Seberapa sering tamsulosin (flomax) diresepkan untuk batu ginjal? Seberapa banyak dosisnya?

Dilihat 3,44 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Menjaga kesehatan badan tentunya sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Dengan badan yang sehat, tentunya kita akan mampu menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar tanpa hambatan berarti. Untuk itu, kamu harus menjaga pola makan dan berolahraga dengan teratur. 


Salah satu dampak negatif dari mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat seperti makanan siap saji atau minuman yang bersoda adalah penyakit batu ginjal. Meskipun demikian, obat batu ginjal memang sekarang ini sudah ada kamu tinggal berkonsultasi dengan dokter yang apabila kamu mengalami masalah dengan ginjalmu. Obat penghancur batu ginjal seperti tamsulosin (flomax), dapat mengatasi batu ginjal. Terjadinya batu ginjal karena adanya benda padat yang menyerupai batu akibat dari pengkristalan sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal dan mengendap. Bila batu ginjal tersebut berukuran kecil tidak akan terasa sakit, karena bisa keluar bersamaan dengan urine. Tetapi bila batu ginjal ukurannya lebih besar dari diameter saluran ureter, maka akan menyebabkan infeksi dan terasa sangat sakit. Rasa sakit tersebut karena batu ginjal bergesekan dengan dinding ureter sehingga menyebabkan luka dan iritasi, dan batu ginjal tersebut juga menghambat jalan keluarnya urine. Penyakit batu ginjal harus segera diatasi bisa dengan obat batu ginjal atau obat penghancur batu ginjal, guna mencegah timbulnya berbagai komplikasi yang lainnya.


obat batu ginjal


Penyebab Terjadinya Batu Ginjal


Selain sangat sakit ketika buang air kecil, batu ginjal memiliki gejala-gejala yang lainnya, seperti nyeri di perut bagian bawah, punggung, nyeri yang bisa menyebar ke bagian bawah tubuh, pangkal paha, terasa lemas, mual dan muntah, sering buang air kecil, terdapat darah dalam urine, urine berbusa disertai bau busuk, dan demam saat terjadinya infeksi. Bila mengalami gejala tersebut kunjungilah dokter agar dilakukan pemeriksaan, dokter akan melakukan cek urine dan cek darah. Bila gejala yang dirasakan belum terlalu parah, maka biasanya dokter akan menyarankan penderita untuk meminum air putih yang banyak setiap harinya dan mungkin akan disertai dengan obat pencegah batu ginjal. Tetapi bila gejala sudah parah, dokter biasanya akan memberikan resep obat batu ginjal. 


Faktor terjadinya batu ginjal disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Kurangnya minum air putih.
  • Kebiasaan menahan buang air kecil.
  • Obesitas atau kegemukan.
  • Faktor keturunan, atau adanya riwayat anggota keluarga yang menderita batu ginjal. 
  • Penggunaan obat-obatan seperti atazanavir, indinavir, silikat, guaifenesin serta obat golongan sulfa.
  • Makanan yang mengandung protein tinggi, sodium dan gula bisa meningkatkan resiko batu ginjal.
  • Kurang konsumsi serat.
  • Sering mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium.
  • Hanya memiliki satu ginjal yang masih berfungsi.
  • Dikarenakan berbagai kondisi medis seperti, hyperparathyroidism, cystinuria, renal tubular acidosis, dan infeksi yang terjadi pada saluran urin tertentu.
obat batu ginjal

Pengobatan Penyakit Batu Ginjal 


Pengobatan batu ginjal berbeda-beda tergantung dari ukuran batu ginjal, jenis batu serta pernyebabnya, karena tidak semua batu ginjal bisa diobati dengan obat batu ginjal.

  • Bila batu ginjal masih berukuran kecil, dokter akan memberi saran untuk banyak minum air putih. Air putih dapat mendorong batu ginjal keluar ketika buang air kecil. 
  • Untuk rasa nyeri yang ringan bisa dengan mengonsumsi pereda nyeri seperti, paracetamol, ibuprofen, atau naproxen.
  • Dalam beberapa kasus, dokter juga meresepkan obat penghancur batu ginjal. Seperti tamsulosin flomax obat ini dapat meluruhkan batu ginjal sehingga air kencing menjadi lancar. 
Tamsulosin diberikan pada pasien dalam kondisi batu ginjal tertentu karena tamsulosin bekerja untuk merelaksasi otot-otot halus di prostat, kandung kemih, dan ureter terutama pada bagian bawah. Tamsulosin dapat digunakan sebagai salah satu obat terapi ekspulsif medis untuk batu ginjal terutama pada batu ginjal yang berukuran kurang dari 5 mm. Semakin kecil batu ginjal semakin tinggi tingkat pembersihannya. Biasanya dosis yang diberikan 0,4 mg di minum sekali sehari pada waktu malam hari, hal ini untuk menghindari efek samping dari hipotensi ortostatik. Walaupun tingkat pembersihan batu ginjal kecil lebih tinggi tapi kadang kadang membutuhkan waktu 4 minggu untuk membersihkan batu ginjal. 
   batu ginjal


Selain tamsulosin,  terdapat beberapa jenis obat penghancur batu ginjal yang lainnya, seperti:

  • Antibiotic, digunakan untuk menghancurkan batu ginjal jenis struvit. 
  • Diuretic thiazide, merupakan obat yang berfungsi untuk meningkatkan produksi urine oleh ginjal 
  • Natrium bikarbonat, obat ini untuk mengatasi gejala-gejala yang timbul karena berlebihnya produksi asam lambung 
  • Allopurinol, obat ini dapat mengurangi produksi asam urat dalam tubuh, sehingga dapat menghancurkan batu ginjal jenis batu asam urat  

Untuk batu ginjal yang berukuran besar, biasanya diobati dengan cara yang lebih khusus seperti dengan menggunakan ultrasound, energy laser, atau operasi ureteroscopy. Batu ginjal bisa kambuh lagi, bagi orang yang memiliki resiko batu ginjal harus mengetahui pencegahan batu ginjal.


batu ginjal


Tips-tips Agar Batu Ginjal Tidak Kambuh Lagi


Bila seseorang pernah mengalami penyakit batu ginjal, maka ada kemungkinan sakit tersebut akan terulang kembali atau kambuh karena tidak menjaga pola hidup dengan baik.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit batu ginjal, juga agar batu ginjal yang pernah diderita tidak kambuh lagi, cara tersebut antara lain:


  • Perbanyak minum air putih, agar ginjal menjadi sehat. Dengan mengonsumsi air putih sekitar 2-3 liter perhari, kamu akan menjadi lebih sering buang air kecil, sehingga komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah terbuang keluar.
  • Membatasi konsumsi protein hewani. Di antaranya adalah daging merah, daging ayam, telur, dan makanan laut karena dapat meningkatkan kadar asam urat, sehingga memicu terjadinya batu ginjal.
  • Rajin olahraga. Melakukan olahraga secara rutin dapat membantu pembentukan urin menjadi lebih lancar . Selain itu,  ketika melakukan gerakan olahraga, batu ginjal dapat hancur sebelum batu ginjal tersebut membesar.
  • Kurangi konsumsi garam, makanan yang terlalu asin membuat kerja ginjal tidak maksimal.
  • Hindari minuman soda, kopi dan alkohol.

Demikian tips yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari batu ginjal sehingga kesehatan ginjalmu tetap terjaga.


Kapan biasanya tamsulosin (flomax) dibuat resep untuk batu ginjal dan berapa dosis yang biasanya dikonsumsi?

Dokter akan memberikan resep obat tamsulosin (flomax) apabila batu ginjal sudah menghambat saluran kencing yang akan menimbulkan rasa sakit. Dimana ukuran batu ginjal kurang dari 5mm dapat mengkonsumsi obat ini yang berfungsi membersihkan batu ginjal sehingga batu ginjal pun dapat keluar tanpa melalui operasi. Dosis yang diberikan 0,4 mg perhari dan diminum waktu malam hari. 


Pada dasarnya ginjal merupakan organ tubuh yang vital, ginjal memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dari darah kemudian membuangnya bersama dengan urine, sehingga darah tetap bersih. Ginjal yang tidak berfungsi akan berbahaya dan mematikan. 

Bila kamu mengalami gangguan pada ginjal, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat jangan melakukan pengobatan sendiri tanpa konsultasi dengan dokter. 

Untuk menghindari sakit batu ginjal, rawat dan jagalah kesehatan ginjal, mulailah dengan menjaga pola makan, berolahraga, dan perbanyak meminum air putih sehingga ginjal akan lebih sehat.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang