Kenapa Indonesia sering diabaikan media barat?

Dilihat 4,33 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

kenapa indonesia diabaikan media barat


Jika Anda membaca berita dari media asing, terutama media barat seperti Amerika dan daerah Eropa, Anda akan menyadari bahwa sudah lama mereka tidak pernah menyoroti Indonesia secara mendalam. Mungkin hal ini akan memberikan kesan seolah media barat mengabaikan Indonesia, benar tidak?

Apakah benar negara kita diabaikan oleh media barat? Bisa ya, bisa tidak. Mengapa? Karena ada beberapa alasan masuk akal yang mungkin menjadi penyebab mengapa mereka tidak membahas negara kita dengan terperinci.


Memang pasti rasanya kesal apabila kita merasa bahwa negara Indonesia telah berkembang pesat namun negara besar seperti Amerika tetap menganggap seolah kita tidak ada karena minimnya pemberitaan di media mereka. Keinginan agar Indonesia dikenal dengan citra yang baik tentu adalah hal yang wajar, itu adalah salah satu bentuk nasionalisme kita sebagai warga negara.


Namun sebelum terpancing emosi dan menjerit 'asing' atau 'aseng' dan menyalahkan pemerintah atas segala hal yang terjadi di bumi ini (haha), mari lihat beberapa alasan kenapa Indonesia diabaikan oleh media barat berikut ini. Dan selain itu, apa benar Indonesia memang diabaikan oleh media asing?



Kemungkinan Penyebab Indonesia Diabaikan oleh Media Barat



kenapa indonesia diabaikan media barat



Sebenarnya ini adalah sebuah pertanyaan kritis yang baik. Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa Indonesia sebagai negara besar berpenduduk mayoritas muslim dengan perkembangan ekonomi yang sangat baik dan terletak di titik lokasi yang sangat aktif dan dinamis bisa luput dari mata dunia barat?


Dan media barat ini siapa yang dimaksud? Amerika atau Eropa? Untuk mudahnya, mari kita asumsikan bahwa media barat yang kamu maksud adalah Amerika.



Berikut ini adalah beberapa alasannya menurut pendapat saya:



  • Situasi Indonesia tidak cocok dengan narasi yang ingin diberitakan oleh media


Indonesia bukanlah sebuah negara dengan kisah sejarah panjang yang keberadaannya akan mengancam dominasi Amerika Serikat (tidak seperti Cina atau India). Indonesia juga bukanlah sebuah negara diktator yang membahayakan Amerika seperti Venezuela, Korea Utara, atau Iran. 


Negara kita juga tidak ada hubungannya dengan Perang Dingin seperti Rusia atau Kuba. Terakhir, Indonesia juga tidak sedang berperang dahsyat dan dilanda kemiskinan hebat seperti Afganistan, Irak, atau negara-negara di Afrika.


Indonesia adalah negara tenang, sebuan negara demokratis dengan kekuatan militer yang tidak terlalu besar dengan ekonomi yang terus berkembang dengan stabil. Tidak ada kericuhan di negara kita dan tidak menunjukkan anti atau pro terhadap Amerika secara berlebihan.



  • Indonesia memiliki ekonomi yang besar, namun tidak terlalu berkaitan dengan Amerika


Indonesia memang merupakan negara dengan populasi terbesar ke 4 di dunia, namun peringkat 27 dalam urutan negara-negara mitra dagang Amerika Serikat, masih di bawah Swis, Malaysia, Irak, dan Singapura.


Maka, tidak banyak berita ekonomi Indonesia yang dapat membuat media barat tertarik.



  • Sulit bagi mereka untuk membuat laporan yang berkualitas dari Indonesia


Sangat sedikit orang Indonesia yang mampu berbahasa Inggris dengan baik, dan tidak banyak orang barat yang mempelajari atau menguasai bahasa Indonesia. Indonesia terdiri dari 18.000 pulau-pulau dan kebanyakan hanya bisa dijangkau menggunakan kapal kecil, bukan pesawat terbang. Ini adalah permasalahan linguistik, etnis, dan grup kebudayaan yang sulit untuk dimasuki.


Juga merepotkan bagi banyak jurnalis karena tidak ada penerbangan dari Jakarta langsung menuju ke Amerika. Lebih mudah bagi mereka untuk pergi ke India, dan masyarakat di sana juga berbicara bahasa Inggris dengan sangat baik.



  • Tidak banyak orang Indonesia di barat, menyebabkan mereka tidak familiar dengan Indonesia


Tidak banyaknya orang Indonesia di negara mereka juga merupakan salah satu alasan kenapa Indonesia diabaikan media barat. Meskipun ada komunitas orang Indonesia yang cukup besar di Belanda, namun tidak ada lagi di tempat lainnya. Tidak banyak orang Indonesia di Amerika Utara atau Eropa Utara. 


Pada sensus penduduk di AS pada tahun 1990, tercatat ada 30.000 orang yang diidentifikasi sebagai Indonesia-Amerika. Sebagai perbandingan, total jumlah Korea-Amerika pada sensus itu adalah 57 kali lipat, yaitu sekitar 1,7 juta jiwa.


Untuk beberapa alasan tertentu, imigrasi orang Indonesia ke Amerika memang selalu rendah. Tidak ada 'Little Indonesia' di Amerika Utara. Bahkan sangat sedikit juga restoran Indonesia yang bisa ditemukan di sana. Sangat sedikit orang barat yang mengetahui tentang Indonesia, dan mereka biasanya tidak terlalu suka mencari tahu informasi mengenai sebuah negara asing yang jarang mereka dengar.



Alasan Lain Mengapa Indonesia Jarang Diulas Media Barat



media barat mengabaikan indonesia



Beberapa contoh di atas adalah kemungkinan alasan yang sebenarnya cukup menyerang (memojokkan) Amerika, dan bisa saja salah karena hanya merupakan pendapat saya. 


Maka, di bawah ini saya berikan kemungkinan lain yang berlaku bagi media barat secara keseluruhan, meliputi Amerika dan Eropa.



  • Berita itu spesifik terhadap lokasi


Apa yang dianggap penting oleh Eropa, seperti pengungsi dari Afrika, mungkin tidak dianggap penting di Amerika dan begitu pula sebaliknya, apa yang terjadi di Amerika tidak terlalu penting dan berdampak bagi kehidupan di Eropa.

Berita mengenai pemilihan presiden di Amerika dan sebagainya tetap ditayangkan, tapi sebagai news tickers dan bukan berita utama.


Begitu pula dengan berita di Indonesia. Mungkin karena minimnya pemberitaan ini, kamu jadi merasa media barat mengabaikan Indonesia, namun pada dasarnya bukankah kita lebih tertarik dengan apa yang terjadi dengan tetangga dekat kita? 


Seperti badai di Filipina dan angin topan di Amerika, media kita pun lebih gencar memberitakan mengenai bencana di Filipina, bukan Amerika karena lokasi kita lebih dekat dengan negara Filipina.



  • Berita itu spesifik terhadap domain


Seorang peneliti biomedis tidak akan tertarik dengan Indonesia karena memang tidak ada hal berkaitan dengan biomedis yang sedang berkembang. Sementara itu, seorang manajer yang berfokus pada pasar forex yang berkembang tentu akan mengikuti segala hal tentang Indonesia, baik dari segi politik, indikasi ekonomi, hingga berita secara umum.


Dari pendekatan ini, kamu bisa melihat bagaimana makna sebuah berita dan media. Sebuah obyek pemberitaan harus merupakan sesuatu yang menarik dan dianggap penting oleh masyarakat yang akan menerima berita tersebut.


Indonesia bukanlah mitra dagang Amerika yang terbesar, negara kita juga tidak terikat militer secara khusus dengan negara lain, maka dari itu tidak banyak yang bisa media tawarkan dalam pemberitaan mengenai Indonesia.



  • Kapasitas berita yang terbatas


Kemampuan para jurnalis dan jumlah berita yang dapat ditampilkan tentu saja terbatas, tidak masuk akal dan tidak mungkin mereka sanggup meliput segala hal yang terjadi di bumi ini.


Lalu kenapa Indonesia diabaikan media barat? Karena editor dipaksa untuk memilih berita yang paling menjual, yang sekiranya dianggap menarik oleh pembaca atau penonton berita mereka. Jika ada berita mengenai pemilihan presiden di Yunani, pertandingan Super Bowl, dan pemilihan presiden Indonesia, mereka tentu akan memilih Yunani sebagai headline.


Bukan karena mereka tidak peduli Indonesia, namun ini adalah permintaan dari dari masyarakat, bagaimanapun media tetap melakukan kegiatan ekonomi dan membutuhkan keuntungan.


-


Pada kenyataannya, belakangan ini Indonesia cukup sering diliput oleh media Barat. Sebut saja, karena pembukaan Asian Games, prestasi para menteri kabinet pemerintahan saat ini, keindahan Surabaya, serta perebutan saham Freeport yang fenomenal.


Indonesia saat ini sedang berkembang ke arah yang lebih baik dan bukan sebaliknya, dan dijamin Indonesia akan lebih maju di tahun 2020. Jadi tenanglah dan nantikan berita luar biasa mengenai Indonesia yang selanjutnya!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang