Ke arah mana baut di sproket belakang melonggar pada sebuah motor Yamaha?

Dilihat 2,02 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Longgarkan dengan memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam. Baut-baut ini tidak benar-benar mengunci, tapi didesain untuk tahan terhadap getaran. Motor yang lainnya memiliki tab-tab yang akan membengkok ke arah baut-baut tersebut dan menjaga/menghalanginya agar tidak menjadi longgar dan lepas. Tips untuk kasus yang sulit :

  1. Baut-baut ini harus melekat kuat, jadi siapkan peralatan yang baik.
  2. JANGAN gunakan kunci inggris, tang polygrip atau pump, tang mini, atau apapun yang lain yang akan merusak.
  3. Gunakan soket yang tepat berukuran 12 poin dengan medium xtn dan kunci ratchet yang berukuran 3/8" akan bekerja dengan baik. 
  4. Jika baut terlalu kuat, atau pergelangan tanganmu terlalu lemah, putar ujung cincin dari kunci set dengan kuat dan perlahan ke setiap baut, lalu pukul ujung kunci yang lain dengan palu besi seberat 1,5 kg.
  5. Jika semua cara tersebut gagal, hangatkan setiap baut dengan obor gas, lalu semprotkan dengan copious penetrating oil (mis. CRC 556 atau WD40). Biarkan dingin, lalu semprotkan lagi. Minum sekaleng bir, semprotkan lagi. Pergilah tidur, coba kembali keesokan harinya.
  6. Perbaikan terakhir -- belilah cold-chisel atau pemisah baut (serta kaca mata pengaman) dari toko penyuplai alat-alat mesin

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang