Kenapa banyak makanan sehat yang rasanya tidak enak?

Dilihat 719 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pertanyaan ini memang sering muncul dan kenyataannya memang demikian kok. Makanan yang sering dikenal sebagai junk food memang memiliki citarasa yang menggiurkan sehingga kadang orang sampai lupa menghabiskan cukup banyak porsi. Jika dilakukan setiap hari maka obesitas atau kegemukan bisa menjadi kenyataan. Lalu kenapa makanan yang sering diklaim tidak sehat ini rasanya lebih lezat?


Salah satu penjelasannya antara lain makanan junk food mengandung banyak lemak yang terasa sangat nikmat. Lemak itu sering berasal dari sumber binatang baik domba, sapi, babi, ayam dan lain sebagainya. Makanan yang enak tidak selalu baik buat kesehatan. Jika lemak tertimbun dalam tubuh cukup lama dan tanpa adanya aktivitas fisik yang cukup untuk membakarnya menjadi energi maka masalah-masalah kesehatan bisa dipastikan akan bermunculan.


makanan enak 1

Selain lemak, gula dan garam merupakan alasan lain mengapa makanan tertentu terasa lebih enak dibandingkan makanan yang lain. Studi menunjukkan bahwa kecenderungan masyarakat mengonsumsi gula dan garam dalam kuantitas yang berlebih menjadi faktor pemicu utama timbulnya gejala penyakit antara lain diabetes, hipertensi, kolesterol dan lain-lain. Makanan sehat dan bergizi juga mencakup lemak dan gula tetapi yang membuatnya mengkhawatirkan adalah jika kita mengonsumsi dalam jumlah berlebihan.


Rahasia lain dari makanan yang tidak sehat terasa begitu enak adalah penggunaan penyedap rasa kimia. Penyedap rasa buatan ini, sekalipun mendapat persetujuan BPOM atau FDA sekalipun, kenyataannya lebih lama diurai oleh organ-organ tubuh menjadi energi ataupun zat residu. Bahan-bahan kimiawi ini baik untuk pewarna, penyedap rasa maupun pengawet masih berisiko menimbulkan kanker dalam jangka waktu lama.


makanan enak 2


Bagaimana caranya hidup sehat?


Hidup sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Meskipun cara hidup sehat cukup mudah, namun menjalaninya tidak semudah mengucapkannya. Coba perhatikan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat yang sedang Anda atau orang sekitar Anda lakukan seperti merokok, minum-minuman keras, atau suka bermalas-malasan dengan bermain game. Semua itu bisa mendatangkan masalah kesehatan jika ada sebagian organ tubuh melewati ambang toleransinya.


Makanan sehat dan bergizi sangat dibutuhkan untuk menunjang gaya hidup sehat seseorang. Seperti lazim diperkenalkan oleh pemerintah, sebuah keluarga yang sehat membutuhkan apa yang disebut sebagai menu makanan empat sehat lima sempurna. Komposisi yang berimbang antara karbohidrat, protein, mineral dan vitamin, serta susu sebagai penyempurna.

Sebenarnya makanan sehat itu sendiri memiliki citarasa yang enak dilidah dan juga nyaman di perut. Namun, budaya telah membuat masyarakat mengembangkan berbagai macam bumbu untuk menemukan citarasa baru. Bumbu rempah-rempah alami tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan, justru diperlukan untuk mengimbangi kandungan tertentu dalam makanan yang bisa menyebabkan alergi ataupun kolesterol.


Makanan yang enak sepertinya hanya bisa dihadirkan dengan penambahan bumbu atau rempah-rempah terutama bagi kita yang tinggal di Nusantara. Namun demikian makanan dengan kandungan gizi seimbang harus tetap diperhatikan demi kesehatan dan kebugaran fisik kita. Sebenarnya tidak susah mencari sumber makanan sehat dan bergizi tinggi yang murah di sekitar lingkungan karena negeri kita cukup kaya akan sumberdaya alam.  



makanan enak 3




Setelah memulai hidup sehat, bagaimana cara mempertahankannya?



Orang-orang melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan, mulai dari berolah raga, berpola pikir positif dan juga mengimbangi dengan makanan sehat dan bergizi. Berolahraga ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda atau berenang sangat berperan membuat tubuh kita bugar selama seharian. Selain itu apabila Anda ingin mendapatkan kebugaran fisik yang ekstra, mengikuti senam kebugaran di fitness center bisa menjadi alternatif yang bagus.


Berikutnya adalah menahan diri untuk tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk baik itu dalam hal makanan, aktivitas atau perilaku. Dalam hal makanan, cobalah untuk tidak terbiasa memakan makanan gorengan dan berlemak dalam jumlah banyak. Makanan asin dan manis sama-sama meningkatkan risiko seseorang mengalami gejala penyakit tertentu. Tapi jika Anda memang tidak bisa menahan diri untuk menikmati makanan yang kurang sehat tersebut, imbangilah dengan banyak minum air putih dan berolah raga.


Kesehatan juga dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis seperti depresi, stres atau berbagai beban pikiran yang datang baik dari lingkungan keluarga maupun lingkungan pekerjaan. Oleh karena itu sangat penting bagi setiap orang untuk memikirkan jalan keluar dari masalah psikologis yang dia hadapi. Kabar baiknya adalah berolah raga dan makanan sehat serta bergizi juga turut berperan mengurangi stres seseorang. Demikian pula kebiasaan-kebiasaan hidup sehat lainnya.


makanan enak 4


Tips Makanan Sehat 


Makanan yang enak bagi setiap orang itu berbeda-beda karena faktor kelompok usia, budaya, dan juga faktor-faktor biologis. Anak-anak cenderung menyukai makanan yang manis dan perlu dilatih untuk menyukai makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan. Jadi membiasakan anak-anak sejak dini mengonsumsi makanan sehat sangat dianjurkan. 


Makanan sehat dan bergizi dari sumber hewani dan nabati sangat beranekaragam. Sumber-sumber dari telur dan ikan lebih sehat dan lezat dibandingkan dengan sumber dari daging dan lemak. Selain itu semakin segar suatu makanan maka semakin baik bagi kesehatan. Cobalah pula untuk menanam sayur-sayuran sendiri yang mudah ditanam baik di halaman maupun di kebun kita. Kebutuhan akan makanan berserat ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia dan aktivitas fisik kita. Jika pun harus membeli di pasar maka pastikan Anda mendapatkan sayuran, lauk pauk atau buah-buahan dalam kondisi segar.  


Kemudian dari sisi pengolahannya, ada baiknya kita lebih memilih bumbu-bumbu alami dalam bentuk segaar ketimbang bumbu-bumbu olahan dari pabrik. Betapapun suatu produk mengklaim kemurnian sebuah bumbu, tidak menutup kemungkinan bahan-bahan kimia masih ditambahkan di dalamnya. Makanan yang enak yang kita makan perlu dipastikan juga merupakan makanan sehat serta bergizi. Sebagai kesimpulan, untuk memulai atau menjaga pola hidup sehat pemenuhan nutrisi melalui asupan makanan.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang