Kenapa Xiaomi bisa mengeluarkan handphone murah dengan kualitas hardware yang sangat baik?

Dilihat 6,1 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Perkembangan alat komunikasi yang semakin canggih, dan para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas produknya dengan harga yang bisa diterima oleh konsumen. Hp Xiaomi merupakan produk salah satu merk andalan dari dari negara Cina. 

Jangan salah, produk buatan Tiongkok tidak selalu jelek lho, terkadang mereka juga mempunyai kualitas yang tidak kalah bagusnya dengan produk dari negara lain. 


Salah satu alasan mengapa beberapa produk dari Cina memiliki harga murah adalah karena sistem pemasaran Xiaomi berbeda, mereka tidak mengeluarkan uang untuk iklan tradisional atau iklan pada umumnya. Mereka memang tidak punya jaringan utama toko mereka sendiri yang perlu dijaga seperti distributor dan sales-sales toko. 

Sebagai gantinya, mereka melakukan hal lain dengan biaya tersebut, dan menjual produk mereka secara langsung ke pembeli lewat e-commerce, termasuk dengan Xiaomi Indonesia ketika memasarkan produk-produk dan hp Xiaomi terbaru mereka


hp xiaomi terbagus

Bisa dikatakan bahwa hp Xiaomi adalah hp yang spesial, karena di samping harganya murah namun berkualitas sangat bagus, ada yang mengatakan kalau hp Xiaomi setara dengan iPhone



5 Fakta dan Alasan yang Membuat Smartphone Xiaomi Sangat Murah


Sekarang, semua orang kaget dan kagum dengan kenyataan bagaimana merk ini dapat menjual produknya dengan harga yang rendah dengan kualitas bagus. Beberapa orang berpikir karena itu produk yang dibuat Cina yang tidak tahan lama dan karena itu harganya rendah dan pikiran negatif lainnya yang sering muncul.

Kenapa HP Xiaomi bisa memiliki harga murah dan kualitas hardware yang sangat baik?


Simaklah beberapa alasan di bawah ini:


  • Penjualan dilakukan langsung secara online tanpa iklan

Alasan pertama dan terutama adalah, HP Xiaomi tidak melakukan iklan sama sekali, dan hal itu menghemat banyak uang. Perusahaan tersebut benar-benar bergantung pada jaringan media sosial dan Xiaomi Fan Group yang menyebar luaskan merk Xiaomi dari mulut ke mulut. Dan pada kenyataannya, hal itu berjalan dengan cukup baik. Dengan tidak adanya toko distributor, merk ini tidak mendatangi perantara (seperti penjaga toko, pengecer), mereka hanya fokus menjualkan produk mereka secara online via Flipkart, Amazon, dan Snapdeal, serta sedikit toko-toko offline. Jadi, karena mereka tidak mendatangi pengecer, tidak akan ada batas pengecer dan hal itu dapat memotong kelebihan biaya.


hp xiaomi terbaru

  • Penjualan Kilat

Banyak penggemar dan pengguna hp Xiaomi yang mengkritik kebijakan jual kilat oleh Xiaomi, karena mereka menawarkan produk dengan kuantitas atau jumlah yang sangat kurang dan tidak akan dapat memenuhi permintaan pembelinya. Sekarang, jual kilat membutuhkan stok produk yang sedikit terbatas. Jadi, artinya perusahaan hanya memproduksi angka pasti misalnya 40.000 tipe hp tertentu dan menjualnya secepatnya, hal ini membantu dalam menghindari biaya gudang dan perawatan inventaris.


  • Ekspansi ke Luar Batas Lokal

Xiaomi tidak menjual barang mereka hanya ke sekelompok kecil pembeli. Mereka telah dan terus menerus memperluas sasaran dagang mereka ke banyak negara. Sekarang ini, mereka menjual produk mereka ke Cina, sebagian besar negara-negara di Asia Tenggara, India, Brazil, Rusia, dan Meksiko termasuk di Indonesia.  

Jadi, apa yang sedang mereka kerjakan ini seperti sebuah ungkapan 'tetesan demi tetesan lama-lama akan menjadi lautan', dalam ungkapan bahasa kita sama seperti 'sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit'. Begitu pula dengan pembeli mereka, sedikit demi sedikit, lama-lama akan semakin luas, sama seperti penyebaran Xiaomi Indonesia


harga hp xiaomi


  • Menawarkan Harga Rendah - Menarik Lebih Banyak Konsumen

Para pebisnis hebat sering mengatakan hal ini kepada rekan-rekan mereka yang baru memulai usaha sebagai sebuah nasihat.


---  Jika kau menjual produk buatanmu seharga 180 karena biaya produksinya adalah 100 dan para penjual lain menjual barang serupa dengan kisaran harga yang sama, maka kau hanya akan mampu menjual beberapa buah saja.

Tapi jika kau menjualnya seharga 110 sementara penjual lain tetap dengan harga mereka yang jauh lebih tinggi, maka cepat atau lambat permintaan konsumen akan produk buatanmu akan melonjak sangat tinggi. Pada akhirnya, kau akan menyadari bahwa kau telah mendapatkan keuntungan lebih banyak daripada mereka yang menjual dengan harga jauh lebih tinggi. Semua itu karena kau menjual barang jauh lebih banyak daripada mereka, walaupun selisih harga yang kau berikan sangat berbeda jauh.  ---


Kasus yang sama terjadi pada Xiaomi dan produk serupa lainnya yang menawarkan harga jauh lebih tinggi.



  • Rekan Xiaomi

Banyak yang tidak mengetahui bahwa rekan merk ini adalah satu perusahaan bernama Qualcomm. Qualcomm adalah perusahaan yang terkenal di seluruh dunia karena processor mobile-nya yang sangat kuat. Banyak merk smartphone yang menggunakan Qualcomm sebagai processor smartphone mereka, termasuk Xiaomi. Nah, Xiaomi yang menjadi rekan perusahaan Qualcomm mendapatkan keuntungan dalam hal ini, yaitu harga processor yang jauh lebih rendah dibandingkan harga yang didapatkan oleh pabrik smartphone lainnya. Tentu saja hal ini mempengaruhi produksi harga smartphone Xiaomi, dan dapat melepas produk mereka dengan harga yang sangat miring.



Xiaomi Redmi note 2, Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi MI4A, dan Xiaomi MI5 adalah hp Xiaomi terbaru dengan kualitas nyaris sempurna dengan keunggulan yang tidak diragukan lagi. Sistem operasi pada rata-rata hp Xiaomi sudah menggunakan OS android terbaru, yaitu versi Lollipop yang sudah setara dengan iOS, dan didukung dengan berbagai aplikasi terpopuler yang bisa kamu download di Play Store.

Harga HP Xiaomi yang telah disebutkan di atas juga terjangkau, tidak overprice, dan tidak akan menguras kantong anda. 


tipe hp xiaomi



Namun yang perlu diingat sebelum membeli hp Xiaomi, ada satu hal yang menjadi kekurangannya, yaitu sulitnya mencari service center resmi. Dikarenakan sistemnya yang merupakan e-commerce, hingga sejauh ini Xiaomi Indonesia hanya memiliki satu kantor pusat di Jakarta. Jadi apabila kamu membeli produk Xiaomi dan mengalami kerusakan, kamu harus mengirimnya ke Jakarta jika kamu ingin mendapatkan perawatan yang bergaransi resmi. Hal ini tentu akan memakan waktu beberapa minggu, bahkan hingga beberapa bulan.


Selain itu, tidak semua produk besutan Xiaomi masuk ke Indonesia. Sebaiknya periksa dulu barang-barang apa saja yang dijual atau didistribusikan secara resmi di Indonesia.


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang