Kenapa insomnia bisa membuat saya terjaga semalaman, tapi saya bisa langsung tertidur dalam 30 detik kalau saya berbaring di siang hari?

Dilihat 704 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mungkin karena pada malam hari kita bisa dengan bebas memikirkan berbagai macam pemikiran. Malam hari adalah waktu dimana kamu bisa fokus untuk merenung mengenai berbagai hal yang sudah kamu lakukan, dan mungkin yang paling penting, hal - hal yang belum kamu lakukan. Malam hari adalah waktu dimana seseorang bisa merasakan berbagai kekhawatiran, terutama kalau kamu tidak menyingkirkan kekhawatiran tersebut di siang hari (ini sangat mungkin terjadi kalau kamu sibuk di siang hari).


Kalau kamu jarang melakukan hal tersebut, tubuh dan pikiranmu akan menghubungkan antara waktu tidur dan kekhawatiran - kekhawatiran tersebut, jadi walaupun sebenarnya tidak ada hal serius yang perlu dipikirkan, tubuh atau pikiranmu akan tetap menganggap ada yang harus dipikirkan, sehingga kamu mengalami insomnia. Selain itu, kekhawatiran bahwa kamu tidak bisa tertidur menciptakan lingkaran tersendiri. Sebaliknya, ketika kamu tertidur di siang hari, kemungkinan ini merupakan respon dari tubuh atau pikiranmu yang lelah dan butuh untuk mengisi tenaga kembali (banyak budaya yang menganjurkan tidur siang karena alasan ini).


Karena tidur siang sifatnya opsional, kamu melakukannya ketika membutuhkannya. Tapi pergi tidur di malam hari merupakan hal yang berbeda - kamu tidur karena inilah saatnya untuk tidur, terlepas dari apakah tubuh / pikiranmu memintamu untuk melakukannya atau tidak. Orang yang dapat tertidur dengan mudah mungkin tidak pernah merasakan hal ini, tapi menurut saya mereka merupakan subjek dari perbuatan yang sama - tapi dengan versi yang berbeda. 


Dengan kata lain, jangan menghubungkan waktu tidur dengan kekhawatiran, tapi hubungkanlah waktu tidur dengan istirahat, penyegaran, jadi ketika hampir masuk waktu tidur, tubuh akan mulai relaks dan dapat tertidur dengan mudah. Ya, memang ada makanan - makanan yang sebaiknya dimakan atau harus dihindari menjelang tidur, hal - hal yang harus dilakukan / dihindari sebelum tidur, dan lain sebagainya, tapi yang saya bicarakan di sini adalah inti dari permasalahan insomnia yang menurut saya penting. Paling tidak ini yang saya rasakan secara pribadi.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang