Lensa dan kamera DSLR apa yang cocok untuk pemula?

Dilihat 5,71 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saat membicarakan kamera untuk fotografi kebanyakan pikiran kita langsung tertuju pada dua merek: Canon apa Nikon ya? 


Memang dua brand ini sangat populer di Indonesia dan juga di luar negeri sebetulnya meski di sana pilihan yang lebih menarik juga tersedia. Setidaknya, keduanya memiliki rentang produk yang relatif lengkap mulai dari lini kamera pocket hingga kamera DSLR tercanggih yang bisa dipasang tele atau lensa tambahan. 


Pengguna kamera pocket yang ingin meningkatkan skill fotografinya cenderung memilih kamera DSLR untuk pemula mengingat tipe kamera ini relatif lebih mudah dikuasai tetapi kecanggihannya jauh di atas kamera pocket biasa.


Hobi fotografi sangat berhubungan dengan teknologi sehingga selain tingkat skill atau kemahiran, budget yang Anda miliki juga berpengaruh terhadap kualitas kamera yang bisa dibeli. 


Selain kamera utama, seorang fotografer sejati juga perlu memiliki aksesoris-aksesoris tambahan yang jika diakumulasi harganya bisa menyamai atau bahkan melebihi harga kameranya.



kamera dslr 4 merek


Sebagai penghobi atau fotografer tingkat pemula, jenis-jenis kamera DSLR untuk pemula saat ini banyak tersedia di pasaran. 


Selain produk Canon dan Nikon, ada beberapa produk yang juga tak kalah bagusnya seperti Sony ataupun Samsung. Namun diakui atau tidak pengguna Canon dan Nikon di Indonesia sepertinya lebih banyak sehingga memberi keuntungan tersendiri antara lain kemudahan mendapatkan sparepart dan juga adanya komunitas-komunitas yang bisa diajak sharing soal fotografi. 


Sebagai pemula, pemahaman tentang jenis-jenis lensa kamera sangat penting dikuasai karena ini akan menjadi bekal dasar yang akan terus dipakai seiring dengan meningkatnya skill dan kemahiran fotografi Anda. 


Agar tidak penasaran dan mengenali lebih jauh seputar kamera DSLR, berikut ini beberapa tips yang bisa dipertimbangkan saat Anda mencari kamera DLSR untuk pemula. Hal ini akan memberi Anda kemudahan dalam memahami cara memilih kamera DSLR.


canon vs nikon



Cara Memilih Kamera DSLR


1. Tujuan penggunaan kamera


Ini perlu Anda pikirkan sejak dari awal karena fotografi itu sendiri nantinya bisa dibagi lagi menjadi beberapa spesifikasi antara lain fotografi potret, fotografi landskap, fotografi mikro dan beberapa lagi. 


Untuk setiap spesifikasi dibutuhkan jenis-jenis lensa kamera yang berbeda-beda sehingga hasilnya bisa maksimal. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk lebih mengenal tipe-tipe lensa kamera DSLR.


Sebagai contoh jika Anda membutuhkan kamera untuk keperluan dokumentasi dan belajar, sepertinya kamera kit (satu paket yang terdiri atas body kamera dan lensa kit umumnya berukuran lensa 18-55mm). 


Nah, jika nanti budget sudah cukup tinggal beli lensa tele sesuai dengan kebutuhan. Contohnya saja tipe 70-300mm untuk pemotretan outdoor dan obyek jauh. Untuk pemotretan wide dan indoor, kamera dengan lensa 18-55 sudah mencukupi.


Sebuah kelas fotografi biasanya mensyaratkan starter kit antara lain body kamera, lensa kit 18-55 mm dan lensa tele (seperti contoh 70-300 mm di atas). Di samping itu bisa juga Anda memilih apa yang dikenal sebagai lensa “sapujagat” seperti ukuran 18-200mm. 


Bagaimanapun, jika keterbatasan budget menjadi kendala terbesar Anda, saran terbaik adalah menggunakan satu lensa wide (cukup lensa kit) dan satu fast lens. Kuasai dulu teknik-teknik penggunaan lensa ini sebelum membeli lensa yang lebih banyak. Antara lain start kit yang bisa Anda gunakan adalah: body kamera, fast lens (seperti lensa 50 mm f/1.8), lensa wide (contoh lensa kit 18-55 mm) dan sebagai optional adalah lensa 70-300mm untuk tele. 


Oh ya, satu lagi, mengingat biaya cuci dan cetak yang tidak murah, sangat saya sarankan untuk membeli kamera digital saja daripada kamera analog.


lensa kamera dslr



2. Putuskan apakah akan membeli baru atau bekas


Mengingat fotografi sudah menjadi begitu populer saat ini dibandingkan masa-masa sebelumnya, pilihan jenis kamera yang beradar di pasaran boleh dibilang sangat melimpah. 


Jangankan yang baru, yang bekas atau second saja bisa dengan mudah kita jumpai baik di internet ataupun di toko-toko. Baik baru dan bekas masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.


Jika Anda membeli kamera baru persoalannya hanya terletak pada budget. Kalau memang budget mencukupi saya sarankan beli yang baru saja karena jika ada apa-apa garansinya masih berlaku. Yang pasti jika ada error atau kerusakan itu tidak disebabkan oleh pemakaian yang berisiko sebelumnya. 


Persoalan selanjutnya adalah pilihan brand atau merek yang bisa Anda sesuaikan dengan tingkat kemudahan pemakaian menurut Anda.


Untuk kamera bekas, sebagai pemula Anda sangat perlu banyak membaca informasi tentang seluk beluk kamera DSLR untuk pemula. Lebih aman apabila Anda mengajak seseorang yang sudah berpengalaman menggunakan brand kamera yang ingin Anda beli dan saran darinya sangatlah penting. 


Selain perhatian pada faktor kualitas, membeli kamera bekas juga perlu mempertimbangkan jenis-jenis lensa kamera yang bisa dipasang dan juga pertimbangan ongkosnya.


sony dslr



3. Perlengkapan lain yang mungkin diperlukan


Kamera DSLR untuk pemula juga membutuhkan beberapa aksesoris seperti kamera-kamera yang lebih canggih terutama jika Anda memang serius untuk mendalami fotografi. 


Salah satu aksesoris yang sering dibutuhkan antara lain flash/blitz, tripod, tas yang handal untuk membawa beban secara aman dan nyaman dan lain-lain. selain itu jenis-jenis lensa kamera juga perlu dianggarkan. 


Alangkah baiknya jika Anda mengenali di sekitar Anda kira-kira kamera merk apa yang paling banyak digunakan, syukur-syukur ada komunitas fotografi yang bisa Anda ikuti. Hal ini akan sangat membantu meningkatkan kemampuan fotografi Anda melalui sharing informasi, pengalaman, sampai bisa jadi peralatan.


nikon kucing kamera


Kamera DSLR mana yang lebih bagus untuk pemula, Nikon atau Canon?


Tidak bisa dipungkiri, dua merek kamera ini yaitu Nikon dan Canon merupakan kamera yang paling populer di pasaran dan banyak yang mengklaim keduanya adalah kamera paling bagus untuk tujuan fotografi profesional. 


Bahkan, sebagian besar fotografer di Indonesia mulai dari yang amatir hingga profesional menjadi fans berat salah satu dari keduanya.


Nikon dikenal berkat bentuk ergonomisnya yang unggul dan para fotografer profesional lebih cenderung menyukai Nikon karena kualitas lensanya yang premium. 


Meski demikian, bagi pemula nampaknya Canon masih menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan mengingat fitur-fitur yang lebih memudahkan Anda sebagai pengguna. Masing-masing memang memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri.


Saya pribadi sangat menyarankan pemilihan kamera berdasarkan pada bagaimana lingkungan di sekitar Anda lebih memilih kamera. Misalnya jika ada komunitas fotografi yang ada rata-rata menggunakan Canon, ya sebaiknya Anda ikut membeli Canon, demikian pula sebaliknya. Belajar bersama-sama itu akan berdampak signifikan bagi kemajuan Anda dalam bidang fotografi.


canon kamera outdoor   

Kamera DSLR Terbaik Untuk Penggemar Fotografi


Pilihan kamera DSLR terbaik untuk para penggemar fotografi yang berada di level entri atau pemula bisa antara Canon atau Nikon, bisa juga merek lain seperti Panasonic, Sony atau Samsung. 


Namun bagi pemula yang ingin mendalami fotografi secara lebih serius saya menyarankan hanya memilih antara Canon dan Nikon. 


Mengapa? Salah satu alasannya adalah jika Anda ingin naik tingkatan dari pemula ke semi pro atau pro, anda sudah familiar atau akrab dengan teknik-teknik dasar penggunaan salah satu dari merek yang punya rentang produk hingga high end ini.


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang