Bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini? Apa saja faktor penyebabnya?

Dilihat 747 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dalam sebuah kehidupan berumah tangga, sudah bukan rahasia lagi bahwa kepuasan secara seksual merupakan kebutuhan yang sangat penting, selain masalah keuangan dan materi.


Bahkan tidak jarang ditemukan hubungan suami istri yang retak dan tidak harmonis karena masalah kebutuhan biologis yang tidak dapat terpenuhi secara sempurna. Dalam hal ini, siapa saja bisa dipersalahkan, baik pihak wanita maupun pria.

 

Namun sayangnya, prialah yang paling sering memiliki problematika dalam urusan ranjang. Salah satu masalah yang paling umum dan paling sering ditemukan adalah ejakulasi dini.


Apa itu ejakulasi dini? Ejakulasi dini adalah sebuah kondisi yang diakibatkan oleh faktor biologis dan psikologis. Kedua faktor ini menyebabkan seorang pria mengalami ejakulasi terlalu cepat dan tidak terkendali ketika berhubungan intim meskipun rangsangan yang diterima sangat sedikit, baik setelah atau sebelum penetrasi.


Sebenarnya ejakulasi dini dapat diobati dan diatasi dengan mudah, namun kebanyakan pria merasa malu untuk berkonsultasi mengenai hal ini. Bahkan banyak di antara mereka yang menganggap penyakit ini sebagai aib dan berusaha menyembunyikannya karena merasa malu dan frustrasi.


Hal ini tidak tepat. Ada banyak cara mengatasi ejakulasi dini, dan sebenarnya ini adalah penyakit yang cukup umum.


Nah, apakah Anda menderita ejakulasi ini? Simak penjelasannya dan cara mengobatinya di bawah ini!



mengatasi ejakulasi dini


Penyebab Ejakulasi Dini



Secara umum, penyebab ejakulasi dini hampir-hampir mirip dengan impotensi, yaitu disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, bisa karena aspek biologis dan psikologis.


Contoh penyebabnya adalah:


  • Adanya tekanan dalam hubungan
  • Kurang pengalaman seksual
  • Terlalu banyak rangsangan
  • Depresi dan stres
  • Faktor kecemasan dan tidak percaya diri
  • Pengalaman buruk yang berkaitan dengan hubungan seksual
  • Penggunaan narkoba, alkohol, dan obat-obatan tertentu secara berlebihan.

Selain beberapa contoh di atas, ada juga beberapa masalah kesehatan yang dapat menjadi penyebab ejakulasi dini, seperti:


  • Diabetes
  • Penyakit prostat
  • Tekanan darah tinggi
  • Perubahan bentuk tulang belakang atau sklerosis
  • Gangguan pada kelenjar teroid (kadar hormon abnormal)
  • Efek samping dari resep obat tertentu
  • Trauma atau luka bekas operasi yang menyebabkan kerusakan syaraf.
  • Radang uretra

Karena penyebab yang begitu beragam, maka ada beberapa cara mengatasi ejakulasi dini yang berbeda, tergantung dari faktor penyebabnya. Anda harus mengenali dulu, apa kira-kira penyebab ejakulasi dini yang Anda derita?


Jika dikarenakan oleh stres dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan pasangan, maka ada baiknya jika Anda membicarakannya terlebih dahulu dan mencari solusinya bersama.


Ingat, jangan malu! Ejakulasi dini adalah hal yang sangat umum dan Anda bukanlah satu-satunya pria dengan penyakit ini, ada jutaan pria lain yang memiliki penyakit yang sama dengan Anda.



apa itu ejakulasi dini


Cara Mengatasi Ejakulasi Dini


Dalam mengatasi ejakulasi dini, ada beberapa kategori cara yang bisa Anda pilih, yaitu tanpa obat dan dengan menggunakan obat, baik secara alami maupun obat dokter.



  1. Mengobati Ejakulasi Dini Tanpa Obat

Pertama, mari kita lihat cara mengatasi ejakulasi dini tanpa menggunakan obat. Beberapa caranya adalah sebagai berikut:




mengatasi ejakulasi dini


  • Melatih Otot dengan Senam Kegel

Tidak banyak yang mengetahui tentang manfaat dan kegunaan senam kegel, yang ternyata salah satunya adalah meningkatkan daya tahan ketika melakukan hubungan seksual. Meskipun pada awalnya senam ini terkenal di kalangan ibu-ibu yang hendak atau telah melahirkan, tapi belakangan diketahui bahwa senam kegel dapat berfungsi untuk menyempitkan vagina dan mengendalikan ereksi.



  • Hindari Onani

Meskipun ada yang menyatakan bahwa onani secara rutin dan teratur akan meningkatkan ketahanan Anda dalam melakukan hubungan intim, namun sebenarnya belum ada studi yang membenarkan hal tersebut. 

Yang telah terbukti secara ilmiah adalah, onani memiliki efek samping ejakulasi dini jika dilakukan terlalu sering dengan cara yang tidak benar.


Hal ini berkaitan dengan faktor psikis. Karena orang cenderung ingin cepat orgasme ketika melakukan onani, dan faktor psikologi ini akan terbawa ketika melakukan hubungan seks yang sebenarnya



  • Hindari Penggunaan Obat Kuat Sembarangan

Penggunaan obat kuat tanpa ada dampingan dokter memiliki banyak efek samping dan tidak akan mengobati penyakit Anda. Mungkin awalnya akan berpengaruh, namun pengaruh ini hanya sementara.


Efek samping obat kuat antara lain adalah kebutaan, gangguan pencernaan, gangguan pendengaran, sakit kepala, depresi, kolesterol, menaikkan tekanan darah tinggi, dan impotensi.


mengatasi ejakulasi dini

  • Gunakan Kondom

Salah satu penyebab ejakulasi dini adalah penis yang terlalu sensitif. Untuk mengurangi tingkat kesensitifitasan penis, maka cara mudahnya adalah dengan menggunakan kondom.


Selain itu, kondom juga akan menjepit pangkal penis dan membantu menahan terjadinya orgasme atau ejakulasi.




2. Mengobati Ejakulasi Dini dengan Obat Alami


Jika mungkin Anda telah mencoba beberapa cara sebelumnya dan tetap tidak memperoleh hasil yang diinginkan, maka sebaiknya cobalah beberapa obat-obatan alami di bawah ini sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat dokter.



  • Cengkeh

Cara menggunakan cengkeh untuk mengobati ejakulasi dini cukup mudah. Anda cukup mencampurkan teh hangat dengan cengkeh secukupnya, lalu tambahkan sedikit madu sebagai pemanis. Konsumsi secara rutin setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.



  • Jahe

Obat herbal satu ini telah lama dikenal sebagai obat ejakulasi dini yang cukup mumpuni.

Caranya, siapkan sekitar 1 ons jahe, sebutir jeruk nipis, telur ayam kampung, dan madu. Rendam jahe dalam segelas air panas mendidih dan diamkan untuk beberapa saat. Setelah itu saring dan campurkan dengan telur ayam kampung, jeruk nipis, dan madu. Minumlah ramuan ini secara rutin setiap hari hingga masalah Anda teratasi.


mengatasi ejakulasi dini


  • Kulit Kayu Manis

Kemampuan minyak yang terdapat dalam kulit kayu manis dalam mengobati ejakulasi dini mungkin agak kalah jika dibandingkan dengan bahan herbal lainnya, tapi tetap patut di coba.

Untuk menggunakan bahan ini, lebih baik Anda membeli krim kulit kayu manis yang banyak dijual bebas di apotek, karena tentu saja sulit untuk membuatnya sendiri.

Untuk pengobatannya, Anda cukup membalurkan krim kayu manis ini di penis Anda dan ikuti aturan pakainya.



  • Daun Kemangi

Cara mengatasi ejakulasi dini yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi air seduhan daun kemangi. Cara membuatnya pun mudah, cukup seduh segenggam daun kemangi di dalam segelas air panas. Biarkan air mendingin hingga mencapai suhu ruangan dan minum sampai habis. 

Minumlah secara rutin satu gelas sehari untuk mencapai hasil yang diinginkan.




cara mengatasi ejakulasi dini


  • Panax Ginseng

Sama seperti kulit kayu manis, untuk mendapatkan khasiat dari panax ginseng, lebih baik anda membeli krim yang mengandung bahan ini. Balurkan krim yang mengandung panax ginseng setidaknya sekitar 1 jam sebelum melakukan hubungan intim, dan jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu agar tidak mengenai kemaluan pasangan anda.



-


Demikianlah beberapa cara mengatasi ejakulasi dini yang bisa Anda coba sendiri di rumah.


Ingat, anda harus memahami apa itu ejakulasi dini, dan jangan pernah merasa malu ataupun frustrasi karena penyakit ini. Kunci keberhasilan pengobatan Anda adalah konsultasi dan jangan malu bertanya kepada dokter ataupun orang lain yang anda anggap lebih berpengalaman.


Semoga berhasil dan jangan menyerah, Anda dan pasangan juga harus saling bekerja sama agar memperoleh hasil yang maksimal.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang