Apa yang membuat harga kamera Nokia Ozo sangat mahal?

Dilihat 1,25 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Di zaman modern ini, jika kita ingin merekam momen berharga kita bisa mengandalkan beberapa teknologi perekam seperti kamera video. Tentunya momen-momen berharga bersama keluarga ataupun kebersamaanmu dengan teman tidak boleh kamu lewatkan begitu saja tanpa diabadikan terlebih dahulu melalui foto ataupun rekaman video. 

Kini hadir beberapa brand kamera ternama yang bisa menjadi pilihanmu untuk mengabadikan momen berhargamu. Salah satu teknologi kamera yang kini sedang banyak diperbincangkan karena kecanggihannya adalah kamera 360. Ada salah satu perusahaan ternama, yaitu Nokia, yang belum lama ini menciptakan sebuah kamera 360 derajat yang sangat fantastis, baik karena kecanggihannya maupun harganya yang selangit. 


Belum banyak orang, terutama masyarakat awam (yang menggunakan kamera hanya untuk selfi) yang pernah mendengar tentang kamera super canggih ini, maka dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang keunggulan Nokia Ozo dan juga menjelaskan alasan mengapa harga Nokia Ozo begitu mahal.


Kamera VR

Nokia dan Kelahiran Nokia Ozo


Siapa yang tidak kenal dengan Nokia? Perusahaan yang terkenal dengan produk ponselnya ini pernah berjaya pada sekitar tahun 90an. Sebelum adanya smartphone berbasis sistem operasi android dan juga iOS, ponsel Nokia dan Symbian adalah primadona di kalangan penggemar ponsel karena kualitasnya yang bagus. Ponsel-ponsel Nokia juga sangat terkenal karena kualitas kamera dan juga ketahanan ponselnya yang kuat baik dari segi baterai maupun hardware, belum lagi harga jual ponsel Nokia dalam kondisi bekas tidak akan jatuh jauh berbeda dengan harga beli barunya. Maka dari itu, di Indonesia Nokia bukanlah brand perusahaan yang asing lagi. Nokia akhirnya harus mengalah setelah kepopuleran android dan juga IOS yang lebih banyak dipilih pengguna ponsel karena kemudahannya. 

Walaupun dalam beberapa merek ponsel terbarunya Nokia menghasilkan ponsel pintar berbasis Windows namun tetap dikalahkan oleh Android dan iOS. 


Tapi jangan salah, Nokia pintar untuk mencari celah. Mereka menemukan bahwa tidak banyak pemain yang merambah penciptaan dan produksi Kamera Virtual Reality atau Kamera VR. 

Setelah pada tahun 2013 Nokia diakusisi oleh Microsoft, hingga tahun 2015 Nokia tidak diizinkan untuk memproduksi perangkat smartphone, akhirnya mereka memutuskan untuk menciptakan sebuah Kamera VR dengan nama Nokia Ozo.


Nokia ozo



Nokia Ozo, Kamera 360 Derajat Super Canggih



Kamera 360 Nokia Ozo merupakan produk kamera virtual reality keluaran Nokia Technologi yang dapat merekam video hingga 360 derajat. Kamera ini juga sering disebut dengan Kamera VR Nokia Ozo. Bentuk dari kamera ini bulat dengan sebuah tongkat kecil di tengahnya dan memiliki delapan sensor. Kamera ini juga memiliki delapan mikrofon untuk merekam suara dan mempunyai baterai dengan media penyimpanan SSD. Desain VR Ozo memang terlihat unik dan kecanggihannya membuat kamera ini sering diincar oleh para profesional terlebih yang bergelut dalam bidang filmografi.

Kamera 360 ini memang bukan hanya menargetkan pasaran konsumen biasa namun juga diperuntukan bagi kalangan menengah ke atas, itu bisa dilihat dari harganya yang memang sangat mahal. Kamera 360 Nokia Ozo mematok harga peluncuran awal pada USD $60.000 atau sekitar 788 juta Rupiah, harga yang fantastis, bukan? 

Namun tentu saja harga tidak akan berbohong, merek kamera VR Nokia Ozo ini memang sudah terkenal karena kualitas dan beberapa fitur efek yang canggih. Lalu apa yang membuat kamera 360 derajat Nokia Ozo ini menjadi sangat mahal?


nokia ozo 360 derajat



Keunggulan Kamera VR Nokia Ozo


Kamera VR Nokia Ozo mempunyai keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh kamera 360 merek lainnya. Terlebih Kamera VR Nokia Ozo ini merupakan pelopor hadirnya jenis kamera virtual reality yang diluncurkan oleh Nokia. 


Bagi anda yang memang berminat untuk memilikinya dan masih bertanya-tanya apa yang membuat harga dari Kamera VR Nokia Ozo ini sangat mahal, berikut adalah beberapa keunggulan Kamera VR Nokia Ozo yang harus anda ketahui:


  • Kamera ini memiliki 8 sensor untuk menangkap gambar dari segala sudut hingga 360 derajat. Selain itu Kamera VR Nokia Ozo juga dilengkapi dengan 8 mikrofon sehingga saat perekaman, video kamera dapat merekam suara dengan jelas dan jernih, kamera ini juga mampu menyajikan audio surround yang sangat mengagumkan.
  • Sensor yang ada dalam Kamera VR ini sudah disinkronisasi sehingga dapat dengan mudah digunakan untuk mengambil video 3D Stereocospic.
  • Kemampuan merender video VR dalam resolusi rendah sehingga bisa terus dimonitor oleh pengguna saat menggunakan VR headset secara real-time, kemudian bisa dikembalikan lagi setelah perekaman dengan resolusi maksimum. Hal ini akan memudahkan pengguna agar tidak perlu lagi menunggu berjam-jam hanya untuk melihat hasil perekaman dari sesi awal. Wah, sungguh mengagumkan, bukan?
  • Selain dapat memonitoring audio dan video secara real-time, Kamera VR Nokia Ozo ini juga mampu dioperasikan sebagai drone.

kamera  ozo


Karena keunggulannya tersebut, tidak heran jika Kamera VR dari Nokia ini sempat digunakan untuk menggarap sebuah projek film Disney. Ini membuktikan bahwa Nokia Ozo bahkan bisa digunakan dalam bidang perfilman dengan beberapa kecanggihan fiturnya yang bisa membuat para pengguna termaksud para pembuat film merasakan kemudahan. 

Kamera VR Nokia Ozo telah dipasarkan tepatnya pada tahun 2016, kalangan profesional dalam bidang filmografi kehadiran Kamera VR Nokia Ozo tentu sangat menantikannya. Juga bagi para penggemar teknologi yang memiliki budget besar juga tentunya tidak sabar ingin mencoba kecanggihan kamera 360 derajat ini.


Kamera 360 derajat

Walaupun harganya yang cukup fantastis namun beberapa kalangan menganggap bahwa harga yang dibandrol oleh Nokia memang selaras dengan apa yang akan didapatkannya dengan Kamera VR ini. Mungkin kamu bisa mendapatkan kamera 360 paling murah dengan merek lainnya, tapi hal itu tidak bisa menjamin memiliki tingkat keunggulan yang dimiliki Nokia Ozo. 


Namun kabar terbaru dari Nokia Ozo, mereka menurunkan harga setelah satu bulan peluncuran awalnya. Alasan penurunan harga ini adalah sebagai salah satu strategi pihak Nokia dalam menghadapi kemunculan merek yang memproduksi Kamera VR lainnya. Sebut saja Omni VR yang merupakan sebuah Rig terbaru yang dikeluarkan oleh GoPro. 

Kini, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah sekitar 25% dari harga peluncuran Kamera VR Nokia Ozo. Itu berarti kamu 'hanya' mengeluarkan 593 juta Rupiah untuk mendapatkan kamera super canggih ini. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Nokia Ozo memang belum bisa tertandingi oleh beberapa merek produk kamera 360 keluaran lainnya seperti Samsung, ataupun GoPro.  


Kecanggihan Nokia Ozo bisa menggoda siapa saja untuk memilikinya. Bisa dibilang, Nokia Ozo adalah salah satu Kamera 360 terbaik yang bisa merekam dengan sangat sempurna. Penurunan harga yang dilakukan oleh Nokia bisa menjadi kabar yang sangat bagus untukmu. Meskipun dengan harga yang bisa dikatakan masih sangat mahal, Nokia Ozo ini dijamin bisa memberikan kamu banyak jaminan untuk mendapatkan kualitas perekaman video dan penangkapan gambar yang sangat mengagumkan. 

Jika kamu berminat membelinya namun tidak tahu cara menggunakan kamera 360 Nokia Ozo ini, jangan khawatir karena akan ada petunjuk penggunaan berupa buku petunjuk yang bisa kamu pelajari. 


Namun tetap diingat, dari awal pembuatan, kamera ini ditujukan bagi kalangan profesional. Tentu akan sangat menyedihkan apabila kamera secanggih dan semahal ini hanya digunakan untuk mengambil gambar wajahmu :D


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang