Kelenjar getah bening pada leher membengkak selama sebulan, penyakit apa ini?

Dilihat 44,9 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sistem dalam tubuh kita selalu mempunyai fungsinya masing-masing terhadap sistem bagian tubuh yang lain. Bahkan mereka bisa saling terhubung satu sama lain, sehingga bila terjadi hambatan atau kerusakan akan mempengaruhi bagian tubuh yang lainnya. Sistem pada tubuh yang paling kecil sekalipun bila terjadi hambatan akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh kita. Jika ada salah satu sistem dalam tubuh kita yang terasa tidak nyaman bisa saja merupakan indikasi adanya penyakit yang muncul. 


Kelenjar getah bening adalah salah satunya. Kelejar getah bening yang juga merupakan salah satu dari sistem limfatik dalam tubuh manusia akan selalu memberikan tanda jika sistem kekebalan tubuh sedang diserang oleh suatu infeksi.  Kelenjar getah bening sebenarnya adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi baik yang disebabkan olah bakteri, virus atau penyebab infeksi lainnya. 



Penyakit Kelenjar Getah Bening


Pembengkakan kelenjar getah bening adalah kondisi dimana kelenjar yang bentuknya menyerupai gumpalan jaringan sebesar biji kacang yang mengalami pembesaran. Gumpalan kelenjar getah bening tersebut berisi sel darah putih yang biasanya terlihat seperti benjolan di leher, paha, ketiak, dan di belakang telinga. 

Banyak orang yang merasa khawatir bila kelenjar getah bening mereka membengkak, padahal itu adalah tanda dimana kelenjar getah bening dalam tubuh kita sedang melakukan tugasnya untuk melawan infeksi dari luar tubuh. 


Pembengkakan Kelenjar Getah Bening


Saya memiliki pengalaman dengan pembengkakan di leher dan masih berlangsung hingga sekarang. Beberapa bulan yang lalu saya menyadari adanya kelenjar getah bening yang membengkak di leher saya. Benjolan di leher tersebut terasa agak sakit bila leher digerakkan dan dipegang. 


Saya pergi ke dokter dan dokter menyuruh saya melakukan scan pada leher dan melakukan tes darah. Hasil scan menunjukkan banyak kelenjar getah bening saya yang membengkak, paling besar berukuran 1,5 cm, itulah sebabnya muncul benjolan di leher. Lalu dokter berkata pada saya meski ukurannya besar tapi saya tidak perlu mengkhawatirkannya. Tapi tetap saja jumlahnya yang banyak itu cukup membuat saya terkejut karena saya hanya merasakan satu yang bisa terlihat jika saya memiringkan kepala saya ke kiri. 


Hasil tes darah juga menunjukkan bahwa saya mengalami infeksi mononukleosis. Dari hasil pemeriksaan tes darah tersebut saya menyimpulkan bahwa pembengkakan pada kelenjar getah bening tersebut mungkin diakibatkan oleh infeksi mononukleosis yang saya alami. 

Setelah meminum secara rutin resep obat dari dokter, akhirnya infeksi mononukleosis yang saya derita sembuh dan saya merasa kesehatan saya semakin membaik. 


Kelenjar Getah Bening di Leher

Sejak saat itu saya tidak lagi memperhatikan kesehatan saya karena saya merasa sehat. Namun anehnya bengkak pada kelenjar getah bening saya belum juga hilang padahal itu sudah terjadi sekitar 4 bulan yang lalu sampai sekarang. Bengkaknya masih sama, tidak mengecil juga tidak membesar. 

Saya menjadi mulai khawatir dan memutuskan untuk kembali ke dokter. Dokter berkata pada saya untuk tidak perlu khawatir. Saya juga bertanya berapa lama kelenjar getah bening akan membengkak? Dokter menjawab bahwa terkadang pembengkakan akan terjadi permanen, namun tidak perlu dikhawatirkan bila tidak disertai oleh gejala penurunan kondisi tubuh. Itu melegakan pikiran saya namun dari beberapa hal yang saya baca membuat saya masih memikirkannya. 

Tetapi memang, bengkak pada leher saya sekarang tidak menimbulkan rasa sakit seperti sebelumnya.


Berdasarkan beberapa artikel tentang kelenjar getah bening yang saya baca, pembengkakan pada kelenjar getah bening bisa menjadi tanda adanya penyakit kelenjar getah bening yang menjurus pada penyakit serius seperti tumor bahkan kanker. 


Anda harus menemui dokter dan berkonsultasi jika anda merasakan tanda-tanda berikut ini:


  • Kelenjar yang bengkak terasa kaku dan keras saat ditekan.
  • Gejala pembengkakan kelenjar getah bening disertai melemahnya kondisi tubuh.
  • Sering berkeringat di malam hari.
  • Mengalami demam yang tidak kunjung reda.
  • Mengalami penurunan berat badan secara drastis.
  • Pembengkakan semakin besar.
  • Mengalami sakit tenggorokan yang menyebabkan anda sulit untuk menelan dan bernapas.

Jika anda mengalami pembengkakan disertai dengan gejala-gejala tersebut segera temui dokter dan sampaikan keluhan yang anda rasakan. Jangan menunggu sampai pembengkakan menjadi penyakit kelenjar getah bening yang semakin parah dan memperburuk kondisi anda. 


Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening merupakan tanda adanya infeksi oleh virus atau bakteri, sehingga anda membutuhkan dokter untuk dapat mengetahui penyebabnya. Semoga informasi dari pengalaman saya ini bisa bermanfaat bagi anda dan semoga anda selalu diberikan kesehatan. 


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang