Kenapa homoseksual disebut gay?

Dilihat 1 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Transisi dalam makna gay dari "riang", melalui berbagai tingkatan dari sindiran dan eufemisme seksual, sampai dengan penerimaannya hari ini sebagai pernyataan langsung dari orientasi seksual seseorang sulit untuk digambarkan dengan tingat kepastian tertentu.


Kutipan terbaru dari gay dalam arti "seseorang:homoseksual; (dari tempat, lingkuang, cara hidp, dll) yang berhubungan dengan homoseksual" adalah dari tahun 1922. Meski begitu, sementara menandari penggunaan semacam itu sebagai "bahasa slang", Oxford memperingatkan, "Sangat mungkin bahwa meski terdapat sindiran dalam beberapa kasus, hal ini sudah diartikan sebagai sesuatu yang menyalahi jaman baik dalam konteks... atau dari pengetahuan mengenai seksualitas penulis". Oleh karena itu, sulit untuk menilai secara pasti seberapa spesifik Noel Coward dalam penggunaan gay pada lirik lagunya di tahun 1929. 


Kutipan tahun 1940 jauh lebih spesifik, "Gay, kata sifat yang digunakan hampir secara ekslusif oleh homoseksual untuk menandakan homoseksualitas, ketertarikan seksual, persetubuhan, atau kurangnya pengendalian pada seseorang, tempat, atau acara".  Di tahun 1948, Gore Vidal menulis bahwa, "kata banci dianggap memiliki selera buruk. Lebih modern untuk mengatakan bahwa seseorang adalah gay". Dari sudut pandang Inggris, kata gay mulai diterima sebagai kata yang wajar sejak tahun 60an, pertama kali melalui aktifitas fron pembela gay, lalu dengan didirikannya koran kampanye Gay News di tahun 1972.


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang