Kemampuan kardiovaskular: Apa latihan kardio yang paling baik untuk seluruh tubuh Anda?

Dilihat 599 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tidak ada satupun latihan tunggal yang mentarget seluruh atau mayoritas 656 hingga 850 otot di dalam tubuh manusia (tergantung dengan siapa anda berkonsultasi). Namun, sebagai aturan umum, aktifitas tertentu menggunakan lebih banyak otot ketimbang aktifitas lainnya. Meski ini artinya ada deretan yang begitu panjang, tiga aktifitas yang terbaik mungkin terdiri dari:

  1. Renang.
    Ini, tentu saja, tergantung gerakan yang dilakukan dan seberapa besar tenaga yang dikeluarkan. Saya akan menyarankan gaya kupu-kupu, meskipun sangat sulit untuk bertahan dalam waktu yang lama karena gaya tersebut membutuhkan energi paling banyak. Gaya ini mengaktifkan hampir semua kelompok besar otot-otot. Saya sarankan anda untuk mengkombinasikannya dengan gaya yang lain selagi melakukan gaya kupu-kupu, yakni gaya bebas dan/atau gaya dada.
  2. Panjat Tebing.
    Meski memanjat utamanya dianggap sebagai sebuah aktifitas yang membutuhkan kekuatan, ada komponen kardio yang besar di dalamnya, khususnya dalam memanjat vertikal atau memanjat menyamping ketika bouldering. Seiring anda melewati berbagai masalah dan tingkat kemampuan, anda akan mengaktifkan lebih banyak otot dibanding kebanyakan aktifitas lainnya, mengingat anda menggunakan punggung anda, dada, kaki, telapak kaki, dan bahkan otot-otot terkecil di tangan anda. Namun, jika anda seorang pemula akan butuh waktu untuk membangun kekuatan agar anda mampu bertahan memanjat cukup lama untuk berlatih kardio lengkap.
  3. Olahraga intensitas tinggi yang melibatkan ketangkasan manual.
    Kuncinya untuk latihan kardio adalah mempertahankan tenaga yang dikeluarkan selama periode waktu yang panjang. Antara lain permainan basket, bulutangkis, bola raket, tenis, squash, bola tangan, anggar, tinju, hoki, ski, polo air, renang indah atau olahraga lain yang melibatkan gerakan terus menerus dan penggunaan tubuh bagian atas akan menjadi latihan yang bagus. Sekali lagi, kuncinya adalah tenaga: jika anda lebih banya berdiri saja atau beristirahat, anda tak akan mendapatkan efek latihan kardio. Dengan melakukan olahraga, bonusnya adalah mereka cenderung menyenangkan dan menarik, jadi anda akan termotivasi untuk berusaha keras!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang