Karena memakai kacamata terlalu lama, saya jadi terkena sinusitis etmoid yang menyakitkan. Apa yang harus saya lakukan?

Dilihat 587 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Tanpa kita sadari kesehatan adalah hal yang berharga yang bisa menunjang kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Jika kita merasa sakit barulah kita merasa kesehatan adalah hal yang sangat berharga yang jarang kita syukuri. Sayangnya di kehidupan yang semakin modern ini dimana gaya hidup masa kini yang lebih menyukai sesuatu yang praktis dan instan membuat kesehatan manusia lebih cepat terganggu. Salah satu penyakit ringan tetapi bisa mengganggu kebugaran tubuh kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari adalah sinusitis. Apa itu sinusitis? Sinusitis adalah gejala inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Walaupun termasuk penyakit ringan, pengobatan sinusitis perlu dilakukan dengan cepat agar tidak membuat gejala pada pasien menjadi bertambah parah.


Penyakit sinusitis



Penyakit Sinusitis


Penyakit sinusitis sering dihubungkan dengan penyakit flu atau influenza yang biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari flu biasa. Namun sebenarnya pengertian dan gejala sinusitis dengan infuenza itu berbeda. Lalu, apa itu sinusitis? Sinusitis adalah penyakit inflamasi atau bisa disebut dengan peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Penyakit ini bisa saja diderita oleh segala usia, untuk itu siapaun bisa beresiko terkena penyakit ini. Dinding sinus sendiri adalah rongga kecil berisi udara yang letaknya di belakang tulang pipi dan dahi. Sinus juga merupakan ruangan-ruangan kecil yang saling berhubungan melalui saluran udara. Umumnya terdapat empat pasang sinus pada kerangka kepala manusia diantaranya di belakang dahi, di kedua sisi batang hidung, di belakang mata, dan di belakang tulang pipi. Kemudian sinus tersebut menghasilkan lendir yang berfungsi untuk mengontrol suhu dan kelembaban udara yang masuk ke paru-paru. Lendir dari sinus akan mengalir ke hidung melalui saluran-saluran kecil. Ketika saluran terhalang akibat peradangan akan mengakibatkan kita terkena penyakit sinusitis. 


Penyebab terjadinya peradangan pada sinus bisa terjadi akibat beberapa infeksi yang disebabkan oleh komponen dari luar tubuh manusia. Kondisi tubuh yang tidak fit bisa menjadi penyebab utama kita mudah terserang beberapa infeksi. Seperti halnya virus influenza yang mudah sekali menyerang disaat metabolisme tubuh kita sedang tidak bagus. Berikut adalah faktor-faktor yang menjadi penyebab sinusitis:


1. Infeksi Virus

Infeksi virus bisa menyebabkan sinusitis. Virus yang menyerang bagian sinus umumnya sama dengan virus yang menyerang hidung dan nasofaring. Hal ini disebabkan karena mukosa hidung dengan mukosa sinus saling berhubungan sehingga virus yang sama akan mudah masuk menuju ke sinus. Sinusitis akibat infeksi virus biasanya tidak membutuhkan banyak pengobatan yang khusus. Gajala infeksi akibat virus bisa dikurangi dengan mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri.


Infeksi jamur bisa menyebabkan sinusitis

2. Infeksi Jamur

Selain sinusitis diakibatkan oleh infeksi virus, sinusitis juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Biasanya sinusitis akibat infeksi jamur diakibatkan adanya gangguan imun penderita sehingga jamur dapat dengan mudah menyerang bagian sinus. Biasanya jamur yang menyerang adalah jamur aspergillus yang juga merupakan penyebab utama dari sinusitis ethmoidalis.


3. Infeksi Bakteri

Gangguan sinusitis akibat infeksi bakteri sebenarnya bisa berasal dari tubuh kita sendiri. Tubuh kita memang membutuhkan bakteri untuk melakukan beberapa proses kimia terutama dalam sistem pencernaan. Sebut saja beberapa bakteri seperti Streptococus Pneumonia dan Haemophilus Infuenza yang dalam jumlah tertentu tidak akan menyebabkan penyakit dalam tubuh. Namun, jika tubuh kita terserang virus seperti flu atau influenza, bagian sinus akan mengalami penyumbatan. Keadaan ini akan membuat bakteri-bakteri yang awalnya tidak berbahaya menyusup masuk ke saluran sinus dan akan berkembang menjadi infeksi sinusitis.


Selain beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit sinusitis di atas, ada beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan penyakit ini. Diantaranya adalah kebiasaan merokok, infeksi gigi, atau bisa disebabkan oleh terlalu sering menangis juga bisa menyebabkan sinusitis. Pada anak-anak biasanya penyakit sinusitis mudah sekali menular dari anak-anak lainnya yang mengidap penyakit ini. 


Infeksi bakteri penyebab sinusitis

4. Paradangan Menahun

Peradangan menahun pada bagian hidung juga bisa mengakibatkan sinusitis. Peradangan pada hidung biasanya diakibatkan oleh alergi ataupun faktor non alergi, jika peradangan ini terjadi terus-menerus akan menyebabkan obstruksi ostium. Obstrusksi ostium adalah suatu kondisi yang bisa menimbulkan edema mukosa dan hipersekresi pada rongga sinus yang bisa mengakibatkan menutupnya saluran yang menghubungkan hidung dengan sinus. 


Gejala penyakit sinusitis

Terdapat beberapa tipe penyakit sinusitis diantaranya adalah sinusitis akut, sinusitis subakut, sinusitis kronis, dan juga sinusitis kambuhan. Gejala yang disebabkan oleh sinusitis terkadang membuat penderitanya merasa kerepotan dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala seseorang yang terkena sinusitis diantaranya:


  • Deman
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat 
  • Keluar cairan kuning kehijauan dari hidung
  • Nyeri pada bagian wajah jika ditekan
  • Napas berbau (halitosis)
  • Kehilangan indera penciuman


Sinusitis Etmoid


Ada juga yang disebut dengan sinusitis etmoid, apa itu sinusitis etmoid? Sinusitis etmoid adalah terjadinya gangguan aliran udara dan adanya gangguan pengeluaran cairan mukus. Biasanya gangguan pengeluaran cairan mukus disebabkan oleh adanya polip ataupun tumor dalam hidung sehingga perlu dilakukan operasi untuk mengeluarkannya. Seperti pada penyebab penyakit sinusitis pada umumnya sinusitis etmoid juga bisa disebabkan oleh beberapa infeksi virus, jamur, dan bakteri. Namun ada beberapa kasus bahwa sinusitis etmoid juga bisa disebabkan oleh faktor dari luar, salah satunya adalah akibat penggunaan kacamata. Kacamata dengan dua bantalan keras yang selalu digunakan di batang hidung kita ternyata bisa jadi penghambat pengeluaran mukus atau cairan yang berasal dari sinus menuju hidung. 


Sinusitis akibat penggunaan kacamata

Untuk itu mengapa penggunaan kaca mata perlu diperhatikan agar tidak mengakibatkan beberapa dampak untuk kesehatan tubuh anda. Jika memang keadaan ini terjadi, anda harus mengganti jenis atau bentuk bantalan pada kacamata yang biasanya anda pakai. Anda bisa mengganti kacamata yang mempunyai ruang luas antara lensa kiri dan lensa kanan. Satu tipe bingkai kacamata yang tidak menggunakan bantalan kecil dan tidak terlalu erat menyangga pada hidung dengan bagian karet berbentuk U. Beberapa kacamata juga mempunyai karet elastis yang bisa anda pilih. Tekanan kacamata tanpa kedua bantalan dan jarak pemisah berbentuk U tidak akan terlalu menekan hidung anda hingga menghambat cairan halus sinus ke hidung anda. 


Obat pereda nyeri


Pengobatan sinusitis biasanya tidak memerlukan dokter jika gejala sinusitis masih pada batas wajar. Jika kasus sinusitis disebabkan oleh infeksi virus biasanya akan hilang dengan sendirinya. Gejala sinusitis biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu untuk sembuh dengan sempurna. Waktu penyembuhannya memang lebih lama dari virus flu biasa. Biasanya dokter akan memberikan resep berupa obat obat-obatan perada rasa sakit untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan. Jika sinusitis tidak kunjung sembuh setelah lebih dari 3 minggu, dokter akan meresepkan obat berupa antibiotik, streroid semprot ataupun tetes. Berbeda dengan kasus sinusitis parah seperti halnya sinusitis etmoid yang disebabkan oleh tumor ataupun polip dalam hidung bisa dilakukan tindakan operasi untuk meningkatkan fungsi sinus dan menghilangkan hambatan yang menghalangi kerja sinus. Jika anda memiliki sinusitis kronis tidak perlu merasa berkecil hati karena penyakit ini bisa disembuhkan, berikut adalah link tentang bagaimana cara mengatasi sinusitis kronis yang bisa bermanfaat untuk anda. 


Itulah beberapa informasi tentang penyakit sinusitis juga beberapa pengobatan yang bisa dilakukan. Lalu, bagaimana cara mencegah infeksi sinus? Untuk terhindar dari penyebab sinusitis kita perlu menjaga tubuh kita untuk tetap sehat dan selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Karena tubuh yang kuat dan bugar tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit dari luar yang disebabkan oleh infeksi jamur, virus, maupun bakteri. Selain harus merubah gaya hidup anda dengan menjalani gaya hidup sehat, anda juga harus membiasakan diri untuk menjaga pola makan sehat mulai dari sekarang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dalam memberikan pengetahuan mengenai penyakit sinusitis dan cara mengatasinya. 

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang