Kenapa lebih mudah untuk mendapatkan kembali kebugaran pada percobaan kedua dibanding membangunnya di awal?

Dilihat 456 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Alasan kenapa kedua kalinya lebih mudah adalah karena tingkat kebugaranmu sudah lebih baik. Nanti saya akan jelaskan melalui beberapa kategori pada jawaban ini. Pada dasarnya, seseorang yang belum pernah berolaraga sebelumnya akan merasakan berbagai perasaaan "baru" seperti rasa sakit, terkejut, rasa tidak nyaman, perasaan tidak pasti, dll. 


Berolahraga kembali setelah istiharat selama beberapa waktu akam memungkinkan tubuhmu melewati hal - hal yang sebelumnya kamu rasakan. Sama seperti kelulusan, kamu tidak bisa kembali ke kelas 3 setelah kamu lulus. 


Berikut adalah hal- hal yang terjadi pada tubuhmu:

  • Kardiorespirasi (bukan kardiovaskular): pada tingkat pernafasan (paru - paru dan bernafas) awal, dasar aerobikmu sangat rendah karena sebelumnya tidak pernah dilatih secara konsisten. Sebagai hasilnya, tubuhmu melakukan berbagai perubahan, untuk membantumu menyesuaikan dengan rangsangan latihan, jadi meskipun kamu berhenti berlatih untuk waktu yang cukup lama, dasar aerobikmu akan menjadi lebih tinggi daripada sebelumnya. Kapasitas paru - parumu akan tetap lebih tinggi dibanding sebelum kamu mulai berolahraga dan tubuhmu juga memiliki kemampuan untuk mengalirkan darah, oksigen, dan membuang karbondioksida dengan lebih efisien ketika kamu berolahraga yang kedua kalinya.
  • Secara mekanis : Ketika kamu berolahraga untuk pertama kalinya kondisimu tidak stabil dan lemak. Gerakanmu tersentak - sentak dan tergesa - gesa. Tubuhmu baru berkenalan dengan beban dan rangsangan untuk pertama kalinya. Pikirkanlah seperti ketika kamu bertemu dengan seseorang dan bergaul dengannya selama beberapa bulan lalu tidak melihatnya selama satu tahun. Kamu sudah mengenalnya, jadi ketika kamu melihat mereka lagi, kamu tidak akan berkenalan ulang. Kamu sudah lebih akrab dengannya dan mengetaui beberapa hal mengenai orang tersebut. Seperti itulah rasanya berolahraga untuk yang kedua kalinya. Kamu bukan perawan-olahraga lagi (apa ini pantas?.. ok, nanti bisa di edit). Ketika seseorang mulai berlatih untuk yang pertama kalinya, mereka melalui tiga fase pembelajaran yang berbeda: kognitif, asosiatif dan otonom. Fase kognitif dalam pembelajaran mencakup kondisi lemah dan gerakan menyentak seperti yang disebutkan di atas. Dalam fase asosiatif, gerakanmu lebih tenang, dan kamu bisa mengendalikan beban dan keseimbangan dengan lebih baik. Dalam fase otonom, kamu bisa berolahraga dengan mudah. Kebanyakan orang berada dalam fase asosoatif ketika mereka berolahraga untuk yang kedua kalinya.
  • Otot - ya, "ingatan otot" adalah apa yang kamu alami dengan alasan yang disebutkan di atas. Tubuhmu menjadi lebih efisien dalam menyingkirkan limbah metabolisme (seperti asam laktat) dan kamu sudah tahu bagaimana rasanya "terbakar". Rasanya aneh ketika kamu pertama kali merasakan sensasi terbakar saat kamu baru mulai berolahraga. Tapi ketika kamu melakukannya untuk yang kedua kalinya, itu bukan lagi hal baru. 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang