Kenapa daptomycin tidak bisa menyembuhkan Pneumonia?

Dilihat 1,43 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Paru-paru adalah salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh kita. Paru-paru berfungsi untuk bernapas yaitu menghirup udara dari luar dan menghembuskan karbondioksida dari dalam tubuh ke luar tubuh. Alveolus dalam paru-paru merupakan tempat terjadinya pertukaran antara oksigen dan karbondioksida kedalam sel darah. Selanjutnya darah mengedarkan oksigen ke seluruh sel tubuh untuk oksidasi zat makanan, dan sisa oksidasi berupa karbondioksida dibawa lagi oleh darah ke paru-paru untuk dibuang pada saat ekspirasi pernapasan. 


Sebagaimana organ tubuh yang lainya paru-paru juga bisa terkena berbagai penyakit, salah satu penyakit yang sering terjadi pada paru-paru pada bayi dan balita tapi tak jarang orang dewasa juga terkena penyakit pneumonia atau paru-paru basah.


Penyebab paru-paru basah adalah karena adanya infeksi atau peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru, bisa disebabkan oleh virus atau bakteri peradangan tersebut terjadi pada alveolus atau kantung udara. Sebagai obat paru-paru basah, biasanya dokter akan memberi obat antibiotik tergantung dari penyebabnya. 

  

Terjadinya infeksi pada paru-paru ini mengakibatkan kantung udara paru-paru berisikan cairan atau nanah, dampaknya menimbulkan batuk berdahak, pernapasan menjadi sesak atau sulit, terjadi demam dan menggigil. Infeksi penyebab paru-paru basah atau pneumonia ini disebabkan oleh adanya mahluk hidup yang masuk terhirup kedalam paru-paru yaitu berupa bakteri (streptococus pneumonia, Chlamydophila pneumonia atau legionela pneumophila,haemophilus Influenza, klebsiella, atypicals), virus dan jamur. Selain itu penyebab paru-paru basah bisa disebabkan karena system imun atau daya tahan tubuh kita yang sangat lemah sehingga menjadi rentan untuk terserang infeksi dan penyakit apapun. 


paru-paru basah



Gejala Pneumonia atau Paru-paru Basah


Penyebab paru-paru basah  bisa diakibatkan oleh banyak hal diantaranya lingkungan yang kurang bersih sehingga dapat menimbulkan penyakit pada paru-paru

Gejala pneumonia yang beragam mulai dari yang ringan sampai yang berat dapat dipengaruhi bisa oleh faktor usia penderita, kuman penyebab, dan juga kondisi kesehatan tubuh secara umum. Beberapa ciri yang dialami oleh penderita penyakit pneumonia antara lain :

  • Mual dan muntah, mengalami mual dan muntah biasanya akan dialami olah orang yang terkena penyakit pneumonia, akhirnya memicu hilangnya nafsu makan bagi penderita. 
  • Demam, seperti halnya batuk demam pun merupakan respon yang timbul dikarenakan adanya infeksi yang terjadi dalam paru-paru. Oleh karena itu demam merupakan ciri penyakit pneumonia yang disebabkan adanya infeksi bakteri ataupun virus. 

paru-paru basah
  • Banyak berkeringat, di dalam paru-paru yang banyak mengandung cairan, sehingga tubuh berusaha untuk mengeluarkannya dengan keringat. Jadi selain adanya deman juga akan mengeluarkan keringat yang banyak khususnya dibagian tangan, namun tubuh akan menggigil kedinginan. 
  • Sesak napas, jelas ini akan terjadi karena pneumonia adalah penyakit radang paru-paru. Patogen yang menyebabkan penyakit ini terutama menyerang alveoli (kantung-kantung udara)yang merupakan struktur fungsional paru-paru. Ketika paru-paru terjadi peradangan dengan luas, maka sudah pasti akan mengganggu pernapasan yang akibatnya sulit untuk bernapas. Penyakit peneunomia sangat berbahaya karena orang akan sulit bernapas dalam keadaan tertentu bisa berakibat fatal bila tidak segera diobati. 
  • Nyeri dada, seiring dengan terjadinya peradangan yang semakin memburuk, batuk berdahaka juga semakin sering dan tubuh berusaha untuk mendapatkan oksigen yang cukup, sehingga otot dada akan terus berusaha untuk membantu menarik napas dengan benar serta batuk yang semakin sering, maka timbulah kelelahan dan rasa sakit di dada. Dan akan semakin terasa nyeri ketika menarik napas dalam-dalam. 

paru-paru basah


  • Diare, atau sering buang air besar akan banyak dialami oleh anak-anakyang menderita pneumonia, oleh karena itu segera dibawa ke rumah sakit untuk pengobatan agar tidak terjadi dehidrasi. 
  • Perubahan warna bibir dan kuku, adanya sesak napas pada pneumonia bakteri akan menyebabkan kekurangan oksigen dalam sel-sel tubuh. Hal tersebut dapat terlihat jelas dengan adanya perubahan warna bibir dan kuku. Bibir akan berwarna pucat ataukebiruan sementara warna kuku menjadi putih pucat (leukonikia). 
  • Detak jantung semakin cepat lebih dari seratus kali per menit. 

paru-paru basah


  • Batuk, penyakit pneumonia juga dapat menyebabkan batuk yang merupakan respon tubuh dikarenakan adanya penumpukan cairan didalam kantung paru-paru. Batuk yang timbul bisa batuk kering, batuk berdahak biasa bahkan bisa sampai batuk berdarah. 

Peyebab paru-paru basah bisa karena oraganisme bakteri yang meyebabkan Pneumonia antara lain Pneumococcal, Haemophilus Influenza, Atypicals, dan Klebsiella. Begitu juga bagi kamu yang suka merokok, akan memiliki potensi besar penyebab paru-paru basah, maka berhentilah untuk merokok agar terhindar dari penyakit tersebut.  


paru-paru basah


Kenapa Daptomycin Tidak Bisa Menyembuhkan Pneumonia?


Pemberian antibiotic tidak digunakan untuk pengobatan pneumonia karena antibiotic tersebut tidaklah mampu melawan bakteri penyebab penyakit pneumonia termasuk obat paru-paru basah yang tidak mampu melawan bakteri, salah satunya adalah daptomicyn karena beberapa alasan yaitu :


  • Daptomicyn biasa digunakan untuk bakteri yang memiliki banyak resistansi atau kekebalan. 
  • Daptomicyn termasuk obat keras dan termasuk senjata akhir dalam membunuh dan menyembuhkan pneumonia, dan hanya bisa digunakan dalam dosis besar agar lebih efektif. Oleh sebab itu daptomicyn dilarang penggunaanya secara mudah. 
  • Daptomicyn tidak mampu membasmi bakteri penyebab pneumonia karena antibiotic ini menempel dan mengikat pada saluran pulmonairs pada tubuh.  
  • Daptomicyn tidak boleh digunakan untuk pengobatan pneumonia, jika hal ini digunakan maka akan mengalami efek samping yang parah/ kuat terhadap jantung dan masalah pernapasan. Sehingga tidak diperbolehkan dengan mudah, perlu saran dari dokter agar lebih jelas. 
  • Daptomicyun merupakan obat antibakteri yang diindikasikan untuk mngobati infeksi kulit dan jaringan dasar yang disebabkan oleh isolate nrentan bakteri. 
paru-paru basah


Demikianlah beberapa alasan kenapa daptomicyn tidak bisa menyembuhkan pneumonia. Alangkah bijaknya jika hendak menggunakan obat antibiotik ini konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.  

Banyak antibiotik tidak digunakan terhadap pneunomia karena antibiotik tersebut tidak mempan melawan Bakteri peyebab Pneunomia . Salah satunya adalah daptomycin. 

Tapi masih  ada obat dan perawatan lain yang di gunakan, segeralah periksa ke dokter terdekat jika kamu mengalami gejala seperti yang di jelaskan di atas. sehingga dokter akan menangani penyakit kamu dengan cepat. Untuk menyembuhkan pneunomia dengan tuntas kamu harus melakukan pengobatan dengan teratur dan mematuhi nasehat dokter dengan rajin meminum obat yang diberikan, istirahat yang cukup, jangan lupa selalu hidup sehat dengan olahraga dan makan makanan yang bergizi.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang