Kenapa donasi darah diperuntukkan untuk Hepatitis B dan C, kenapa bukan Hepatitis A?

Dilihat 6,75 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Hepatitis A, Hepatitis B,  dan Hepatitis C merupakan penyakit yang disebabkan oleh tiga virus yang berbeda. Walaupun masing - masing mungkin memiliki gejala yang sama, tapi cara transmisi virusnya berbeda - beda dan mempengaruhi hati dengan cara yang berbera pula. 


Hepatitis A merupakan penyakit yang akut atau jenis infeksi yang hanya terjadi sementara, dan tidak berkembang menjadi penyakit kronis.Virus hepatitis A menyebabkan peradangan akut pada hati (hepatitis) yang biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Tapi kalau kita sudah agak berumur ketika terkena hepatitis A, mungkin akibatnya bisa lebih serius. Hepatitis A dapat menular dengan mudah melalui makanan dan air, dan bisa menyerang banyak orang pada saat yang bersamaan (misalnya : koki di sebuah restoran terinfeksi, maka orang - orang yang memakan makanannya juga bisa terinfeksi).


Sementara itu virus hepatitis B bisa berkembang menjadi penyakit yang akut (bersifat sementara) ataupun kronis (terus-menerus) dan menular melalui darah atau cairan tubuh lainnya dengan berbagai cara. Hepatitis B sering terjadi di negara - negara Asia dan Afrika. Oleh karena itu orang - orang yang lahir dan tinggal di daerah tersebut harus melakukan pengecekan terhadap hepatitis B. Virus hepatitis C hampir selalu berkembang menjadi penyakit kronis dan hanya menular melalui darah. 


Hepatitis A dan B dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi, tapi tidak demikian dengan hepatitis C. Saat ini ada banyak pengobatan yang bisa mengobati hepatitis B dan hepatitis C kronis.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang