Kenapa jantung itu tidak ditengah di dada?

Dilihat 2,77 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Jantung, sebenarnya, terletak di tengah dada, dibelakang sternum (atau tulang dada).

Namun, bagian dari itu sedikit miring ke kiri, seperti yang bisa kamu lihat di gambar-gambar. Untuk memahami hal ini, kurasa pemahaman prasyarat anatomi jantung dasar itu dibutuhkan. Oke, pertama-tama, aku menyangkal poin Andrew berhadapan dengan alasan evolusioner dan resistensi pemberian tulang dada.

Sama sekali tidak ada alasan knapa pusat harus menjadi tempat yang lebih baik untuk jantung daripada sisi kanan atau kiri dada. Ketika tubuh berevolusi, secara alami harus muat organ rumit dalam cara yang paling fisien di ruang kecil dalam tubuh manusia. Karena itu, tubuh kita penuh akan asimetri kecil. Beberapa hal yag harus diletakkan pada pusat, beberapa hal di bagia kiri dan beberapa hal di bagian kanan. Jantung itu cukup berada di pusat karena ada paru-paru di kedua sisi dan karena itu, tidak ada ruang yang sisa di bagian sisi di rongga dada. Mengenai poin yang kamu naikkan tentang tulang dada, Andrew, jantung itu di ruang tertutup dalam dinding kantung berganda yang disebut selaput jantung. Fungsi primer selapu jantung adalah untuk melindungi jantung dan menjangkarkannya ke struktur disekitarnya, untuk mengurangi gesekan selagi ia berdetak dan untuk melindunginya dari dilatasi berlebihan (atau membesar secara berlebihan). Jadi tidak ada pertanyaan jantung mendorong melawan tulang dada kapanpun. Rasa sakit yang akan terbentuk kalau jantung mendorong tulang dada itu tidak bisa ditahan.

Selaput jantung membatasi gerakan jantung. Tulang dada tidak. Sekarang, untuk mengetahui kenapa jantung itu sedikit miring ke kiri, kalian harus tahu tentang fungsi dasar jantung dan bagaimana sirkulasi dibawa didalam sekitar tubuh kita.

Jantung manusia memiliki 4 bilik, yaitu Atrium Kiri, Ventrikel Kiri, Atrium Kanan dan Ventrikel Kanan. Atrium itu merupakan bilik yang menerima dan ventrikel merupakan bilik yang mengeluarkan. Dalam mamalia, fungsi sisikanan jantung itu untuk mengambil deoksigenasi darah, dalam atrium kanan, dari tubuh dimana, lewat ventrikel kanan, kemudian dipompa ke paru-paru untuk oksigenasi. Bagian kiri kemudian mengambil darah ogsigenasi dari paru-paru ke atrium kiri. Dari atrium kiri darah bergerak ke ventrikel kiri, yang kemudian dipompa ke seluruh tubuh. (Ada diagram yang jauh lebih simpel di internet). Di kedua sisi, ventrikel bawah itu lebih tebal dan lebih kuat daripada atrium atas. Namun, dindingotot yang mengelilingi ventrikel kri itu jauh lebih tebal daripada dinging yang mengelilingi ventrikel kanan karena dorongan yang lebih tinggi dibutuhkan untuk memompa melewati seluruh tubuh (sirkulasi sistemik). Dilain sisi, ventrikel kanan harus memompa darah hanya ke paru-paru, yang cukup dekat.

Jadi, massa otot yang meningkat pada LV menyebabkannya menjadi miring sedikit ke kiri dan karena itu merupakan bagian terbesar jantung, ia memberikan kesan yang cukup besar pada jantung lebih ke kiri. Ini juga alasan kalau kamu merasa jantung berdetak di sisi kiri dada karena LV menggenerasikan tekanan yang lebih tinggi.

2 ilustrasi berikut akan memberimu ide yang lebih baik. Kamu merasa nadi di bagian bawah kiri ventrikel. Inilah alasan kenapa jantung itu tidak tepat ditengah.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang