Kenapa Indonesia tidak memiliki senjata nuklir dan tidak dapat memproduksinya?

Dilihat 438 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Pembuatan senjata nuklir oleh negara bukan lagi sekedar masalah teknis. Faktanya, negara modern yang ingin menghabiskan $100 miliar bisa membuat senjata nuklir.


Masalahnya politik. Produksi senjata nuklir, untuk alasan yang bagus, dianggap ancaman yang besar oleh semua orang di dunia ini. Sebagaimana dunia telah menetapkan negara-negara untuk tidak membuatnya; mayoritas luas (95%) dari negara-negara sudah menandatangani Non-proliferation Treaty (NPT), menyebutkan mereka berjanji untuk tidak membuatnya, dan yang sudah punya berjanji untuk menguranginya (dan mengeliminasi). Indonesia menandatangani NPT.


Sebagai tambahan, senjata nuklir sebenarnya tidk memiliki nilai taktis militer. Pemakaian hanya sekedar strategis, dan hanya sebagai senjata terakhir. Indonesia tidak memiliki musuh yang mengancam sedemikian rupa sampai membuat biaya politik (yang sangat tinggi) sehingga tidak perlu membuatnya.


Ujungnya kembali lagi: tidak ada keunggulan untuk Indonesia membuat senjata nuklir, dan harganya sangat tinggi di bidang politik dan ekonomi kalau mereka memutuskan untuk membuatnya.



Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang