Kenapa MOM (pengorbit mars) berkeliling dalam rute elliptical daripada jalur lurus?

Dilihat 1,38 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Semua orang yang berada dalam tata surya berkeliling melengkung daripada garis lurus. Untuk lebih spesifiknya, semua orang memiliki orbit yang berbentuk lingkaran, elips, parabola, atau hiperbola. Misi Pengorbit Mars adalah menerbangkan jalur tersimpel dan termurah ke Mars. Hal ini menggunakan apa yang disebut transfer Hohmann. Transfer Hohmann memanfaatkan yang setidaknya propelan. Pada dasarnya, apa yang terjadi adalah pesawat luar angkasa yang memiliki pembawakan kuat pada perigee dalam orbit Bumi. Perubahan kecepatan ini akan membuat puncak yang baru, di sisi lain matahari dari Bumi. Dalam kasus ini, puncak itu berada di atau diluar orbit Mars. 

Jadi, pembakaran tersebut mencapai dua hal - meletakkan pesawat luar angkasa di jalur hiperbolik diluar orbit Bumi dan berperan sebagai transfer Hohmann untuk orbit matahari nya. Kalau Mars tidak ada disitu, pesawat luar angkasa akan datang kembali ke orbit Bumi. Tapi ketika, sampai di dekat Mars, pesawat itu akan memasuki lingkung pengaruh Mars - berarti Mars akan memiliki pengaruh gravitasi yang jauh lebih besar di pesawat luar anagkasa daripada di Bumi atau Matahari. Kalau kecepatan pesawat luar angkasanya benar, pesawat itu akan ditangkap oleh Mars dan memasuki orbit disekitar Mars. 

Kalau pesawat luar angkasa bergerak terlalu cepat, pesawat itu akan hanya diibelokkan jalurnya oleh Mars. Perlambatan pembakaran hanya akan dilakukan untuk memastikan penangkapan pada ketinggian yang tepat.Kalau transfer Hohmann dilakukan dengan benar, pembakaran secara minimum itu dibutuhkan untuk mendapatkan pesawat luar angkasa ke Mars dan bisa menghasilkan dimana pesawat luar angkasa menjadi dekat dengan kecepatan terendahnya ketika mencapai Mars.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang