Kata penghubung seperti apa yang sering kamu gunakan dalam pidato bahasa Inggris?

Dilihat 406 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ada banyak kata penghubung dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan baik dalam percakapan sehari-hari maupun situasi formal seperti memberikan pidato. Namun ada tujuh kata penghubung dalam bahasa inggris yang sekiranya wajib untuk kamu ketahui. Tujuh kata tersebut ialah: untuk (for), dan (and),  ataupun (nor), tetapi (but), atau (or), namun (yet), jadi (so), yang masing-masing inisialnya disingkat menjadi FANBOYS. Berikut akan saya jelaskan mengenai arti dan penggunaanya.


Kata Penghubung Bahasa Inggris Yang Sering Digunakan Dalam Pidato

Conjunction atau kata penghubung adalah salah satu bentuk part of speech (unsur kalimat dalam bahasa Inggris) yang berupa kata atau frase yang berfungsi untuk menghubungkan antara dua kata, frasa atau kalimat. Sekarang saya akan menjelaskan kepada anda tentang tujuh kata penghubung dalam bahasa Inggris yang harus anda ketahui beserta contohnya. Semua tujuh kata tersebut adalah kata yang baku dalam membentuk suatu kalimat majemuk, walaupun kata "untuk" dan "namun" mungkin bukan pilihan yang pada umumnya sering digunakan. Semua kata yang telah disebutkan diatas termasuk dalam coordinating conjunction atau konjungsi koordinasi yang berfungsi untuk menghubungkan dua kalimat yang berkedudukan sama. 


kata penghubung



Saya tidak mempunyai statistik yang rinci, tetapi saya dapat memberikan urutan serta contohnya sebagai berikut, dimulai dari yang paling umum digunakan ke yang paling jarang:
1. Dan. Kata ini tidak hanya terbatas digunakan sebagai penghubung kalimat (yang lebih dikenal dengan istilah konjungsi koordinasi), tetapi juga sebagai suatu kata sangat umum digunakan oleh kebanyakan orang. terutama dalam percakapan bahasa Inggris. Kata "dan" digunakan untuk menggabungkan dua kalimat (biasanya yang berhubungan dan/atau mirip). Contohnya kalimatnya yaitu, "Malam ini tidak akan berawan, dan besok akan cerah." ("Tonight will be clear, and tomorrow will be sunny.")

2. Tetapi. Kata yang ini juga bukan sebatas digunakan sebagai konjungsi koordinasi. Kata "tapi" juga cukup sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Umumnya kata ini digunakan untuk menyambungkan dua pernyataan yang kontras, sedangkan kata "dan" lebih condong digunakan untuk menyambungkan dua pernyataan yang mirip. Contohnya, "Besok akan cerah, tetapi anginnya juga akan kencang." ("Tomorrow will be sunny, but winds will also be high.")

3. Jadi. Pada dasarnya, kata ini menyampaikan sebuah makna, "Karena ada kalimat pertama, kalimat keduapun terbentuk", jadi kata ini biasanya digunakan ketika menyampaikan ulang kejadian atau memberikan alasan mengapa seseorang melakukan apa yang mereka lakukan. Contohnya, "Besok akan cerah dan panas, jadi bersiaplah untuk menghabiskan harimu di pantai!" ("Tomorrow will be sunny and hot, so get ready for a day at the beach!" )

4. Atau. Biasanya, kata ini digunakan untuk membentuk suatu pertanyaan ("ini, atau itu?"). Kata ini juga dapat digunakan untuk membuat pernyataan. Biasanya didahului dengan kata "antara (either)" ketika digunakan dalam suatu pernyataan. Namun pola ini tidak selalu digunakan sepanjang waktu. "Besok, kita bisa pergi antara ke pantai, atau diam dirumah." ( "Tomorrow, we can either go to the beach, or we can stay home.")

5. Ataupun. Konjungsi ini mirip dengan "atau", tetapi "nor" digunakan pada kalimat negatif. Kamu biasanya akan sering melihat kata ini digunakan bersamaan dengan "antara (neither)", sama seperti bagaimana kamu melihat kata "antara (either) ...atau." (Catat kalau "antara (neither)" dapat digunakan sendiri tanpa perlu didahului dengan kata "antara"). Namun tampaknya akhir-akhir ini "antara (neither) ...ataupun" sepertinya lebih jarang digunakan. Contohnya yaitu, "Besok tidak hujan ataupun cerah." ("Tomorrow, it will neither rain, nor will it be sunny.")

6. Namun. Penggunaan kata ini mirip dengan "tetapi," walaupun kata ini diucapkan dengan nada/sikap yang berbeda. Kata ini dapat digunakan dengan tujuan selain sebagai konjungsi. Mungkin sebagai konjungsi, kata ini berkonotasi ke arah nada yang mengejek. Contohnya saja, "Mereka bilang besok akan cerah. Namun nyatanya hari ini ada badai petir!" ("They say it will be sunny tomorrow, yet there was a thunderstorm today!" )

7. Untuk. Saat ini, sebagai konjungsi, kata ini hampir tidak pernah terlihat lagi pemakaiannya kecuali dalam sastra lama. Kata ini merupakan kebalikan dari kata 'jadi' walaupun mungkin merupakan penyerdehanaan yang berlebihan. "Kita akan pergi ke pantai hari ini, untuk cuaca hari ini yang sempurna!" ("We're going to the beach today, for the weather is perfect!" )

Ada juga berbagai contoh conjuction lain yang bisa kamu amati untuk lebih memahami cara penggunaan kata-kata penghubung tersebut.

Melihat daftar tersebut, saya mungkin akan mempertimbangkan untuk mengubah beberapa urutannya, tetapi daftar ini merupakan kata penghubungung yang sering saya gunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari. Sebagai catatan, masih ada banyak cara untuk menggabungkan kalimat tanpa menggunakan konjungsi, seperti menggunakan titik koma (;). Kendati begitu, hal ini hanya bisa dilakukan dalam beberapa konteks dan hanya dipakai jika sesuai. 



         part of speech


Kamu mungkin menyadari bahwa ada beberapa kata lain yang dapat digunakan untuk menggabungkan kalimat. Namun kata tersebut mungkin termasuk sebagai "konjungsi subordinatif" yang berfungsi untuk menggabungkan klausa dependen pada klausa independen. Kalimat seperti ini didefinisikan sebagai kalimat "kompleks" dan bukan"majemuk". Penggabungan dari kalimat sederhana ke kompleks atau kompleks ke kompleks dengan koordinasi konjungsi disebut sebagai "majemuk-kompleks". Tapi, saya rasa anda tidak perlu terlalu memahaminya kecuali kamu berencana untuk mengajar bahasa Inggris. Masih ada lebih banyak  lagi apositif rumit yang dapat digunakan pada kalimat yang melibatkan konsep-konsep seperti participle, preposisi, gerund (kata kerja berakhiran -ing), dan banyak lagi. Untungnya kamu tidak perlu mengetahui definisi dan peraturan formal dari hal-hal ini. (Lebih mudah dan sederhana untuk mengambil fungsi-fungsinya dalam penulisan dan percakapan).

Jika anda hendak berbicara pada situasi formal seperti presentasi ataupun pidato, dan anda merasa belum yakin atausepenuhnya percaya diri, ada baiknya kamu mencoba untuk menyusun poin-poin penting yang akan dibicarakan terlebih dahulu. Coba berlatihlah dalam menghubungkan poin tersebut menggunakan konjungsi di atas.

Tentunya tidak mudah untuk mempelajari bahasa asing hanya dengan beberapa kali latihan. Untuk menjadi fasih, tentu anda harus berlatih terus menerus. Sering mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris ataupun membaca bacaan dalam bahasa Inggris merupakan salah satu cara yang sangat membantu dalam berlatih. Semakin sering berlatih, tentu anda akan semakin ahli dalam hal ini. Selamat mencoba!



Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang