Kenapa film The Exorcist dianggap sebagai film horor yang paling mengerikan sepanjang masa?

Dilihat 634 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Film horor adalah film yang berusaha untuk memancing emosi berupa ketakutan dan rasa ngeri dari penontonnya. Alur cerita mereka sering melibatkan tema-tema kematian, supranatural, atau penyakit mental. Banyak cerita film horor yang berpusat pada sebuah tokoh antagonis tertentu yang jahat. Dalam film ini tokoh utama sering digambarkan sebagai makhluk jahat yang suka melukai atau bahkan membunuh tokoh lainnya. Sebagaimana film The Exorcist, tokoh utama dalam film ini digambarkan sebagai manusia yang dirasuki oleh iblis dan bertingkah laku brutal tidak selayaknya manusia.


Ringkasan Film The Exorcist


The Exorcist merupakan sebuah film horor yang bercerita mengenai ritual pengusiran setan yang dilakukan oleh beberapa pastur terhadap orang yang kesurupan. Cerita ini diangkat dari sebuah novel dengan latar belakang kejadian yang nyata. Dari alur cerita novel yang menegangkan tersebut, kemudian para sineas membuatnya dalam sebuah film horor layar lebar. Pengalaman cerita mistis yang dibawakan dalam film tersebut berhasil memicu adrenalin yang membuat penontonnya berdecak ketakutan ketika melihatnya. Alhasil dalam peluncuran film tersebut, banyak orang penasaran dengan peristiwa mistis tersebut dan menjadikannya film horor terbaik sepanjang masa.


The Exorcist adalah sebuah film horor Amerika Serikat yang diadaptasi dari novel tahun 1971 dengan judul yang sama karya “William Peter Blatty”, mengenai seorang gadis kecil yang kerasukan setan dan usaha nekat ibunya yang mencoba menyembuhkan putrinya lewat eksorsisme (ritual pengusiran setan) yang dilakukan oleh dua orang imam Katolik. Film ini menampilkan Ellen Burstyn, Linda Blair, Max Von Sydow, Kitty Winn, Lee J. Cobb, Jason Miller dan Mercedes McCambridge. Baik film maupun bukunya terinspirasi dari sebuah praktik eksorsisme yang tercatat pada tahun 1949 atas seorang bocah laki-laki berusia 14 tahun. Film ini merupakan salah satu dari sekian banyak genre film horor terbaik sepanjang masa.




Jika dilihat dari hasil pendapatan, film ini menjadi salah satu film horor paling menguntungkan sepanjang masa dan memperoleh penghasilan kotor sebesar $402.500.000 di seluruh dunia. Film ini juga memperoleh sepuluh nominasi Piala Oscar - memenangkan dua di antaranya untuk penataan suara terbaik dan penulisan skenario adaptasi terbaik. Bersama-sama dengan novel yang mendasari film ini, cerita karangan Blatty ini telah diterbitkan berulang kali selama bertahun-tahun. The Exorcist merupakan film horor paling menyeramkan sehingga pernah dilarang untuk tayang di kota-kota individual dan negara karena alasan terlalu mengerikan atau menakutkan, dan juga karena alasan agama di beberapa negara.


Dilihat dari alur ceritanya, film ini berkonsep sama dengan novelnya, dimana menggabungkan 3 skenario menjadi 1 keutuhan cerita yang berpusat pada kerasukan setan pada seorang gadis berumur 12 tahun bernama “Regan MacNeil”. Film The Exorcist dibuka dengan adegan penggalian sebuah situs kuno di Nineveh, Irak. Seorang penggali yang kemudiannya diketahui sebagai “Bapa Lankester Merrin” (Max Von Sydow), menemukan sebuah batu berukir gambar makhluk yang mengerikan. Batu tersebut diberikan penjelasan oleh Bapa Merrin sebagai patung Pazuzu, simbol paganisme yang melambangkan setan. Kemudian adegan berpindah ke Washington, D.C dimana seorang pastur muda bernama “Bapa Damien Karras” (Jason Miller) yang kini sedang mengalami krisis kepercayaan kepada Tuhan karena beban hidup yang berat ditambah ibunya sendiri yang sakit-sakitan.


Dalam pusat cerita, kita menemui seorang gadis berumur 12 tahun bernama Regan MacNeil yang kini mulai mendapat gejala aneh baik dari dirinya sendiri maupun di sekitarnya. Sang ibu, yaitu “Chris MacNeil” yakin bahwa segala tanda tersebut hanyalah trauma dari perceraian antara Chris dan ayah Regan. Namun setelah dibawa ke berbagai dokter, justru keadaan Regan bertambah lemah. Seiring bergeraknya hari, tabiat Regan mulai berubah dan wajahnya berubah pucat dan mengerikan. Suaranya kadang bisa berubah menjadi suara laki-laki dan fenomena poltergeist sering terjadi di kamarnya. Segalanya bertambah parah saat Chris MacNeil yang setuju untuk merawatnya sementara, namun gejala gangguan setan semakin menjadi.


Dokter-dokter yang putus-asa, menyarankan Chris untuk meminta sebuah pengusiran setan yang dilakukan oleh pastor. Chris bermaksud menemui Bapa Karras yang dikenalinya sebagai pendeta juga psikiater. Setelah menemui Regan, Regan yang sedang setengah kerasukan mengaku bahwa ia memang dirasuki setan, tetapi bukan oleh setan biasa, melainkan oleh Iblis sendiri. Bapa Karras kemudian setuju untuk melakukan pengusiran setan dan kini meminta bantuan Gereja untuk mengirimkan seseorang yang lebih senior, maka Gereja memanggil Bapa Merrin untuk melakukan pengusiran setan bersama Bapa Karras karena Bapa Merrin sudah berpengalaman. Meskipun Gereja mengetahui bahwa Bapa Merrin memiliki penyakit lemah jantung yang membuatnya dibebas-tugaskan beberapa tahun lalu.




Pada klimaksnya, Bapa Karras dan Bapa Merrin berusaha mengusir setan dari tubuh Regan dan setelah berkali-kali diberikan beban mental dan verbal pada mereka berdua. Namun ditengah prosesi pengusiran tersebut Bapa Merrin meninggal karena serangan jantung sebelum sempat menelan CPR miliknya, Bapa Karras yang melihat hal itu berusaha menolongnya namun terlambat. Bapa Karras mencekik Regan dan meminta kepada setan di dalamnya agar merasuki dirinya saja. Setan itu kemudian memasuki Bapa Karras yang kemudian menerjunkan dirinya sendiri ke jendela di lantai 2 itu, membuat tubuhnya terjatuh dan terguling di tangga curam dekat rumah tersebut dan meninggal. Setelah akhir peristiwa tersebut, Regan dan Chris memutuskan untuk meninggalkan Washington dari segala trauma. Regan tidak mengingat sama sekali mengenai kejadian pengusiran setan darinya.


Fakta Mengerikan Dari Film The Exorcist


Selain mengandung cerita mistik yang membuat penontonnya merasa ketakutan, dalam film ini juga mengandung cerita mengerikan yang terjadi di dunia nyata. Sehinga sangat pantas ketika film The Exorcist ini mendapat julukan sebagai film horor paling menyeramkan yang pernah diproduksi di Hollywood.


  • Dirilis tahun 1973, The Exorcist disebut-sebut film klasik paling menyeramkan sepanjang sejarah. Cerita The Exorcist merupakan kisah nyata tentang seorang bocah lelaki dari pinggiran Washington D.C yang kerasukan setan pada tahun 1949. Kasus ini dikenal dengan sebutan “St. Louise Exorcism Case”. Hal-hal mengerikan sudah terjadi selama proses syuting film horor ini berlangsung. Bahkan banyak sutradara atau pemain yang menolak menangani proyek ini karena takut mendapatkan kutukan. Benar saja, salah seorang pemeran utama dari film The Exorcist tertabrak motor menyebabkan cedera berat.

  • Ritual pengusiran setan tahun 1949 itu dipimpin Pastor William Bowdern. Ia memberitahu Allen bahwa itu adalah ' hal yang nyata' dan Bowden meninggal pada tahun 1983. Bowdern dibantu oleh Pendeta Walter Halloran dan dia (Halloran) menceritakan tentang kondisi anak tersebut betapa ia sangat menderita. Ketika hanya sedikit pembicaraan tentang ritual "Anak itu takut dan bingung, seolah terjebak dalam sesuatu yang dia tidak mengerti".

  • Seorang pengunjung bioskop yang sedang menonton film saat dirilis tahun 1974 jatuh pingsan dan mengalami patah rahang akibat terbentur kursi penonton didepannya. Akibat kejadian itu, ia menuntut Warner Brothers dan sutradara, ia mengklaim bahwa film tersebut menggunakan gambar yang menarik alam bawah sadarnya, sehingga menyebabkan ia pingsan. Kemudian, kasus ini diselesaikan di pengadilan secara tertutup. Ketika itu, film ini membawa pengaruh yang kuat kepada banyak penonton di bioskop, tim paramedis dipanggil untuk mengobati orang-orang yang jatuh pingsan atau orang yang keluar dari bioskop secara histeris.

Sebuah karya sastra yang didasari peristiwa nyata dan kemudian diangkat sebagai sebuah film horor yang bombastis disepanjang masa. Film The Exorcist ini membuat penontonnya mengalami sebuah pengalaman menegangkan dari cerita mistis yang dibawakannya. Oleh karenanya dari beberapa peristiwa yang melatar belakangi cerita film The Exorcist ini dan beberapa peristiwa yang terjadi setelah penayangannya, maka tidak heran jika film ini dinobatkan sebagai film horor terbaik sepanjang masa.


Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang