Kenapa kebanyakan orang menikmati pemandangan alam seperti pantai dan gunung? Apa manfaat evolusioner dari hal ini? Apakah para leluhur kita juga menikmati hal yang sama?

Dilihat 468 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

pemandangan alam yang indah


Pemandangan alam merupakan keindahan alam yang dapat dipersepsikan melalui komponen mata dalam panca indra manusia. Sketsa pemandangan alam dalam seni lukis biasanya terdiri dari komponen-komponen seperti pepohonan, semak-semak, daratan, bukit, lembah, air ataupun sejumlah benda buatan manusia. Pemandangan alam merupakan suatu hal yang perlu dilindungi atau dijaga karena bertujuan untuk melindungi keindahan alam.

Tapi, kalau dilihat-lihat... Kenapa, sih banyak orang yang menikmati pemandangan? Apa ada manfaat pemandangan alam? Nah lho, penasaran kan?

Makanya, simak terus sampai akhir, ya! ^^


Kenapa Orang Menikmati Pemandangan Alam?


alasan orang menyukai pemandangan alam


Manusia cenderung menikmati dua jenis pemandangan : pemandangan yang rimbun dan pemandangan yang asing. Kita akan merasakan semacam pengaruh mental dan yang positf dan sensasi yang menyenangkan ketika melihat salah satu jenis pemandangan tersebut. Pemandangan yang rimbun biasanya mencakup pemandangan pepohonan dan air. Pemandangan asing mencakup pemandangan yang belum pernah dilihat sebelumnya. 

Kalau kamu melihat pemandangan yang rimbun yang belum pernah kamu lihat sebelumnya kamu akan merawakan sensatif positif tersebut. Ketika seseorang melihat pemandangan yang rimbun dan asing mereka akan menyebutkan sebagai pemandangan yang memukau. Pemandangan itu membuat mereka terpukau karena mereka akan merasakan dua macam sensasi secara bersamaan. 

Untuk menikmati pemandangan yang rimbun, biasanya orang akan menanam tanaman di pekarangan rumahnya dan melihatnya melalui jendela. Kita juga mau membayar lebih untuk rumah yang menghadap ke taman, hutan, atau danau dan lautan. Kita cenderung menikmati pemadangan yang rimbun karena hal tersebut membuat kita ingin tinggal di daerah dimana kita akan lebih mudah menemukan makanan. Sensasi dari menikmati pemandangan yang rimbun membantu kita untuk bertahan hidup.


Kapan Saja Kita Menikmati Pemandangan?


menikmati pemandangan alam


Kita menikmati pemandangan yang asing ketika kita mengunjungi sebuah tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Kita juga menikmati pemandangan yang asing ketika adanya pergantian musim dan kita melihat daun berubah warna atau salju yang pertama kali turun. Kita juga menikmati ketika melihat matahari terbenam yang agak berbeda jika dibandingkan dengan pemandangan unik lain dalam satu hari. 

Kita cenderung menikmati pemandangan yang asing karena hal tersebut membuat kita ingin menjelajah. Hal tersebut membuat kita ingin melihat apa yang ada di pojok atau di puncak gunung bahkan ingin melukis dan menuliskan sebuah cerita dari pemandangan tersebut. Hal tersebut membantu manusia untuk pergi mencari tempat - tempat yang dapat ditinggali. Tapi hal ini tidak membantu kita bertahan hidup. Jika kita harus menjelajah untuk bertahan hidup, kita akan tetap melakukannya walaupun tanpa merasakan sensasi positif tersebut.


Manfaat Pemandangan Alam


manfaat melihat pemandangan alam


Wow, kamu perlu tahu ini:

Melihat pemandangan atau mendekatkan diri dengan alam, itu banyak manfaatnya, lho! Berikut 5 manfaat melihat dan menikmati pemandangan:

  1. Menghilangkan stres dalam sekejap
    Lebih spesifiknya, lebih dekat dengan alam dapat mengurangi hormon stress, mengurangi tekanan darah, ketegangan otot, serta menstabilkan detak jantung. Kamu akan menjadi lebih rileks, merasa lebih bahagia, dan juga meningkatkan kesehatan mentalmu.

  2. Meningkatkan kemampuan berfokus
    Ketika bersama alam, manusia akan secara alami berfokus menikmati pemandangan, pepohonan dan bunga, sert hewan-hewan di sekitarnya. Dari pengalaman ini, tingkat kemampuan berfokus kamu akan semakin terlatih dan meningkat.

  3. Meningkatkan kesehatan fisik dan mempercepat pemulihan
    Manusia memang diciptakan untuk mendekatkan diri dengan alam. Ketika mendekatkan diri dengan alam, tubuh kita akan serasa kembali ke ‘rumah’ yang asri dan tenteram. Fokus pada alam hijau sangat efektif mengalihkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang sedang dialami pasien sehingga proses pemulihan menjadi lebih cepat. Membantu menyembuhkan yang sakit, menyehatkan yang sehat.

  4. Meningkatkan kepercayaan diri
    Psikologi membuktikan bahwa melakukan aktivitas yang berkaitan dengan alam bisa membantu meningkatkan kepercayaan dirimu. Setelah otak kamu merasa “segar”, pola pikir positif pun meningkat dan membuat kamu bisa lebih menghargai diri sendiri.

  5. Mendekatkan sesama manusia
    Menurut penelitian oleh Kuo dan Coley dalam Laboratorium Penelitian Manusia-Lingkungan, mendekatkan diri dengan alam dapat memperkuat hubungan sesama manusia. Hal ini juga didukung hasil penelitian Universitas Illinois, dimana warga yang tinggal di perumahan yang dikelilingi pepohonan dan padang rumput cenderung lebih saling kenal, akrab, dan peduli antar sesama. Hal itu terjadi karena ketika manusia “dekat” dengan alam, ia akan mengalami peningkatan rasa empati dan kasih sayang.

Sensasi menikmati pemandangan yang asik membantu manusia karena hal tersebut membuat ini mengambil resiko terhadap kemungkinan bahwa kamu bisa menemukan tempat yang rimbun yang bisa membuat umat manusia bertahan hidup selama ribuan tahun. Kamu bisa mempelajari lebih lanjut mengenai sensasi - sensasi tersebut di the origin of emotion.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang