Kapan remaja laki-laki biasanya selesai pubertas?

Dilihat 8,65 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pubertas adalah masa seorang anak baik laki-laki maupun anak perempuan mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Ketika anak. Ketika anak sudah mengalami ini, berarti anak tersebut bisa dikatakan sudah dewasa secara fisik. Pubertas disebabkan karena adanya perubahan hormon. Biasanya saat pubertas juga diselingi dengan emosi yang tidak stabil. 


Anak perempuan akan mencapai kematangan reproduksi sekitar 4 tahun setelah dimulainya pubertas, sedangkan pubertas laki-laki mencapai kematangan seksual setelah 6 tahun dimulainya pubertas.


pubertas



Masa Pubertas Laki-Laki



Dari sejak awal pubertas sampai dengan pubertas berakhir jaraknya sangat panjang. Biasanya pubertas dimulai di usia 9,5-14 tahun dan berakhir di usia 18-22 tahun. Perkembangan kelenjar sebaceus akan mulai berhenti di usia 17 atau 18 tahun tapi mungkin masih cukup tinggi di usia 20an.


Pubertas sangat dipengaruhi oleh gen. Jadi coba tanya ke ayahmu kapan dia mulai berhenti mengalami masalah dengan jerawat dan rambut berminyak. Kalau masa pubertasmu merupakan hal yang menjadi masalah, cobalah berkonsultasi dengan dokter karena ada obat-obat yang bisa membantu. 


Sebagian besar perubahan di tubuhmu akan terjadi di usia 17 atau 18 tahun, tapi prosesnya mungkin masih akan terus berlangsung sampai kamu berusia 10an. Milsanya, rambut-rambut di tubuhmu sudah tumbuh tapi akan menjadi semakin tebal.


Kamu mungkin akan mengalami pertumbuhan yang cepat, tapi akan tetap bertambah tinggi sampai usia awal 20an. Banyak anak laki-laki yang masih mengalami bahu bertambah lebar dan perubahan panggul sampai usia 20an. 


Kalau kamu terlambat pubertas dan pubertasmu belum dimulai sampai kamu berumur 14-15 tahun, biasanya proses pubertas akan berlangsung lebih cepat, jadi kamu bisa mengejar "ketertinggalan" kamu dibanding teman-temanmu (saya lupa pernah baca dimana tapi saya yakin saya ingat dengan benar). Produksi yang berlebihan dari sebum dari kelenjar sebaceous hanya salah satu contoh.


pubertas laki-laki


Tingkat dihidrotestosteron (DHT) yang tinggi serta beberapa faktor-faktor lainnya akan menyebabkan kelenjar sebacious semakin berkembang. Seberapa besar masalah ini bervariasi untuk masing - masing orang. 


Jadi, cobalah untuk terus mencari tahu. Hal ini mungkin berarti kamu perlu membasuh wajahmu dengan air hangat 1-2 kali sehari. Mencuci rambut setiap hari dan segera setelah melakukan aktifitas yang membuatmu berkeringat. Kurangi makan makanan manis dan gorengan. Lebih lengkapnya saya akan memberikan beberapa ciri pubertas laki-laki yang terjadi pada umumnya.


Ciri-Ciri Pubertas Pada Laki-Laki


Pada masa pubertas, anak laki-laki akan mengalami perubahan fisik primer dan sekunder. Perubahan primer adalah perubahan yang pasti akan dialami oleh laki-laki pada masa pubertas, sedangkan sekunder biasanya adalah perubahan fisik yang kadang terjadi atau bisa saja tidak terjadi pada seorang anak. 


Berikut adalah ciri-ciri pubertas pada laki-laki:



  • Perubahan bau badan

Hormonmu mempengaruhi kelenjar keringat, yang mengakibatkan kamu sedikit lebih berkeringat dan memiliki bau berbeda. Jika terdapat perubahan pada bau badan, itu berarti kini saatnya kamu mulai menggunakan deodoran. Kamu juga sebaiknya mandi lebih sering untuk menjaga tubuh tetap bersih dan tidak berbau.


ciri pubertas


  • Perubahan ukuran testis, penis, dan skrotum

Ini salah satu pertanda awal pubertas dan tidak selalu nyaman dilihat. Testis akan terus bertumbuh sejak masa kanak-kanak, lalu pubertas, dan hingga masa dewasa. Sekitar satu tahun setelah testis membesar, penis dan skrotum juga mulai akan bertumbuh. Penis akan bertambah panjang, dan sedikit lebih lebar. 


  • Tumbuhnya rambut di bagian tubuh tertentu

Saat testis mulai tumbuh, kamu akan menyadari tumbuhnya rambut di tempat-tempat yang sebelumnya hanya memiliki rambut tipis, sedikit rambut, atau tidak ada rambut sama sekali. Lokasi-lokasi ini meliputi ketiak, kemaluan, lengan, tungkai, dada, wajah, tangan dan kaki. 


Rambut kepala tidak akan tumbuh di tempat baru, namun akan bertambah tebal dan gelap. Biasanya, kumis dan rambut ketiak akan tumbuh pada sekitar dua tahun setelah rambut kemaluan tumbuh. Tubuh setiap orang berbeda-beda. Sebagian anak laki-laki mengalami pertumbuhan rambut badan yang tebal selama pubertas, sedangkan sebagian lainnya tidak mengalami terlalu banyak perubahan. 


Sebagian orang memang secara alami lebih berbulu dibanding yang lain. Rambut di area kemaluan dan ketiak bisa berwarna lebih gelap dibanding bagian tubuh lain, juga lebih kasar dan keriting.


  • Melebarnya dada

Beberapa anak laki-laki memiliki dada yang melebar selama 1-2 tahun. Ini sangat alami dan “bukan” berarti payudaramu akan tumbuh, karena tubuhmu hanya menyesuaikan diri dengan bentuk barunya. Ini biasanya terjadi saat kamu berusia 13-14 tahun dan tidak semua orang mengalaminya.


  • Munculnya jerawat

Jerawat bisa menyebalkan, namun itu normal selama pubertas. Kadar hormon yang tinggi pada tubuh dapat menyebabkan mewabahnya jerawat di berbagai bagian tubuh yang bahkan tidak pernah satu bintik pun sebelumnya. 


Alasan lainnya adalah karena kelenjar minyak akan lebih aktif selama pubertas. Ini menyebabkan kamu lebih berkeringat sehingga kulit lebih rentan terhadap jerawat. Kebanyakan anak laki-laki mengalami muncul jerawat pada masa yang sama saat rambut ketiak tumbuh. Sebagian anak laki-laki memiliki pertumbuhan jerawat yang terlalu parah. 


Jika hal ini mengganggu, ajaklah orang tua untuk pergi ke dokter membahas penanganannya.


ciri-ciri pubertas pada laki-laki


  • Mengalami ereksi dan mimpi basah

Remaja laki-laki dan pria dewasa mengalami ereksi ketika penis mengeras dan memanjang. Ini dapat terjadi ketika seorang laki-laki membayangkan hal-hal romantis atau seksual, atau ketika penisnya distimulasi. 


Ereksi dapat pula terjadi tanpa adanya stimulan atau pikiran romantis, yang akan terasa sedikit memalukan bila berada di tempat umum. Meski anak laki-laki bisa mengalami ereksi sebelum pubertas, namun ereksi akan terjadi lebih sering selama pubertas, seiring dengan perkembangan hasrat seksual dan hormon tubuh. Kebanyakan ereksi tidak selalu lurus, namun cenderung melengkung ke atas atau ke samping.


Saat mengalami mimpi basah, laki-laki terangsang secara seksual dalam tidurnya dan mengeluarkan air mani. Kadang, pada mimpi basah kamu bisa mengingat bermimpi berhubungan seksual, namun sering kali kamu hanya mendapati celana tidur atau celana dalam yang basah saat terbangun. Jangan khawatir jika Anda tidak pernah mengalami mimpi basah namun mengalami tanda-tanda pubertas lainnya. Tidak semua orang mengalami tanda-tanda yang sama.


  • Percepatan pertumbuhan

Setiap remaja tumbuh pada tahapannya masing-masing, dan kamu mungkin melihat tiba-tiba semua teman hanya setinggi lehermu, atau malah kamu tidak tumbuh terlalu tinggi sementara semua teman lebih tinggi darimu. Jangan khawatir, temanmu kemungkinan akan mengejar tinggi badanmu, atau sebaliknya. Semua ini hanya membutuhkan waktu. 


Di bawah ini adalah hal-hal lain yang dapat kamu perhatikan saat mengalami percepatan pertumbuhan:

 
  • Umumnya, pertumbuhan anak laki-laki akan sedikit terlambat daripada anak perempuan. Saat sekolah baru saja dimulai setelah libur panjang kenaikan kelas, mungkin semua anak perempuan di kelas tiba-tiba menjadi lebih tinggi darimu. Hal ini sangat normal.
  • Coba amati apakah jari-jari tanganmu juga bertumbuh. Periksa juga apakah kakimu bertumbuh. Misalnya jika membeli sepatu dan harus mengganti ukurannya 3 kali dalam kurun 3 bulan, bisa jadi kamu sedang mengalami percepatan pertumbuhan.
  • Kebanyakan anak mencapai puncak percepatan pertumbuhan sekitar satu setengah tahun setelah rambut kemaluan tumbuh. Kamu akan menyadari dirimu menjadi lebih tinggi, atau terkadang jauh lebih tinggi.
  • Bahumu juga akan menjadi lebih lebar dan makin siap menghadapi penampilan barumu.
  • Jika masa percepatan pertumbuhanmu telah lewat, namun kamu masih ingin sedikit lebih tinggi, jangan khawatir. Kebanyakan anak belum mencapai puncak pertumbuhan tinggi hingga usia 20-an awal, jadi kamu masih punya waktu untuk bertumbuh.

pubertas pada laki-laki


Jadi begitulah jawaban atas pertanyaanmu, kapan kamu mulai pubertas dan kapan pubertas itu berakhir dipengaruhi oleh hormon yang ada di masing-masing orang, ada juga yang dipengaruhi oleh makanan. Ciri yang akan muncul pun tidak semuanya sama. 


Mungkin dari beberapa ciri pubertas di atas ada yang tidak kamu alami. Selama kamu mengalami perubahan fisik primer, seharusnya itu tidak akan menjadi masalah. 


Namun, kamu harus memeriksa keadaanmu jika kamu mengalami pubertas lebih awal atau lebih terlambat seperti pada umumnya. Semoga jawaban ini dapat membantumu.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang