Kebugaran: Apa latihan cardio terbaik untuk menurunkan berat badan?

Dilihat 738 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Latihan cardio merupakan aktivitas yang sangat baik. Tapi aku membencinya! Itu merupakan proses yang panjang dan melelahkan. Saya dulu tidak pernah menyukai latihan cardio. Tapi latihan cardio itu penting. Latihan cardio dibutuhkan untuk memelihara kesehatan jantung dan membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular (dari sinilah namanya berasal).


Dulu saya tidak pernah menyukai latihan cardio. Saya jauh lebih suka mengangkat beban. Tapi lalu saya mengetahui tentang HIIT (High Intensity Interval Training). Ini merupakan solusi yang bagus bagi orang - orang seperti saya. Teknik ini mengurangi durasi dari sesi kardio menjadi hanya 20 - 30 menit. Kita membakar lebih banyak kalori dengan HIIT dibanding saat kalau melakukan latihan cardio tradisional.

 

Jadi apa itu HIIT? HIIT atau High Intensity Interval Training (Latihan Interval Intensitas Tinggi) merupakan teknik latihan dimana kamu harus berusaha sekeras mungkin untuk melakukan latihan yang cepat dan intensif yang diikuti dengan periode pemulihan yang singkat. Jenis latihan seperti ini meningkatkan denyut jantung dan membakar lebih banyak lemak dalam waktu yang lebih singkat.

Salah satu rutinitas yang saya lakukan adalah latihan selama 20 menit dengan 5 menit pemanasan dan 5 menit pendinginan. Jadi totalnya adalah 30 menit. Biasanya saya melakukannya di atas treadmill. Selama 5 menit pemanasan, saya berjalan pada tingkat kecepatan 4 dan berlari kecil ke kecepatan 7. Setelah 5 menit, saya meningkatkan kecepatannya ke 9, jadi saya mulai berlari. Lakukan ini selama satu sampai dua menit. Setelah kamu berlari selama 1 - 2 menit, tingkatkan kecepatan menjadi 12 dan berlarilah dengan cepat. Lakuakan selama 1 menit dan turunkan kembali kecepatannya menjadi 9. Ulangi selama 20 menit lalu mulai lakukan pendinginan. Kamu bisa menvariasikan kecepatannya berdasarkan tingkat kebugaranmu saat ini.

Memvariasikan intensitas dengan cara seperti ini memiliki banyak keuntungan. HIIT terbukti dapat meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak lemak yang berdampak pada pengurangan persentase lemak di tubuh dibanding kardio intensitas rendah. Kamu bisa mengaplikasikan prinsip dari HIIT ke berbagai macam latihan cardio seperti berlari, bersepeda, aerobik, bahkan latihan angkat beban

Tidak ada satupun latihan cardio yang dapat dikategorikan sebagai yang terbaik. Jangan terus - menerus melakukan hal yang sama. Teknik seperti HIIT membuat latihan cardio tidak terlalu membosankan dan lebih efisien. Jadi cobalah!! 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang