Kenapa aku kurang mempunyai motivasi kerja?

Dilihat 889 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Banyak alasan yang berbeda-beda untuk bekerja, tergantung bagaimana situasi dan kondisi setiap orang. 


Akan tetapi, satu hal yang sering kita temui dalam situasi yang berbeda-beda adalah kurangnya semangat dalam bekerja. Mungkin diantara para pembaca lebih senang bermalas-malasan ketimbang melakukan suatu pekerjaan atau mungkin juga bukan tipe yang suka bersosialisasi, sehingga tak ingin untuk bekerja. 


Jika anda salah satunya, anda harus mencoba untuk mengubah hal itu saat ini juga. Anda harus memiliki motivasi yang kuat untuk melakukan sesuatu yang tidak anda inginkan. Selain motivasi untuk bekerja, anda juga membutuhkan motivasi kerjasama, karena di semua pekerjaan dibutuhkan kerjasama yang kuat layaknya sebuah tim.


motivasi kerja

Kekurangan motivasi dalam bekerja adalah hal yang fatal. Saya memiliki kesulitan untuk datang tepat waktu ke sekolah dan merasa sangat sulit untuk bekerja dengan baik. 


Tetapi semua itu telah berubah. Pada akhirnya saya mulai menyadari bahwa alasan utama saya tidak dapat bekerja keras dan melakukan pekerjaan dengan baik adalah kurangnya semangat dikarenakan saya memiliki beberapa kebiasaan buruk. Saya tidak memiliki kebiasaan makan dengan benar dan juga tidak cukup tidur, juga sering melihat hal ini terjadi pada siswa-siswa saya. Tetapi pada suatu saat, saya mencoba untuk berubah, melakukan beberapa cara menghilangkan rasa malas yang melekat pada diri saya.


Banyak hal berubah dalam hidup saya ketika saya mulai makan secara teratur dan melakukan diet secara seimbang. Saya juga mulai melakukan meditasi, tidur pada waktu malam lebih awal dan memiliki waktu tidur yang cukup. Hal-hal ini membuat perubahan yang cukup besar. Dan terus rutin saya lakukan sampai sekarang. 


Setelah saya melakukan perubahan ini, saya selalu bersemangat setiap saat, dapat bekerja dengan baik dan jauh lebih fokus terhadap pekerjaan.


mengatasi hilangnya motivasi kerja


Penyebab Kurangnya Motivasi Kerja


Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai penyebab kurangnya motivasi dalam bekerja:


1. Perlakuan Diskriminasi di Kantor


Perlakuan diskriminasi memang tidak terlalu terlihat, akan tetapi hal ini menjadi satu pemicu rendahnya motivasi kerja. Perlakuan yang tidak merata untuk semua karyawan tentu sangat menyakitkan. 


Bila dua orang karyawan yang memiliki kemampuan dan kinerja yang tergolong setara, namun diperlakukan secara berbeda tentu ini menjadi pembunuh yang amat kejam terhadap motivasi. Diskriminasi dapat terjadi karena banyak hal, seperti ras, golongan, kedekatan emosional dan lainnya. 



2. Kurang Penghargaan Terhadap Kreativitas


Jangan pernah meremehkan tingkat kreativitas karyawan. Dalam hal ini tentunya tentang kreativitas yang positif dan untuk kemajuan perusahaan. 


Pernahkah Anda mendengar bahwa seorang bawahan lebih banyak pengetahuannya dan lebih kreatif dari atasannya? Seorang atasan yang jeli menangkap sinyal ini, tentu akan menghargai kreativitas tersebut. Kemudian memberikan ruang yang leluasa untuk karyawan tersebut dalam menyalurkan ekspresinya. Dalam hal ini, seorang pimpinan jangan pernah merasa tersaingi apalagi sampai berpikir akan dikalahkan. 



3. Berhentinya Komunikasi antara Pimpinan dan Karyawan


Komunikasi menjadi kunci sukses seorang pimpinan dalam memanaje bawahannya. Mampu berkomunikasi dan membangun komunikasi yang efektif dengan tim kerja akan berdampak pada kinerja tim. 


Bila komunikasi sudah berhenti, ide apapun yang dibutuhkan oleh tim akan berjalan, hasilnya omzet menurun dan profit ikut anjlok. Motivasi kerjasama sangat dibutuhkan. Bila sudah begini, tentu jalan satu-satunya adalah rotasi dan reformasi secara menyeluruh. 



4. Karir Berjalan Macet dan Padat Merayap


Sense of progress (kemajuan) merupakan kata kunci yang amat menentukan level motivasi kerja seseorang. Hanya kemajuan dalam karir yang dapat membuat seseorang memiliki harapan dan motivasi kerja.  


Demikian sebaliknya, jika tidak mengalami kemajuan tentu perlahan tapi pasti motivasi kerja akan pudar. Saat harapan dan motivasi hilang, sesungguhnya inilah akhir dari cerita. 



5. Pekerjaan Monoton dan Membosankan


Kebanyakan karyawan mungkin motivasi meleleh ketika menghadapi pekerjaan yang monoton dan membosankan. Ditambah lagi tidak ada tantangan yang berarti dari perkerjaan yang dilakukan. Jiwa kita akan tumbuh seiring pertumbuhan pekerjaan yang dilakukan. Saat menghadapi tantangan pekerjaan yang menarik, maka jiwa juga akan ikut mekar seperti bunga di pagi hari. 



6. Perlindungan dan Jaminan Tidak Jelas


Selain gaji, hal terpenting yang dibutuhkan karyawan adalah perlindungan dan jaminan kerja yang jelas termasuk didalamnya jaminan hari tua. Perlindungan merupakan hal mutlak dan merupakan hak setiap karyawan, hal ini diatur dalam undang-undang ketenaga kerjaan.  


Bagaimana bisa karyawan termotivasi, bila harapan masa depannya tidak jelas. Selain sibuk kerja, dia juga harus sibuk merancang masa depannya. Akhirnya, saking sibuk mempersiapkan masa depan, kinerja ikut merosot dan cenderung mengabaikan segala tugas. 



7. Kebutuhan akan Pengakuan


Masing-masing orang memiliki rasa ingin dihargai dan pengakuan dari orang-orang disekitar, terlebih dari semua rekan kerja. Sebuah pujian yang tulus, akan lebih berarti dibandingkan dengan sejumlah rupiah. Ada hal-hal terntentu yang tidak bisa dibayar dengan uang seperti pujian yang tulus, pengakuan akan keberadaan dan rasa memiliki.  Bila tidak mungkin untuk menghargai sebuah pencapaian karyawan dengan sejumlah uang, setidaknya ucapan pujian yang tulus dan pengkuan tentu dapat menjadi motivasi tersendiri bagi karyawan. 


Mungkin dari beberapa alasan yang saya sebutkan di atas merupakan alasan mengapa motivasi kerja anda kurang. Saya tak terlalu yakin, sebab itu hanyalah hal-hal umum yang sering terjadi.


penyebab hilangnya motivasi kerja


Cara Ampuh untuk Meningkatkan Motivasi Kerja


Ada beberapa saran yang ingin saya bagikan terhadap anda untuk meningkatkan motivasi anda dalam bekerja, di antaranya adalah:



  • Berusaha menyukai pekerjaan

Ini adalah hal yang terpenting, kebanyakan orang bekerja dengan terpaksa di posisi tertentu yang tidak sesuai dengan minat mereka. Sehingga orang tersebut akan mudah bosan dan lebih malas dalam bekerja. Tipe yang seperti itu sangat merepotkan orang yang bekerjasama dengannya. 


Sebaiknya anda mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat anda, karena hal itu akan membuat anda bersemangat melakukan pekerjaan anda. Apabila anda terpaksa mengisi satu posisi yang tidak anda inginkan, cobalah untuk menyukainya perlahan. Tetaplah berpikiran positif.



  • Bergaulah dengan orang yang bersemangat

Biasanya dengan melihat orang yang bersemangat dalam melakukan sesuatu akan membuat kita juga bersemangat dan berkeinginan untuk turut melakukan hal tersebut. Mungkin jika anda adalah seorang yang sangat pemalas, seorang yang gila kerja bisa menjadi penyelamat anda dari kemalasan. Tetapi, kembali lagi pada tiap pribadi masing-masing. 


Ada juga yang masih tak tergerak keinginannya saat melihat orang bersemangat melakukan suatu hal. Motivasi kerjasama akan muncul dengan sendirinya saat anda mendapat teman seperjuangan yang tepat dalam pekerjaan



  • Berolahraga dan makan teratur

Banyak yang berpikiran ini adalah hal sepele, tetapi berolahraga dapat membantu menjernihkan pikiran dan membugarkan tubuh anda. Saya rasa tubuh yang sehat adalah salah satu faktor yang mampu meningkatkan semangat anda dalam bekerja. Setidaknya anda tidak akan mudah lelah jika pekerjaan anda menekan anda.


kurangnya semangat kerja


Seperti itulah sedikit jawaban yang bisa saya berikan untuk anda. Mungkin tidak sepenuhnya mampu membantu anda menemukan solusi, karena yang mengetahui persis alasan mengapa motivasi anda kurang adalah diri anda sendiri. Cobalah untuk merenungkan apa yang menjadi masalah anda dalam bekerja. Semoga berhasil!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang