Keahlian apa yang saya perlukan untuk membuat aplikasi android dan dari mana sumber pembelajaran untuk keahlian tersebut?

Dilihat 528 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1



Dengan pesatnya pertumbuhan Internet serta pengguna mobile yang kian meningkat setiap tahun, membuat pasar potensial bagi para developer android untuk menciptakan aplikasi yang berguna dan bemanfaat serta bisa memecahkan solusi dari permasalahan yang ada, juga semakin meningkat. Bagi anda yang gemar mengutak-atik android pastinya juga punya keinginan untuk membuat aplikasi sendiri. Memang mempelajari pembuatan aplikasi tidaklah mudah, namun bagi pemula, hal ini tidak mungkin untuk dipelajari.


Android kini sangat populer baik di kalangan pengguna maupun developer. Keuntungan membuat atau menciptakan aplikasi Android memang sangat menjanjikan. Apalagi jika aplikasi Android hasil karya kita tersebut masuk dalam urutan sebagai aplikasi berbintang atau terbaik di Play Store. Coba Anda bayangkan sekarang, kira-kira berapa penghasilan dari developer-developer android tersebut. 


Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara membuat aplikasi di android tersebut? Belajar membuat aplikasi android sebenarnya tidak sulit. Asal ada kemauan pasti ada jalan. Sebenarnya keahlian apa yang diperlukan seseorang untuk membuat aplikasi di android? Dari mana sumber informasi pembelajaran cara membuat aplikasi di android? Untuk itu artikel ini akan mencoba membahas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Bagi yang sedang belajar membuat aplikasi android, wajib membaca artikel ini sampai habis ya! Yuk kita lihat :)



Tips Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula


Bagi anda yang ingin belajar cara membuat aplikasi di android, tips untuk pemula ini bisa dijadikan bahan pembelajaran awal, dimana dari segi pola pikir yang harus ditanamkan bagi seorang pemula adalah:

  • Mau belajar berusaha dan mencoba dari sumber pembelajaran yang tersedia di Internet.
  • Sebelum bertanya, berusaha dulu untuk memahami sumber pembelajaran yang tersedia di Internet
  • Tidak pernah berhenti belajar, tidak peduli seberapa besar ilmu yang telah didapatkan
  • Update perkembangan Android dan teknologi terkini.
  • Jika ada bug atau error, berusaha dulu menganalisis dan mencari solusinya (mencari di Stackoverflow.com), atau bisa copy-kan pesan error lalu translate. Semakin banyak error atau bug yang ada, semakin banyak belajar dan ilmu yang telah didapatkan.
  • Jangan malas belajar berbahasa Inggris, minimal untuk kemampuan reading, karena tutorial-tutorial atau sumber informasi pembelajaran yang tersedia di internet, kebanyakan memakai Bahasa Inggris.
  • Selalu berbagi (share) pengalaman dan mengajarkan ilmunya ke orang lain. Karena menurut riset metode pembelajaran yang terbaik, porsi yang terbesar (90%) yaitu dengan mengajari atau membagikan ilmunya ke orang lain.porsi dibawahnya (75%) learning by doing, atau dengan kata lain belajar sambil praktek langsung.
  • Tidak hanya kerja keras, kita dituntut kerja cerdas juga.
  • Ingat, tidak ada jalan pintas untuk sukses
  • Jangan 100% mengikuti tutorial. Maksudnya disini kita bisa kreasikan Aplikasi kita jadi tidak meniru 100% di tutorial, dan membuat kemungkinan jika kita melakukan ini itu bagaimana ya hasilnya, atau bagaimana ya tampilanya. Jadi tutorial biasanya akan hanya mengajarkan cara atau langkah-langkah. Nah kita sebagai pembelajar harus mengembangkan aplikasi yang ada di tutorial, melakukan eksperimen, mencoba hal-hal yang baru dan berbeda. Intinya, sumber informasi pembelajaran hanya membuat tutorial cara membuat macam-macam aplikasi, sedangkan pembaca atau pelajar bertugas mengembangkannya. 




Keahlian untuk Membuat Aplikasi Android


Sesuai pertanyaan di atas, keahlian apa yang dibutuhkan seseorang untuk membuat aplikasi di Android? Jawabannya yaitu, anda harus menguasai bahasa pemograman Java dan android SDK.


Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan baik di komputer ataupun ponsel dan merupakan bahasa pemograman yang bersifat umum. Java merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan dapat dijalankan (Run) pada segala jenis sistem operasi (OS) karena perkembangan Javaa ini tiak hanya terfokus pada satu sistem operasi saja tetapi dikembangkan untuk segala macam jenis sistem operasi dan bersifat open source.


Sedangkan Android SDK (Software Development Kit) adalah sebagai library emulator untuk menjalankan aplikasi android pada komputer. Android SDK merupakan tools bagi para programmer yang ingin mengembangkan aplikasi berbasis google android. Android SDK mencakup seperangkat alat pengembangan yang komprehensif. Android SDK terdiri dari debugger, libraries, handset, emulator, dokumentasi, contoh kode dan tutorial. Install Android SDK sesuai versi android yang ingin anda gunakan. Untuk instalasi anda perlu koneksi internet, karena SDK akan mencari library yang anda butuhkan sendiri dan dibutuhkan waktu yang lama dan kuota yang banyak. 



Sumber Informasi Pembelajaran


Jika anda bertanya dari mana sumber informasi pembelajaran tentang cara membuat aplikasi di android, maka jawabannya tergantung penguasaan anda terhadap materi tersebut saat ini.

Jika anda benar-benar baru dalam pemograman, sangat disarankan untuk belajar dasar pemograman di Code Academy. Disana anda mengikuti/mempelajari jenis pemograman yang menurut anda menarik seperti mobile/web/system embedded, dan lain sebagainya.  

Code academy sebuah situs untuk belajar dasar pemrograman dengan cara yang berbeda dan lebih menarik dan mengena, karena langsung praktek. Namun sebelum mulai belajar, anda harus mendaftar terlebih dahulu, dan ini gratis. Di situs Code Academy, anda akan disuguhi text editor yang digunakan untuk mengerjakan soal-soal di situ. Soal-soal juga sudah dilengkapi dengan hint (petunjuk). Jadi jika kesulitan, anda tidak pusing sendiri. Setiap soal juga dilengkapi dengan tanya jawab antar user yang ada di situ. Komunikasi di sana menggunakan bahasa Inggris tentunya. Jika anda menjawab soal dengan benar, maka anda akan mendapat skor, berbeda-beda tergantung soalnya. Selain skor, anda akan mendapat badge jika sudah mengerjakan sekian jumlah soal dan latihan.  Setelah belajar kode-kode pemograman di situs tersebut -misalnya tentang Mobile-, disarankan langsung pratekkan.


Lain hal, jika anda sudah mengetahui sedikit tentang pemograman, anda bisa langsung pelajari tentang Android SDK. Anda bisa mempelajarinya tutorialnya di developer android.com. Ini adalah situs utama yang dimiliki Android, dan merupakan salah satu sumber terbaik dalam mencari informasi terbaru dan perkembangan mengenai produk mereka. Situs ini memiliki fitur berupa latihan bagaimana cara mengembangkan aplikasi Android. Fitur ini mencakup mengatur dan menginstall program pengembang aplikasi yang akan diimplementasikan melalui Google Messaging. Informasi yang disediakan dalam situs ini tergolong lengkap dan para developer diberikan kemudahan dalam mendapatkan ilmu dari mereka baik pada tingkat dasar maupun menengah. Berbagai ilmu seperti API (Application Programming Interface), referensi, dan sample yang akan memberikan pengetahuan lebih bagi para developer dalam mengembangkan produk mereka.


Nah itulah artikel mengenai belajar membuat aplikasi android. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda semua yang sedang belajar dan ingin meniti karir sebagai developer android. Intinya semua kembali kepada anda. Jika anda sungguh-sungguh belajar pasti rintangan yang anda hadapi bukan hambatan, namun bagi yang tidak serius pembelajaran apapun akan terasa sangat sulit. Dan jangan lupa setelah mempelajarinya, langsung praktekkan!


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang