Kenapa kereta api selalu bergetar saat berjalan?

Dilihat 506 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

kereta api


Kereta api merupakan bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang ditarik sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang. Gaya gerak disediakan oleh lokomotif yang terpisah atau motor individu dalam beberapa unit. 

Kereta api itu merupakan alat transportasi yang tidak asing lagi di telinga kita, bukan? Namun, apakah anda tahu seluk beluk kereta api? Mungkin akan muncul berbagai pertanyaan di benak anda saat mendengar kereta api, bukan?

Seperti bagaimana membuat kereta api, apa peran masinis dalam mengemudikan kereta api, kenapa kereta api harus berada di atas rel, bagaimana sistem kerja kereta api, dan lain-lainnya. Ada juga yang bertanya, saat kereta api bergerak, kenapa selalu terjadi getaran-getaran pada kereta api?

Nahh, makin penasaran kan? Saya akan memberikan jawabannya disini, jadi jangan kemana-mana dan ikuti artikel saya ini sampai akhir! :)


Apa itu Getaran?

Getaran merupakan gaya yang selaras saat di pantulkan dan dilepaskan, getaran dapat di artikan pula sebagai gerak bolak balik di sekitar kesetimbangan. Kesetimbangan disini dimana benda berada diposisi diam jika tidak ada gaya di sekitar benda tersebut. Contoh nya adalah kereta api yang saat melaju memberikan getaran di sekelilingnya, Istilah getaran yang terjadi pada kereta api  tersebut dapat diartikan tentang Fenomena Osilasi Perburuan (Hunting Oscillation).


 rel kereta

Jadi, apa sih Osilasi Perburuan itu?

Osilasi perburuan adalah osilasi yang ditimbulkan oleh kereta itu sendiri, biasanya terjadinya tidak diinginkan, di sekitar titik keseimbangan/equilibrium. Istilah ini digunakan pada abad ke-19 dan menjelaskan bagaimana sebuah sistem "memburu" titik equilibrium. Gerakan mengayun dari kereta api (seringkali disebut berburu truk) disebabkan oleh gaya mengerucut tergantung dimana arah keseimbangan kereta api itu melekat. Gaya itu timbul akibat interaksi dari gaya adesi dan gaya inersia. 

Gaya yang timbul menghasilkan getaran dimana getaran memiliki sifat Amplitudo {jarak simpang jauh dari titik tengah}  sehingga getaran aplitudo membentuk gaya pada kecepatan rendah, adesi mendominasi, tapi seiring bertambahnya kecepatan, gaya adesi dan inersia menjadi sebanding besarnya dan osilasi muncul pada saat kecepatan kritis. Di atas kecepatan ini, gerakannya bisa menjadi hebat, merusak lintasan dan roda serta berpotensi lepas dari rel. Masalah ini tidak terjadi pada sistem diferensial karena gayanya tergantung pada kedua roda yang berputar pada kecepatan sudut yang sama, meskipun diferensial cenderung langka, dan kereta-kereta konvensional rodanya sudah difiksasi pada sepasang as. 

rel kereta api

 

Masalah itu pertama kali diamati di penghujung akhir abad ke-19, saat kereta pada kecepatan cukup tinggi mengalaminya. Perilaku ini membatasi kereta-kereta pada saat itu untuk beroperasi pada kecepatan sekitar 225 km/jam (140mph) atau kurang dan merangsang sejumlah proyek riset di tahun 1960an menggunakan sistem kereta hover dan maglev untuk menghindarinya dan mencapai kecepatan yang lebih tinggi. Namun setelah studi empiris yang dilakukan oleh British Rail Research Division di tahun 1960an, pengukuran perbaikan, khususnya pada desain sistem suspensi, telah mengijinkan kecepatan melebihi 290 km/jam (180mph). Dari hasil penelitian itu, kebanyakan kereta kecepatan tinggi hari ini masih menggunakan roda besi, ketimbang teknologi yang lebih mahal.

Penyebab utama kereta api bergetar

Penyebab utama kenapa kereta api bergetar saat melaju karena, kereta api memiliki daya dorong yang kuat sehingga mampu memberikan getaran yang berbolak balik dengan kecepatanya. terlebih roda bogem yang terpasang berjalan ber iringan yang serentak menghasilkan dorongan yang sangat cepat dan kuat, dorongan tersebutlah yang membuat getararan pada kereta api saat berjalan. 


rel kereta api

Nah, sekarang sudah mengerti kan kenapa kereta api selalu bergetar saat sedang melaju? 

Mungkin anda masih ada banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya mengenai kereta yang belom anda ketahui. Seperti kenapa roda kereta api terbuat dari logam dan apa yang terjadi kalau koin diletakkan di rel kereta. Kunjungi saja link-link yang saya beri itu xD

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang