Apakah orang dewasa masih bisa diberi vaksin campak?

Dilihat 2,3 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Di zaman sekarang banyak muncul berbagai jenis penyakit yang berasal dari pengaruh buruk lingkungan. Penyakit-penyakit yang muncul bisa disebabkan oleh berbagai jenis kuman, bakteri, dan juga virus yang menyebar disekeliling manusia. 


Memang kekebalan tubuh manusia bisa menangkal beberapa penyakit dan infeksi yang berasal dari luar tubuh, namun jika tubuh kita kebetulan sedang tidak dalam keadaan fit dimana kekebalan tubuh kita menurun tentunya berbagai jenis penyakit bisa menjadi ancaman bagi tubuh kita. 


Untuk itu, kita membutuhkan penawar agar tubuh kita selalu terlindungi, salah satunya adalah dengan melakukan vaksin. Terdapat berbagai jenis vaksin yang biasanya diterapkan pada anak-anak di antaranya seperti vaksin campak, vaksin hepatitis, vaksin polio, dan lain sebagainya. 


Dalam artikel ini saya akan membahas tentang infeksi virus campak dan juga gejala campak pada orang dewasa yang ternyata bisa juga terjadi. 


Campak pada anak-anak


Pentingnya Vaksinasi Campak 


Campak adalah sejenis infeksi virus yang biasanya menyerang anak-anak. Ciri-ciri campak diantaranya menimbulkan demam, batuk, peradangan selaput ikat mata/konjungtiva, dan ruam kulit. Infeksi campak bersifat menular


Penularan campak bisa terjadi melalui air liur atau penggunaan barang yang sama. Campak ini biasanya diawali dengan demam tinggi hingga 3-4 hari kemudian, setelah itu timbul ruam-ruam di kulit hingga 4 hari. 


Biasanya campak ini hanya terjadi satu kali seumur hidup. 


Jika seseorang saat anak-anak terkena campak maka untuk seumur hidupnya dia tidak akan terkena campak lagi. Hal ini disebabkan saat mereka sudah terkena campak maka kekebalan tubuhnya juga meningkat dan lebih kuat lagi melawan serangan infeksi virus campak yang lainnya. 


Ada beberapa cara mencegah infeksi campak ini. Persepsi yang salah adalah banyak orang yang menganggap jika campak hanya datang sekali dalam seumur hidup sehingga mereka membiarkannya tanpa melakukan pencegahan dan pengobatan, hal ini tentu salah. 


Mengingat dampak buruk dari campak itu sendiri maka lebih baik kita mencegahnya dengan cara memberikan vaksin campak pada anak-anak saat berusia 9 bulan dan diulang saat anak-anak tersebut menginjak usia 2 tahun. 


Wabah campak merupakan ancaman yang serius dan fatal bahkan menjadi penyebab kematian beberapa balita dan anak-anak di dunia. Maka dari itu, anak-anak sangat wajib untuk mendapatkan vaksin campak untuk setidaknya meminimalisir akibat dari penyakit ini. 


Vaksinasi campak


Setiap pemberian jenis vaksin apapun memang akan memberikan beberapa efek samping pada anak. Beberapa efek samping yang umumnya dialami pada anak yang diberikan vaksin campak seperti:


  • Mengalami demam ringan,
  • Timbulnya kemerahan pada daerah suntikan yang bisa berlangsung sampai 3 hari, 
  • Menyebabkan flu dan batuk setelah 8 hari, 
  • Menimbulkan demam, 
  • Bengkak dan sakit pada bekas suntikan setelah 24 jam setelah disuntik, 

Beberapa efek samping vaksin campak seperti itu memanglah wajar terjadi setelah anak mendapatkan suntikan vaksin, namun juga ada beberapa yang mungkin diakibatkan oleh kesalahan prosedur dalam penyuntikkan vaksin campak. 


Vaksinasi campak pada orang dewasa

Vaksinasi Campak Untuk Orang Dewasa 


Campak umumnya terjadi pada anak-anak, tapi bukan berarti orang dewasa tidak akan terkena campak. 


Ada beberapa kasus bagaimana orang dewasa juga masih beresiko terkena campak, campak pada orang dewasa tersebut dapat terjadi apalagi jika sejak kecil dirinya belum pernah mengalami campak. 


Proses infeksi yang diakibatkan oleh virus campak pada orang dewasa juga hampir sama dengan anak-anak, virus akan tinggal di dalam tubuh selama 10 hari atau lebih.


Begitu juga dengan gejala campak pada anak-anak dan orang dewasa pun sama. Selama masa itu penderita harus benar-benar beristirahat dan meninggalkan segala aktivitas yang membuatnya lelah. 


Bahaya dari campak bisa menyebabkan pembengkakan otak yang bisa berujung pada kematian penderitanya. 


Nah, pentingnya mencegah infeksi virus campak pada orang dewasa juga sama pentingnya pada anak-anak yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah atau orang-orang yang tidak bisa menjaga kesehatannya dengan baik. Mengingat bahaya campak maka lebih baik mencegahnya dengan cara memberikan vaksin. 



Pentingnya vaksin campak

Untuk itu, lebih baik mencengah dari pada mengobatinya sebelum anda merasakan dampak buruknya sendiri. Setidaknya dengan memberikan vaksin anda tidak akan terkena dampak berbahaya dari campak karena kekebalan tubuh telah bertambah untuk bertarung dengan virus tersebut. 


Karena campak ini mudah sekali menular jadi lebih baik anda segera memberikan pencegahan pada diri anda karena anda tidak tau kapan dan dimana anda bisa tertular. 


Untuk orang dewasa yang belum mendapatkan vaksin campak sejak kecil maka dia harus mendapatkannya setelah dewasa. Disarankan untuk memberikan 2 dosis untuk pencegahannya. Dosis kedua biasanya diberikan setelah menjalani penyuntikan pertama.  



Vaksin campak di Indonesia

Namun, bagi wanita hamil dan orang yang pernah merasakan alergi vaksin campak sebelumnya lebih baik untuk menghindari vaksin campak ini. 


Jadi jika anda sudah tumbuh dewasa dan belum pernah terkena infeksi virus campak dan belum mendapatkan pencegahannya bukan berarti anda lolos dan terbebas dari campak. Perlu diingat jika campak ini adalah infeksi virus yang umumnya terjadi sekali dalam hidup seseorang. Maka dari itu sebenarnya anda bisa terkena kapan saja dan bukan hanya anak-anak saja yang bisa terkena campak ini.


Pemberian vaksin pada orang dewasa juga sangat penting, untuk berjaga-jaga terkena dampak buruk infeksi virus ini. Terutama pada wanita yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, biasanya mereka mudah untuk tertular jadi sebelum anda tertular lebih baik untuk melakukan pencegahan lebih dulu sebelum anda benar benar tertular oleh orang lain dan merasakan dampak yang lebih buruk. 


Pentingnya vaksin campak pada orang dewasa

 Vaksin campak memang bukan mencegah kita dari tertularnya campak namun setidaknya akan mencegah kita terkena dampat campak yang lebih buruk. Lebih baik untuk mencegah terlebih dulu dari pada merasakan dampak buruknya, tidak ada salahnya untuk menjaga daya tahan tubuh kita dengan melakukan vaksinasi. 

Itulah penjelasan mengenai salah satu infeksi virus campak yang sudah umum dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Walaupun anda sudah beranjak dewasa dan anda belum pernah terserang infeksi ini juga belum pernah mendapatkan vaksin, ada baiknya anda bersedia melakukan vaksinasi untuk mencegah resiko buruk dari infeksi ini.

 

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kualitas kesehatan kita setiap harinya dengan menjaga pola makan dan rajin melakukan olahraga agar tubuh kita tetap bugar dan sehat. 


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang