Kenapa kunyit mungkin bisa memutihkan gigi dan seberapa efektifnya?

Dilihat 694 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kunyit sudah digunakan selama beribu-ribu tahun untuk tujuan medis, upacara, dan masak. Selain abrasif, saya tidak tahu keuntungan menggunakan kunyit untuk memutihkan gigi.


Biasanya digunakan untuk aditif rempah-rempah dan untuk merubah warna dari makanan, pakaian, dan bahkan kulit. Apapun yang digunakan untuk merubah warna suatu produk tidak bisa digunakan di gigi karena akan menyebabkan kebalikan dari putih, bisa menodai. Ada riset kalau kunyit memiliki sifat anti bakteri, tapi memiliki sifat anti bakteri tidak akan memutihkan gigi. Sebagaimana bakteria tidak ada hubungannya dengan menodai gigi (kecuali gigi seseorang tidak pernah dibersihkan untuk waktu LAMA dan ada banyak plak dan kalkulus di seluruh gigi).


Curcumin adalah bahan aktif di kunyit dan memiliki rasa pedas dan bau mustard. Curcumin sendiri warnanya kuning muda dan biasanya digunakan sebagai pewarna makanan, lagi, saya tidak tahu kalau menggunakan tumbuhan tersebut, seperti kunyit, yang bahan aktifnya adalah agen penoda bisa memiliki keunggulan di memutihkan gigi. Caraa yang gampang dan (tidak pedas) adalah menjaganya bersih dengan cara menggosok gigi, hindari minuman yang menodai dan jika perlu menggunakan pemutih yang disarankan dokter gigi ;)

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang