Kapan saya akan mendapatkan hasil dari push up setiap malam?

Dilihat 32,9 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Seperti yang kita tahu bahwa olahraga adalah kegiatan yang penting bagi kesehatan manusia. Olahraga bisa mengembalikan tubuh kita yang lemas menjadi sehat dan bugar kembali. Kegiatan ini paling tidak dilakukan rutin setiap dua kali dalam seminggu. 


Manfaat olahraga bagi tubuh di antaranya: meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kecerdasan otak, membakar lemak, membentuk tubuh menjadi ideal, meningkatkan energi dalam tubuh dan masih banyak lagi. Apalagi bagi anda yang sedang melakukan program pembentukan otot tubuh, anda harus berolahraga dengan rutin setiap harinya.



Manfaat Olahraga Push Up


Salah satu olahraga yang sering dilakukan orang yang ingin membentuk otot di tubuhnya adalah push up. Pengertian push up sendiri adalah suatu kegiatan olahraga dan juga merupakan jenis senam kekuatan. 

Manfaat push up misalnya bisa menguatkan otot-otot lengan, yaitu otot bisep dan tricep. Untuk melakukan push up cukup mudah, anda hanya perlu tidur dengan posisi tengkurap dan posisi kedua tangan memegang permukaan tanah, sedangkan posisi kaki tetap lurus atau tegak. Setelah anda dalam posisi push up, doronglah tubuh anda dengan kekuatan tangan ke atas dan ke bawah, ulangi beberapa kali. 

Manfaat melakukan push up secara rutin yang akan anda dapatkan antara lain: push up dapat membentuk otot tubuh, memperkuat otot perut, meningkatkan massa otot bicep dan tricep juga melatih otot jantung. 


manfaat push up


Jika anda bertanya, kapan anda akan mendapatkan hasil dari olahraga push up? Saya akan menjawab sesuai dengan pengalaman yang pernah saya alami. Sekitar 2 sampai 3 bulan yang lalu saya mulai melakukan push up, saya melakukannya 20 sampai 30 kali per sesi secara rutin 3 kali sehari. Sayangnya, saya adalah orang yang tidak bisa berkomitmen dan akhirnya saya tidak melakukan ini setiap harinya. 


Tapi biasanya saya melakukan ini setiap jam 9, 12, atau jam 3 malam. Berdasarkan penelitian juga olahraga malam sangat baik karena hormon pembentuk tubuh keluar lebih banyak dibandingkan di pagi hari. Jadi jika anda melakukan push up di malam hari, hasil dari pembentukan otot tubuh akan lebih cepat terlihat. Saya merasakan manfaat push up yang saya lakulan setelah 2 minggu, saya merasa dada saya berubah. Setelah melakukan ini selama 1 bulan, perubahan itu mulai terlihat. Bayangkan jika saja saya konsisten dalam melakukannya pasti hasil dari push up setiap hari akan lebih cepat terlihat. Sejak itu, saya menganggap push adalah olahraga yang baik untuk membentuk otot dada anda.


Tapi anda harus memperhatikan bagaimana cara melakukan push up yang benar. Artinya anda harus mengetahui cara push up yang benar untuk mendapatkan manfaat push up yang sebenarnya dengan memperhatikan posisi,  metode, dan gerakan saat anda melakukan push up. Kualitas push up yang baik sangat mempengaruhi hasil. 



Cara Melakukan Push Up yang Benar


  • Posisi tangan: 
posisi tangan push up

Posisi tangan saat melakukan push up itu sangat mempengaruhi intensitas push up anda. Anda bisa meletakkan tangan secara berjauhan, itu bisa membantu pembentukan otot dada. Coba variasikan posisi tangan anda seperti mengubah jarak telapak tangan anda secara berkala. 

Anda juga bisa mengubah bentuk tangan yang menyentuh lantai seperti membuka lengan, mengepalkan tangan, menggunakan jari, dan punggung tangan. Mengubah jumlah lengan yang menumpu bagian tubuh kita juga bisa dilakukan untuk meningkatkan beban saat anda melakukan push up, anda bisa melakukan push up dengan satu lengan.


  • Posisi kaki
posisi kaki push up

Push up yang berat adalah push up yang menumpukan kaki pada telapak kaki, sedangkan push up yang ringan bertumpu pada lutut, ini bisa di lakukan tergantung rutinitas anda. Jika anda sedang cidera, menggunakan lutut bisa membantu anda menyembuhkan cidera anda tanpa menyebabkan cidera yang baru. Anda juga bisa mengubah jarak antar kaki ketika melakukan push up agar gerakan anda lebih bervariasi. 

Cara lainnya seperti mengubah letak ketinggian kaki misalnya dengan menggunakan kursi atau menumpangkan kaki yang satu pada kaki yang lainnya juga bisa dipraktekan. 


Walaupun banyak posisi push up yang bisa anda lakukan. Namun lakukanlah sesuai dengan tujuan anda, jangan terlalu dipaksakan bila anda merasa kesakitan sebaiknya jangan diteruskan. Ingat, lakukanlah cara push up yang benar sehingga anda mendapatkan manfaat push up yang lebih baik dan cepat. Walaupun dalam olahraga dibutuhkan konsistensi tapi anda harus mengenal batas kemampuan tubuh anda. 


Lakukanlah push up dengan posisi dan metode yang benar tanpa mencederai punggung anda dan yang paling penting lakukanlah dengan rutin. Semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mencoba push up sebagai olahraga untuk membentuk otot tubuh. Selamat berolahraga!

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang