Kenapa Indonesia lebih damai dari negara lainnya yang didominasi oleh agama Islam Sunni?

Dilihat 1,11 rb • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Orang Indonesia adalah orang Indonesia pertama,  dan kemudian umat Islam. Indonesia sangat bangga dengan negara mereka, dan bukan merupakan negara Islam,  meskipun mayoritas Muslim. Ideologi bangsa Indonesia adalah berdasarkan Pancasila,  sebuah doktrin yang memiliki semboyan "Bhinneka Tunggal Ika". Sebuah kalimat sansekerta yang berarti "Satu dalam perbedaan". Karena itu,  membuat kemajemukan etnis dan agama dilindungi oleh hukum. Juga,  kami tidak berbagi budaya timur tengah yang sebagian besar Negara Islam lainnya melakukannya. Budaya Indonesia sebagian besar berdasarkan pada tradisi Budha dan Hindu,  sehingga kekerasan sebagai interpretasi dari Quran dan hal-hal budaya seperti pembunuhan kehormatan sangat asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. 


Organisasi muslim terbesar adalah Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah,  baik kelompok Sunni yang dianggap sangat moderat. Dan keduanya penting dalam membangun bangsa Indonesia itu sendiri dan karenanya memiliki saham dalam melestarikan "Bhinneka Tunggal Ika" sebagaimana layaknya. Ini juga tercatat sampai 10 tahun yang lalu,  jika anda bertanya pada orang Indonesia di jalan (seperti ayah saya misalnya) mengenai jenis Muslim mereka,  mereka tidak akan tahu apakah mereka Sunni,  Syiah atau Sufi dll. Kebanyakan orang Indonesia menyakini Islam adalah Islam. Jadi,  anda dapat melihat bahwa Islam di Indonesia jauh lebih dari HANYA sebuah agama,  tanpa omong kosong politik,  yang negara-negara Muslim lainnya memasukannya dalam agama mereka juga. 


Sayangnya,  beberapa hal tampak berubah perlahan-lahan. Dengan Indonesia menjadi negara demokrasi yang tepat,  berbagai kelompok radikal seperti Hizbur Tahrir dan FPI telah bermunculan keluar,  dan banyak aspirasi Indonesia untuk meninggalkan akar kemajemukan. Saya berharap bahwa hal itu tidak akan datang,  dan bahwa Indonesia dapat tetap memegang pluralistik seperti yang diimpikan oleh para pendirinya. 

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang