Kamera Canon mana yang paling bagus untuk pemula?

Dilihat 547 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bingung memilih kamera Canon terbaik? Sebenarnya tidak sulit untuk memilih di antara banyaknya jenis kamera bagus. Pada dasarnya memilih kamera yang bagus bergantung pada ketertarikan kita terhadap fotografi. Pun tentang seberapa jauh kamu mau mengambil ketertarikan ini, dan berapa biaya yang perlu kamu keluarkan untuk alat-alatnya. 


Kamera Canon yang Bagus untuk Pemula


Bagi seorang pemula yang berpindah orientasi dari fotografi untuk dokumentasi, menjadi fotografi untuk hobi, memilih kamera DSLR adalah pilihan yang tepat. Beberapa pilihan kamera untuk pemula seperti Canon EOS 100D, 700D, 750D, dan 1200D adalah kamera-kamera yang sangat bagus untuk pemula. Berikut ini sedikit ulasan yang bisa kita pertimbangkan sebelum memilih kamera Canon DSLR


  • Spesifikasi Canon EOS 7D

EOS 7D

Kamera Canon DSLR ini dilengkapi dengan lensa berkekuatan 18 megapiksel dan layar LCD 3.0 inci. Selain itu, Canon EOS 7D didukung dengan kapasitas ISO 3200, sehingga membantu kita mengambil gambar dalam cahaya yang redup di malam hari. Canon memberi fitur CMOS sensor 22.3 x 14.9 mm serta rekaman video kualitas Full HD 1920x1080. Kelengkapan fitur bawaan canon tersebut rasanya cocok bagi  para fotografer pemula untuk mulai mengeksplorasi. 


Salah satu fitur yang paling disoroti pada kamera jaman sekarang adalah ketersediaan perangkat wifi dalam kamera. Sayangnya, EOS 7D tidak memiliki konektifitas wifi. Tapi tenang saja, kekurangan ini ditutupi dengan teknologi modifikasi mirror yang membuat EOS 7D mengurangi suara jepretan saat kita mengambil gambar. dalam mode silent shooting


Kelebihan lain dari tipe 7D ini adalah teknologi pure HDMI connection yang memungkinkan pemakainya menghasilkan full-HD footage video pada perekam eksternalnya. Canon melengkapinya dengan soket headphone dan microphone sehingga dapat menghasilkan digital soundtrack kualitas tinggi. 



  • Spesifikasi Canon EOS 100 D


Kamera ini cocok dibawa untuk travelling karena beratnya yang hanya 470 gram, itu pun sudah termasuk baterai. Meskipun dirancang dengan desain minimalis, kamera ini tergolong canggih. Canon memberikan kekuatan lensa 18 megapiksel serta ISO hingga 12800 sehingga dapat diaplikasikan pada objek yang bercahaya rendah tanpa perlu khawatir menghasilkan noise pada gambar. 


Rahasianya terletak pada ukuran sensor CMOS APS-C 18 Megapixel sehingga membantu mengambil gambar dengan detail yang sangat tinggi. Kekuatan sensor ini adalah kunci utama dalam menghasilkan gambar dalam sensitifitas ISO tinggi, namun noise relatif kecil. 


Lebih dari itu, Canon memberikan fitur video full HD dengan kecepatan @60 fps dan disertai dengan teknologi snapshot yang memudahkan pengguna merekam video berdurasi pendek. Kita juga tidak perlu takut menghasilkan gambar yang over exposure ketika digunakan untuk memotret objek dalam keadaan cahaya terang karena EOS 100 D telah dilengkapi dengan fitur long exposure. 



  • Spesifikasi Canon EOS 700D


                 EOS 700 D

EOS 700 D memperluas kemampuannya melalui rentang ISO dari 100 hingga 12800, dan masih dapat diperluas lagi menjadi 25600 dalam mode H. Kekuatan ISO ini didukung oleh prosesor gambar DIGIC 5 bawaan Canon. Dengan ISO sebesar itu, para fotografer pemula dapat menghasilkan gambar berkualitas dalam cahaya redup tanpa menggunakan blitz sekalipun. EOS 700D memiliki tujuh macam creative filter berbeda yang dapat kita mainkan, seperti Efek fish-eye, efek kamera mainan, efek black and white, fokus halus, efek miniatur, efek seni tebal dan efek cat air.


Selain kualitas kamera berkekuatan 18 megapiksel, Canon juga memberikan fasilitas layar LCD Monitor layar sentuh TFT kristal cair warna dengan lebar; 7.7cm (3.0inci) (3:2), sehingga memungkinkan kita untuk mengamati hasil foto dan video dengan leluasa.



  • Spesifikasi Canon EOS 750D


Beberapa kamera dirancang dengan berbagai macam fitur untuk menarik konsumen. Padahal, sebenarnya yang terpenting bukan fitur tambahan yang dijadikan iming-iming prodesen kamera. Pertimbangan paling penting justru terletak pada kualitas dari gambar yang dihasilkan. Prinsip ini digunakan oleh Canon dalam merilis seri EOS 750D ini. 


                 


EOS 750D menampilkan kamera canggih yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi sebesar 24,2 megapiksel. Kekuatan lain dari Canon seri ini adalah teknologi Hybrid CMOS AF III yang menampilkan pemfokusan auto cepat dalam live view selama kita mengambil gambar atau melacak fokus subjek selama merekam video, bahkan ketika subjek kita jauh dari pusat frame. 


Para fotografer semakin dimanjakan  melalui fitur baru Canon – 19 titik AF semua tipe silang dan filter kreatif dan Hybrid CMOS AF III baru. Kamera dengan sensor metering 7560 piksel RGB + IR ini juga disertai dengan fasilitas Wifi sehingga kita bisa meunggah hasil jepretan di mana saja selama ada koneksi jaringan internet nirkabel. 



  • Spesifikasi Canon EOS 1200D

1200D


Kamera jenis 1200D dapat kita dapatkan dengan harga relatif terjangkau. Dari segi fisik, sekilas saat kita mengeggam, desainnya mirip dengan Canon tipe 700 D dengan berat kurang lebih 480 gram. Salah satu alasan kenapa kamera jenis ini cocok untuk pemula adalah dilengkapi dengan mode Suasana Inteligen Otomatis. 


Dengan memutar pemutar mode ke pengaturan Suasana Inteligen Otomatis, Anda dapat mengatur kamera Anda untuk dioperasikan hampir seluruhnya secara otomatis. Hal ini mampu untuk mengenali tipe suasana yang dipotret berdasarkan faktor-faktor seperti warna subjek, kecerahan, kontras dan jarak, dan akan secara otomatis menyesuaikannya sendiri ke pengaturan yang optimal.


Dari sisi performa, Canon membekalinya dengan lensa 18 megapiksel yang menjadikannya setara dengan kamera canon tipe 600D, 700D, 60 D dan 7D. Selain itu, tipe 1200D dirancang dengan tingkat ISO hingga 6400, sehingga memudahkan fotografer pemula untuk mengambil gambar dalam nuansa cahaya yang redup. Meskipun kita mengambil gambar dengan ISO tinggi sekalipun, EOS 1200D memberikan anda hasil gambar dengan tingkat noise yang minimum. 


Kamera yang sering dibilang sebagai penerus 1000D ini memiliki sembilan titik autofokus. Dengan prosesor Digic 4, Resolusi layar LCD 460.000 titik. Sayangnya, belum ada teknologi layar sentuh pada layar 1200D ini.  



Sesuaikan dengan Kebutuhan!


Jangan bingung dengan banyaknya pilihan kamera Canon DSLR yang diberikan oleh produsen kawakan ini. Produsen kamera memberi kita banyak pilihan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan fotografi konsumennya. Budget akan menentukan jenis kamera yang bisa anda beliOleh sebab itu penting bagi anda untuk menyesuaikan antara kebutuhan dengan budget yang dimiliki sebelum memutuskan untuk membawa pulang tipe kamera DSLR yang mana. Biasanya, kamera untuk pemula terdiri dari paket kit body + lensa, terutama bagi mereka yang baru berpindah dari kamera pocket atau prosumer. Namun, untuk fotografer mepula ada juga kamera DSLR yang dijual dalam bentuk Body only.  


Selain sebagai hobi, tujuan utama membeli DSLR tentu untuk membuat hasil gambar dengan kualitas oke. Tetapi, bagaimana pun juga, kualitas gambar yang dihasilkan tidak hanya dipengaruhi oleh teknologi kamera kita. Melainkan juga skill dari pengguna di balik kamera. Ya, itulah pemaparan tentang kamera Canon terbaik. Selamat mencoba!


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang