Kenapa malaria merupakan parasit yang efektif?

Dilihat 402 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saya akan memulai ini dengan analogi fiksi ilmiah. Kalau kamu sudah menonton Star Trek Nex Generation, kamu mungkin ingat saat mereka melawan para Borg, senjata federasi tidak terlalu efektif karena para Borg terus mengubah perisai mereka untuk beradaptasi dengan senjata yang digunakan untuk menyerang mereka.


Parasit malaria melakukan hal yang sama, mereka sangat pandai dalam menghindari respon dari sistem kekebalan tubuh karena mereka terus mengubah lapisan protein yang ada di permukaan, ketika protein dikenali oleh sistem kekebalan tubuh dan antibodi diproduksi, parasit sudah mengubah proteinnya. Ini dikenal dengan variasi antigenik.


Lalu terdapat siklus hidup yang rumit dari parasit dan manipulasinye dari vektor nyamuk. Nyamuk yang terinfeksi menyuntikkan sporozoite ke dalam pembuluh darah yang kemudian sampai ke hati dalam waktu 3 - 5 menit. Di dalam liver, sporozoite bereproduksi dengan cepat, masing - masingnya menghasilkan puluhan ribu merozoite. 


Setelah satu atau dua minggu, hati yang terinfeksi melepaskan merozoite ke dalam aliran darah dimana mereka kemudian menyerang sel darah merah. Sebagian dari merozoite berkembang menjadi gametosit yang diambil oleh nyamuk ketika menggigit inang, tahapan siklus kehidupan berlangsung di dalam nyamuk.

Terdapat beberapa bukti bahwa parasit malaria mengubah bau dari orang yang terinfeksi, membuat mereka lebih rentan digigit oleh nyamuk. Parasit juga mengubah tingkah laku dari nyamuk yang terinfeksi, ketika nyamuk yang tidak terinfeksi pertama kali mengambil darah dari orang yang terinfeksi, mereka tidak bisa langsung menularkannya, parasit harus melalui beberapa tahapan perkembangan sebelum menghasilkan sporozoite yang menular. 
Dalam masa perkembangan yang dapat mencapai dua minggu tersebut, nyamuk betina tidak terlalu tertarik untuk menggingit. Ketika sporozoite sudah siap, mereka menjadi lebih tertarik untuk menggigit berulang kali.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang