Kenapa berlari dengan jarak X dengan kecepatan Y di treadmill terlihat lebih mudah daripada berlari dengan jarak X dengan kecepatan Y di tanah terbuka/track?

Dilihat 1,1 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dua faktor fisik utama adalah resistansi angin dan variasi dalam kecepatan belt-nya. Bagi seorang manusia di area permukaan 3/4 m2 yang bergerak dengan kecepatan 4 m/s dengan koefisien gesekan 0,5 (lihat Kinetika Gerakan Manusia) daya yang hilang akibat resistansi angin pada udara tak bergerak adalah sekitar 15 watt. (1/2 x (kepadatan udara) x (4 m/s)3 x 0,5 x 3/4 m2). Ini mungkin adalah 5% dari keluaran daya sang pelari, jadi berlari pada treadmill menjadi lebih mudah sekitar 5%. Ini hanyalah perkiraan kasar, terutama dengan menganggap kaki dan lengan pelari tersebut banyak bergerak selama melangkah.


Sebagai kompensasi agar 15 W itu tidak hilang di udara, anda bisa mengatur inklinasi treadmill sekitar 0,5%, yang akan memberikan konsumsi daya yang sama. Tipikalnya saat anda berlari di luar, udaranya tidak benar-benar tenang dan tanahnya pun tidak sepenuhnya datar, jadi mungkin anda ingin mengatur inklinasi treadmill lebih tinggi untuk menciptakan penggunaan energi yang sama. 1% tampaknya adalah saran yang standar.


Pada kebanyakan treadmill, khususnya yang murah, kecepatan belt berubah sepanjang anda berjalan, melambat saat hentakan, lalu kembali menjadi cepat. Jika belt-nya berjalan pada kecepatan yang konstan, tak akan ada bedanya antara berlari diatas treadmill dan berlari pada permukaan yang sama di luar (kecuali ada angin seperti yang sudah kita sebutkan), namun adanya variasi dalam kecepatan treadmill selama anda melangkah itu berarti belt-nya bisa melakukan pekerjaan terhadap diri anda, bahkan saat diperiksa dalam sebuah frame yang bergerak berdampingan dengan belt tersebut dalam rata-rata.


Tidak mudah untuk melihat bagaimana variasi-variasinya akan mempengaruhi total energi yang anda keluarkan, tapi untuk meminimalkan efeknya, carilah treadmill dengan daya yang tinggi. Tentunya, ada, banyak perbedaan lain antara treadmill dan berlari di luar. Permukaannya berbeda, dan banyak variasi yang bisa anda temui di luar. Sebagian orang bisa merasa yang satu atau lainnya secara psikologis lebih mudah. Apa yang saya nyatakan diatas adalah aspek fisik yang unik pada treadmill.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang