Kenapa ikan hias peliharaanku mati?

Dilihat 4,98 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sebagai tambahan dari beberapa komentar (yang semuanya sudah tepat), aku belum melihat siapapun yang menyebutkan tentang dibutuhkannya siklus dalam tangki. Ketika zat organik berada dalam tangki ikanmu - entah karena ampas, makanan yang tidak termakan, zat tanaman yang membusuk, dll - pembusukan, melepaskan amonia. Amonia adalah racun bagi ikan (memiliki komponen yang sama ketika paru-parumu sakit ketika kamu menghirup uap Windex), tetapi untungnya masih ada sedikit bakteria yang mengubah amonia menjadi nitrit.


Sayangnya, nitrit jugalah racun bagi ikan, tetapi masih ada (lagi) sedikit bakteria yang mengubah nitrit menjadi nitrat. Nitrat hanya akan berbahaya dalam konsentrasi tinggi. Kebanyakan aquarist (pecinta aquarium) berusaha untuk menjaga nitrat dibawah 20ppm atau lebih, tetapi dalam beberapa kasus dibutuhkan konsentrasi yang lebih rendah lagi, seperti dalam tangki berisi air asin dengan karang. Kamu bisa membeli kotak uji (test kit) di toko hewan peliharahan lokal atau melalui Amazon - kebanyakan orang menggunakan API Freshwater Master Test Kit. Jangan buang uangmu untuk kertas strip, kertas itu sangatlah tidak akurat. Aku juga tidak akan percaya pada pekerja di toko hewa peliharaan untuk menguji airmu, karena setengah diantaranya mereka tidak tahu apa yang mereka katakan, dan mungkin mereka hanya bilang "tidak apa-apa" tanpa memberitahumu konsentrasi yang sebenarnya. Ketika kamu pertama kali memasang tangkimu dan memasukkan ikan kedalamnya, belum ada koloni bakteria nitrifikasi. Mereka akan tumbuh secara alami, tetapi sementara itu, ikanmu telah terkena racun amonia yang berkumpul dalam tangki tersebut.


Ada beberapa cara untuk mempercepat proses ini:

  1. Kalau kamu mempunyai teman yang memiliki sebuah tangki ikan, mereka mungkin bisa memberikanmu bagian dari media filter mereka. Bateria tidak tinggal dalam air - jadi JANGAN dengarkan orang lain yang mengatakan "ini, ambil sebagian air tangkiku." Hal itu tidak akan mengubah apapun, karena bakeria tinggal di permukaan - pada tingkat tertentu ada yang diatas tembok atau dekorasi lainnya, tetapi kebanyakan ada pada media filter, karena filter tersebut sangat berpori dan ada banyak area permukaan yang menjadi tempat bakteria untuk tumbuh. Teman yang memiliki tangki yang baik dapat memberikan sedikit porsi dari media filter mereka, dan secara instan tangkimu akan memiliki siklus.
  2. Ada beberapa produk yang menyatakan mereka berisikan bakteria yang kamu butuhkan. Mereka bilang kamu dapat membuang botolnya ke dalam tangki, dan dalam beberapa minggu tangkimu akan bersiklus. Hanya ada satu merk yang dapat dipercaya oleh aquarist veteran (aku tidak begitu ingat nama mereka); sisanya dapat diasumsikan sebagai penipuan. SUDAH PASTI jangan percaya produk apapun yang mengatakan kamu harus menambahnya setiap minggu - artinya produk itu berisikan bateria yang hidup dalam tanah (bukan yang khusus air) - kamu harus menambahnya setiap minggu karena bakteria itu mati dalam air! Hal ini tidak akan membantumu dalam siklus panjang, jadi hindari dengan segala cara.
  3. Apa yang dilakukan oleh kebanyakan penjaga ikan baru adalah "siklus dalam ikan;" dimana, mereka membeli ikan yang dikenal kuat dan membiarkan mereka menanggung beban dari amonia selagi koloni bakteria itu bertumbuh. Sudah jelas banyak orang yang telah melihat kesalahan dari cara ini!
  4. Pilihan tepat lainnya adalah pergi ke Ace Hardware dan pilih botol amonia murni (pastikan tidak ada surfaktan apapun dalamnya - seharusnya ketika dikocok tidak menghasilkan busa/gelembung). Tambahkan secukupnya untuk mendapatkan konsentrasi dalam tangkimu (tentu saja TANPA ikan!) sekitar 2pp, dan periksalah secara rutin. Seharusnya kamu akan melihatnya mulai turun ketika koloni bakteria berkumpul di media filter. Hingga akhirnya nitrit naik, kemudian turun ketika nitrat naik. Tangkimu sudah bersiklus secara aman ketika kamu dapat memproses paling tidak 1ppm amonia dalam 24 jam. Kalau kamu tidak dapat menemukan amonia, kamu bisa juga menggunakan makanan ikan yang dihancurkan atau dengan sebongkah udang kecil - tetapi cara ini lebih memilki bau yang tidak enak. 

Setelah tangkimu melakukan siklusnya, jangan beli produk dari perusahaan yang mengatakan untuk mengganti media filtermu setiap dua minggu. Kamu akan kehilangan bakteria-bakteria dan semua kerja kerasmu! Media filter harus diganti kelau filter itu sudah benar-benar rusak, yang nantinya akan terjadi kalau kamu menggunakan yang tipe busa. Ketika waktunya tiba, jangan membeli media filter baru dan langsung menaruhnya di filter dengan barang-barang lama. Tunggu beberapa minggu sehingga media baru tersebut dikoloni oleh bakteria lama, kemudian kamu dapat membuang media lama mu.


Setiap kali kamu menambah ikan, ingatlah jumlah produksi amonia akan meningkat pula, jadi akan ada penundaan sebelum koloni bakteria tersebut meningkat untuk mengatasi amonia tersebut. Ketika hal ini terjadi, kamu dapat menambah conditioner air yang menetralisir amonia dalam tangki - kebanyakan orang yang aku tahu menggunakan Seachem Prime, tetapi ada juga yang lainnya.


Kuharap ini membantumu, dan semoga beruntung kepadamu dan juga ikan-ikanmu!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang