Kenapa Indonesia tak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel?

Dilihat 4,13 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sampai hari ini Republik Indonesia masih belum menjalin hubungan diplomatik resmi dengan Israel. 


Ada banyak pro dan kontra yang melatar belakangi proses penjajakan kerjasama antara kedua negara ini terutama berkaitan dengan konflik antara Palestina-Israel. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, faktor dukungan dari rakyat luas terhadap Palestina menjadi salah satu faktor penting mengapa sampai sekarang Israel belum bisa diterima untuk membuka kantor kedutaan besarnya di Indonesia. 


Begitu pula sebaliknya, di Israel tidak ada perwakilan diplomatik Indonesia. Hubungan Indonesia dengan Israel secara diplomatik sampai sekarang masih berupa wacana. 


Merunut sejarah kedua bangsa ini, berakhirnya perang dunia II telah menciptakan peta-peta politik baru di seluruh dunia, termasuk di kawasan Asia Tenggara dan Timur Tengah. Sejak berdirinya, Israel mendapat tentangan keras dari negara-negara Arab di sekelilingnya yang memuncak pada peristiwa pertempuran 6 hari. Koalisi Arab kalah kala itu namun ketegangan demi ketegangan terus mewarnai kawasan Timur Tengah sampai sekarang. 


indonesia israel 1


Secara religi, Indonesia dengan penduduk muslim terbesar di dunia tentu memiliki kedekatan khusus dengan negara-negara Arab seteru Israel. Jadi bisa dimaklumi bagaimana sampai sekarang hubungan Indonesia dengan Israel secara diplomatik masih sulit terwujud. 


Tentangan dari dalam negeri terutama dari mayoritas umat Islam di Indonesia dan juga arah politik luar negeri yang nampaknya tidak menguntungkan bagi Indonesia jika hubungan diplomatik tersebut dijalin merupakan dua faktor utama yang berpengaruh. 


Selain itu, konflik Israel-Palestina yang tak kunjung menemukan titik terang menyebabkan banyak bangsa di dunia termasuk Indonesia enggan membuka pintu diplomatik bagi Israel. Selama Israel tidak mengakui status Palestina maka selama itu pula Israel akan kesulitan mendapatkan pengakuan dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia sendiri. Hubungan Indonesia dengan Israel secara diplomatik sepertinya masih sulit untuk terwujud.  


indonesia israel 2


Pendapat Orang Israel Tentang Indonesia


Nah, sepertinya kita juga perlu tahu, kira-kira seperti apa pendapat orang-orang di Israel sana tentang Indonesia? 


Dari sebagian berita yang beredar, ternyata orang-orang Israel sangat mengagumi keindahan panorama alam Nusantara ini. Sekalipun mereka memiliki teknologi yang lebih maju di dibandingkan dengan Indonesia, panorama alam seperti laut, gunung, pantai, hutan, dan juga keanekaragaman budaya. Tak heran mereka sangat ingin adanya hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk bisa menikmati semua keindahan di Nusantara ini. 


Di sisi lain, orang-orang Israel sadar betul bahwa Indonesia merupakan rumah bagi umat Islam terbesar di dunia. Sebagian dari mereka tentu memiliki kekhawatiran sebagaimana kekhawatiran mereka saat berkunjung ke negara-negara tetangga mereka di timur tengah. Bagaimanapun, merangkul Indonesia tentu menjadi strategi yang sangat mereka pertimbangkan agar dunia Islam lainnya juga bersedia membuka diri.   


indonesia israel 3

Beragam pendapat tentu simpang siur di sana terkait dengan pengakuan Indonesia terhadap kedaulatan Israel. Kalau dilihat dari sejarahnya, Indonesia sangat dekat dengan negara-negara seperti Mesir, Arab Saudi, Turki, Irak dan negara-negara timur tengah lainnya sejak awal kemerdekaan. Negara-negara Islam itulah yang termasuk pertama kali mengakui kedaulatan Indonesia sebagai sebuah negara. Dengan posisi ini tentu dukungan dari negara-negara teluk bagi Israel untuk merayu Indonesia agar mau membuka pintu diplomatiknya sangat dibutuhkan.  


Lalu dari mana orang-orang Israel yang notabene jarang atau tidak pernah berkunjung ke Indonesia tersebut mendapatkan informasi tentang Indonesia? 


Perlu diingat juga bahwa Israel termasuk salah satu negara dengan lobi yang kuat terhadap negara-negara maju seperti USA dan negara-negara Eropa. Informasi seputar Indonesia banyak mereka dapatkan dari negara-negara tersebut dan juga Singapura dan Thailand, dua negara yang sudah menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. 


Fungsi perwakilan diplomatik sangat diperlukan untuk membuat Indonesia dan Israel bisa lebih saling mengenal dan meningkatkan kerjasama yang menguntungkan.  


indonesia israel 4


Krisis Ekonomi Indonesia dan Hubungan Dagang dengan Israel


Sebagai negara berkembang, Republik Indonesia telah mengalami serangkaian krisis ekonomi sejak awal kemerdekaan. Yang terbaru, pada tahun 1998 krisis moneter hampir saja membuat negara kita menjadi negara yang bangkrut. Hidup dalam era globalisasi tentu Indonesia sangat bergantung dan terlibat dalam hubungan dagang internasional dengan berbagai negara di dunia. 


Namun bagaimana dengan hubungan dagang dengan Israel? Apakah Indonesia sudah menjalin hubungan yang seperti itu? 


Meski belum memiliki hubungan diplomatik resmi ternyata hubungan Indonesia dengan Israel dalam hal perdagangan sudah berlangsung lama di balik layar. Artinya, ada banyak produk dari Israel terutama produk medis dan teknologi yang diimpor oleh Indonesia dari pihak ketiga. Demikian pula, produk-produk dari Indonesia pun sampai ke Israel juga lewat pihak ketiga. Karena sifatnya tertutup, sulit rasanya memastikan seperti apa neraca perdagangan di antara kedua negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik ini.  


Fungsi perwakilan diplomatik menjadi sangat vital bagi Indonesia maupun Israel untuk meningkatkan neraca dagangnya ke taraf yang lebih signifikan. Oleh karena itu para pemimpin negara kita mulai mempertimbangkan dengan serius hubungan diplomatik segera dijalin agar keuntungan perdagangan tidak selalu jatuh ke tangan pihak ketiga.  


indonesia israel 5

Orang Israel Mengunjungi Indonesia


Pertanyaan menarik selanjutnya, adakah orang Israel yang mengunjungi Indonesia? 


Secara resmi sepertinya tidak ada karena untuk memasuki sebuah negara seseorang harus memiliki dokumen-dokumen resmi yang harus melewati pintu kedutaan besar di mana negara tersebut telah menjalin hubungan diplomatik. 


Ringkasnya, tidak ada orang berpaspor Israel yang secara resmi mengunjungi Indonesia. 


Lalu apakah sama sekali tidak ada orang Israel yang mengunjungi Indonesia? 


Ada beberapa cara bagi warga negara Israel untuk bisa mengunjungi tempat-tempat menarik di Indonesia. Salah satu yang paling populer adalah kepemilikan dua kewarganegaraan. Misalnya, orang Israel yang sekaligus warga negara USA bisa datang ke Indonesia dengan paspor USA-nya.   


Di Indonesia sendiri sebenarnya ada komunitas-komunitas Yahudi yang jumlahnya sangat kecil. Bagaimanapun mereka juga pasti terhubung dengan orang-orang Yahudi di seluruh dunia termasuk yang bermukim di Israel. Dari hubungan inilah nampaknya orang-orang Israel bisa berkunjung ke Indonesia. Fungsi perwakilan diplomatik sangat diperlukan agar warganegara dari kedua negara ini bisa saling berkunjung dengan aman.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang