Apakah aplikasi musik berbayar lebih bagus daripada aplikasi musik gratis?

Dilihat 1,63 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Di tengah rasa penat dari berbagai aktivitas yang padat sehari-hari, pastinya kita merasa membutuhkan sesuatu yang bisa menghibur diri kita. Biasanya banyak orang yang memilih untuk menonton film, bermain game, mendengarkan musik, ataupun chatting lewat sosial media dengan teman-teman. 


Beberapa hal tersebut mampu membantu menghilangkan rasa stress dan penat akibat pekerjaan kita yang monoton, dan bisa membantu kita menemukan semangat baru. Salah satu hal yang paling sering dilakukan orang untuk menghilangkan rasa jenuhnya adalah dengan mendengarkan musik. 


Kini, banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mendengarkan musik terbaru, salah satunya adalah dengan mengunduhnya di aplikasi musik


Jika anda pengguna Android, ada banyak aplikasi musik android yang bisa kamu temukan di Google Play Store dan download secara gratis untuk mendapatkan fasilitas mendengarkan lagu-lagu terbaru yang kamu sukai. 


Namun, banyak juga aplikasi dengan fasilitas berbayar akan kita temukan di Play Store. Kenapa demikian? Apakah menggunakan aplikasi berbayar akan memberikan keuntungan lebih banyak daripada aplikasi gratisan?



Perkembangan Musik di Zaman Modern


Sejak dulu, dunia musik memang selalu mampu menghibur semua kalangan masyarakat, dengan genre dan jenisnya yang beraneka ragam. Kepopuleran musik dimulai dengan penjualan berbagai album para penyanyi yang dinaungi oleh beberapa label perusahaan rekaman besar. 


Hingga sekitar tahun 2000, untuk dapat menikmati musik, masyarakat harus membeli album, CD baru, atau kaset dari penyanyi atau musik yang mereka sukai. Banyak dari mereka bahkan mengoleksi kaset dari album penyanyi idolanya, dan akhirnya menjadi kolektor dari jenis musik kesukaannya. 


Semakin langka dan kuno suatu album tertentu, semakin dicari orang dan semakin tinggi pula harganya. 


Perkembangan musik


Tetapi semua ini berubah dan menjadi tantangan tersendiri bagi banyak rumah produksi ketika internet semakin mudah diakses oleh masyarakat dunia.


Mudahnya akses internet menyebabkan maraknya pembajakan musik dan film. Ini adalah kasus yang tidak bisa dihindari dan sulit dihentikan oleh pihak yang berwenang karena kemudahan akses digital yang memang tidak bisa dikontrol sepenuhnya. 


Seiring dengan berkembangnya era digital pada masyarakat dunia, akhirnya musik pun turut menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman. Banyak rumah produksi dan studio musik dari berbagai belahan dunia lebih memilih untuk mengembangkan bisnisnya dengan melakukan promosi dan menjual lagu mereka kepada masyarakat dengan bantuan berbagai aplikasi musik


Hal ini karena aplikasi musik adalah salah satu tipe aplikasi android yang diminati sekarang ini. Masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan musik yang mereka sukai hanya dengan memiliki aplikasi musik android


Beberapa musisi dan band ternama juga menjalin kerjasama dengan berbagai aplikasi musik untuk menyajikan musik mereka secara gratis atau berbayar untuk para penggemarnya. 


Perkembangan musik di zaman modern

Tujuan mereka hanya satu untuk membuat penikmat musik mengetahui karakteristik musik mereka. 


Bisa saja seseorang menyukai musik dangdut ataupun musik pop, namun karena hanya ada musik rock yang terdapat dalam daftar musik gratis mereka, akhirnya akan ada kesempatan lebih banyak orang yang akan mendengarkannya. Bahkan mereka mempromosikan musik mereka secara gratis melalui sosial media. 


Lalu dari manakah para musisi dan grup band Indonesia khususnya mendapatkan penghasilan? 


Banyak di antara mereka yang lebih mengutamakan beberapa panggilan manggung atau acara off air. Inilah yang disebut peralihan bisnis dunia musik, yang juga merupakan dampak dari berkembangnya zaman. 



Aplikasi Musik Gratis vs Berbayar


Selain aplikasi musik gratis yang hanya membutuhkan kuota internet untuk mengunduh musik yang diinginkan, ada juga aplikasi musik yang berbayar. 


Sebut saja iTunes yang merupakan aplikasi musik berbayar paling populer di kalangan masyarakat. Terutama di kalangna pengguna produk Apple karena iTunes yang merupakan perangkat bawaan produk iOS atau Apple. 


Kenapa aplikasi-aplikasi musik ini berbayar? 


Karena pihak artis, penyanyi, atau musisinya langsung yang mengunggah musik tersebut di tempat yang sah, sehingga anda harus membayar untuk mendengarkan lagu-lagu di sana, sama saja seperti membeli album di toko namun dalam bentuk digital. 


Anda bebas untuk mendownload musik apapun di sana secara legal, jadi tidak perlu khawatir digugat karena menggunakan sumber yang ilegal atau hasil retasan. 


Biasanya beberapa aplikasi musik akan memberikan harga untuk keanggotaan premium yang bisa membuat anda bebas mendengarkan musik apapun selama sebulan atau bahkan beberapa bulan dengan harga tertentu. 


Sebenarnya ada cara lain untuk mendengarkan musik secara legal yaitu melalui situs musik online gratis.


Aplikasi streaming musik

Tentunya perbedaan antara aplikasi musik berbayar dan gratis adalah dari segi kualitas file musiknya. 


Biasanya aplikasi musik berbayar juga menyediakan musik gratis untuk pelanggannya pada beberapa jenis musik dan lagu tertentu. 


Jumlah musik gratis tersebut bisa dibilang sangat terbatas dan mungkin anda akan lebih tertarik untuk beralih pada keanggotaan premium yang mengharuskan anda membayar untuk berlangganan sehingga anda bebas mendengarkan lagu apapun yang anda pilih. 


Bagi anda yang tertarik beralih mendengarkan musik secara streaming dan tentunya legal, anda bisa mengunduh beberapa aplikasi musik streaming terbaik yang ada saat ini. 



Aplikasi Musik Terbaik


Berikut adalah beberapa aplikasi musik terbaik yang bisa anda coba:



Aplikasi musik Spotify



1. Spotify


Spotify adalah salah satu aplikasi musik streaming terbaik android di dunia. Aplikasi ini diciptakan oleh perusahaan asal Swedia. Setelah 9 tahun diluncurkan, Spotify sudah mendukung lebih dari 70 bahasa. 


Kini Spotify juga hadir di Indonesia dan bisa anda nikmati fasilitas dan juga kemudahannya dalam melakukan streaming musik populer yang anda sukai. Selain digunakan untuk perangkat android/IOS, aplikasi musik Spotify juga bisa digunakan pada desktop dan juga PC, wah menakjubkan bukan?



aplikasi musik


2. Guvera Music


Tidak kalah populer dengan Spotify, Guvera juga merupakan aplikasi musik yang banyak digunakan terutama oleh pengguna ponsel android. Aplikasi Guvera Music adalah aplikasi musik asal Australia. 


Guvera musik memiliki banyak lisensi dengan label-label kelas dunia sehingga semua musik dalam aplikasi ini legal untuk anda dengarkan. Kelebihan Guvera lainnya adalah anda bisa melakukan pencarian musik yang anda inginkan dengan pencarian yang lebih simpel. 


Untuk keanggotaan premium, Guvera akan memberikan fasilitas aplikasi bebas iklan yang tentunya akan lebih nyaman untuk anda.


Aplikasi musik JOOX

3. JOOX


JOOX adalah salah satu aplikasi musik yang juga populer di Indonesia. Aplikasi ini dibuat oleh Tencent Holding Ltd yang merupakan perusahaan yang pernah mengembangkan aplikasi WeChat. 


Aplikasi ini menyediakan banyak lagu dari berbagai genre dan anda bisa mendengarkannya secara legal. Bahkan anda bisa dengan mudah mendownload lagu dan menyimpannya secara offline sehingga bisa anda dengar kembali tanpa menggunakan kuota internet sekalipun.


aplikasi musik

4. SoundCloud


SoundCloud adalah aplikasi streaming musik terbaik selanjutnya. Pengguna aplikasi ini bisa melakukan promosi dengan meng-upload musik atau lagu miliknya sehingga bisa didengar oleh pendengar lainnya. 


Sebenarnya SoundCloud hampir sama seperti Youtube, namun SoundCloud lebih berfokus pada musik saja. Format lagu yang bisa di upload di aplikasi ini diantaranya adalah WAV, MP3, AAC, WMA, dan FLAC.


-


Itulah beberapa aplikasi streaming musik terbaik yang bisa anda coba untuk memberikan anda pengalaman mendengarkan musik secara online maupun offline. 


Seiring dengan berkembangnya dunia online membuat dunia musik juga mengubah cara pandangnya untuk mengembangkan eksistensi dan juga untuk mendapatkan penghasilan mereka. 


Tetapi tetap hargailah perjuangan para musisi, artis, dan penyanyi dengan cara mendengarkan musik mereka secara legal, dan hal itu bisa anda lakukan melalui aplikasi-aplikasi streaming musik di atas. 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang