi yang lembut untuk membersihkan kuku karena sabun yang keras akan merusak kuku. Lakukan dengan cara berlahan seperti halnya kamu membersihkan kulit di bagian tubuh.
  • Cuka putih bisa digunakan untuk merawat kuku agar kuku tidak terkena jamur. Caranya, campurkan 1 sendok teh cuka dengan setengah gelas air. Rendam kuku tangan pada larutan tersebut, diamkan 10 menit dan bilas dengan air bersih, serta keringkan dengan menggunakan handuk atau tisu sampai kering. Untuk bagian kuku kaki, tambahkan cuka 2 dendok teh ke dalam ember kecil yang berisi air, rendam kaki dalam larutan tersebut.

Cara memanjangkan kuku bisa dilakukan dengan cara alami, tidak perlu menggunakan bahan kimia yang akan membuat kukumu semakin rusak. Salah satu fungsi kuku adalah melindungi ujung jari yang penuh dengan urat saraf, maka lakukanlah perwatan kuku dengan cara di atas setiap hari, agar pertumbuhan kuku tetap terjaga dengan baik. Kuku yang indah dan bersih akan menambah rasa percaya diri, terutama bagi wanita yang suka memanjangkan kuku dan menghiasnya dengan cat kuku modis yang berwarna-warni.


kuku dan rambut


 2.Perawatam rambut

Rambut juga mengalami pertumbuhan sehingga rambut kamu akan semakin panjang agar rambut mengalami pertumbuhan yang sehat dan indah kamu harus merawatnya dengan baik: 

  • Cuci rambut kamu dengan teratur dengan menggunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambutmu. 
  • Berikan nutrisi pada rambut dengan memberikan vitamin rambut kamu bisa melakukan creambat serta pemijatan pada rambut agar rambut akan menjadi kuat dan tidak rontok. 
  • Potong secara berkala ujung rambut kamu agar pertumbuhannya sehat dan merata. 
  • Jangan menggunakan pewarna rambut yang banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Hal ini akan merusak rambutmu dan juga kulit kepala akan mengalami iritasi. 
  • Jangan sering menggunakan pengering rambut atau hairdryer, hal ini akan membuat rambut kamu kering dan pecah-pecah. Sebaiknya sehabis kramas keringkan rambut secara alami. 


Tips-Tips Untuk Merawat Kuku Dan rambut


Tips-tips yang perlu diperhatikan dalam merawat kuku agar selalu sehat dan indah adalah sebagai berikut:

  • Jangan menggunakan pewarna kuku yang banyak bahan kimianya, gunakan pewarna kuku yang berkualitas bagus dan tidak merusak kuku.
  • Untuk membersihkan kuku, gunakan alat pembersih kuku secara khusus dan jangan menggunakan benda yang terlalu tajam untuk mengelurkan kotoran. Hal ini akan merusak kulit ari di sekitar kuku.
  • Jangan menggunakan pembersih kuku bekas orang lain, karena tanpa disadari bisa menularkan penyakit yang berbahaya. Apabila kamu mengunjungi salon kecantikan khusus untuk kuku, pastikan peralatannya steril. Untuk lebih amannya, cobalah untuk melakukan perawatan sendiri di rumah.
  • Jangan terlalu panjang jika memanjangkan kuku. Karena jika terlalu panjang, kukumu dapat membahayakan dan aktivitasmu juga jadi terganggu.

.rambut


Tips merawat rambut agar menjadi lebat dan indah kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami antara lain:


  • Lidah buaya, tanaman ini sangat bagus untuk membuat rambut kamu lebat dan bercahaya. Gunakan lidah buaya yang sudah tua kupas kulitnya dan oleskan pada rambut secara merata diamkan 30 menit tutup dengan handuk basah. Kemudian bersihkan dengan menggunakan shampoo yang sesuai dengan rambut kamu.
  • Daun seledri juga bagus untuk pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi hitam dan lebat. Tumbuk daun seledri secukupnya sampai halus kemudian oleskan pada rambut secara merata diamkan 30 menit baru kemudian bilas sampai bersih.
  • Usahakan agar kamu mempunyai waktu untuk memijat kepala sendiri secara berlahan sehabis keramas agar aliran darah pada kulit kepala lancar sehingga pertumbuhan rambut menjadi sehat.           


Demikian tips yang harus kamu perhatikan agar pertumbuhan kuku dan rambut kamu tetap sehat dan enak dipandang mata. Perawatan kuku tidak jauh berbeda dengan perawatan rambut, kuku juga memerlukan perawatan secara khusus karena rambut merupakan mahkota seorang wanita yang sangat berharga. Rambut dan kuku, keduanya merupakan bagian tubuh manusia yang harus dirawat dengan baik karena keduanya bisa tumbuh memanjang seperti halnya semak belukar yang tidak terawat apabila dibiarkan. Intinya walaupun pada dasarnya rambut dan kuku merupakan sel mati tapi masih bisa tumbuh hal ini disebabkan karena sel yang mati akan mendorong pertumbuhan selanjutnya seperti terjadi pada kuku dan rambut akan mengalami pertumbuhan yang baru. Sejak dahulu kuku digunakan untuk mendeteksi suatu penyakit dengan hanya melihat kuku suatu penyakit akan diketahuinya. Setiap orang mempunyai kebiasaan tersendiri ada yang suka memanjangkan kuku dan rambut ada pula sebagian orang yang tidak suka. Kuku dan rambut sebaiknya  dirawat dengan baik agar kamu tampak cantik dan menarik.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang