Kenapa obat AZT tidak bisa sepenuhnya menyembuhkan penyakit HIV/AIDS?

Dilihat 581 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Biologi dari HIV dan bagaimana virus ini berinterksi dengan sistem kekebalan tubuh merupakan hal yang rumit. Diskusi - diskusi yang berkembang merupakan versi singkat dari informasi yang sangat banyak. Human immunodeficiency virus (HIV) menginfeksi dan membunuh sel T pembantu. Sel T pembantu merupakan bagian dari limfosit (sejenis sel darah putuih) yang menyediakan sinyal untuk mengaktifkan dan mengarahkan respon kekebalan tubuh kita ke berbagai patogen, termasuk infeksi dan kanker. Sel T pembantu yang matang selalu memiliki glikoprotein permukaan, CD4, suatu molekul yang membantu penerima sel T (TCR) dengan sel pembawa antigen. 


Ketika sel pembawa antigen, seperti sel langerhans atau makrofag bertemu dengan antigen (sesuatu yang asing), sel tersebut menelannya, memecahnya menjadi unit - unit kecil dan memberikan unit - unit ini ke sel T pembantu. Ketika sel T pembantu melihat antigen (atau sebagai diantaranya) tertentu yang bersama - sama dengan molekul - molekul lain di permukaan sel pembawa antigen, sel tersebut akan melakukan beberapa hal, seperti mengirim sinyal untuk mengaktifkan (atau kadang menekan, tergantung jumlah sinyal yang diterima oleh sel T pembantu) fungsi kekebalan tubuh tertentu.


Virus merupakan partikel kecil yang hanya bisa berkembang melalui sel bagian dalam dari sebuah organisme. Virus tidak memiliki mesin sendiri untuk berkembang, jadi mereka akan membajak mekanisme dari sel inang untuk berkembang biak. Virus terdiri dari materi genetik (DNA atau RNA) yang dikelilingan oleh lapisan protein (kapsid) dan kadang oleh lipid yang berasal dari membran sel inang. Retrovirus merupakan sebuah virus, yang materi genetiknya adalah RNA dan menggunakan enzim transkriptase pembaliknya sendiri dan mesin dari sel untuk membuat salinan DNA dari dirinya. 


Langkah - langkah dari infeksi dan penghancuran sel T pembantu oleh HIV: HIV melekat pada sel T pembantu melalui molekul CD4. Virus RNA dan transkriptase pembalik, sebuah enzim (protein) yang akan mengubah virus RNA menjadi DNA, memasuki sel transkriptase pembalik membuat salinan DNA dari virus RNA. DNA yang disalin memasuki inti dari sel inang dan bergabung dengan DNA dari sel. Virus DNA akan bereplikasi dan membuat protein HIV baru yang nantinya akan digunakan untuk membentuk kapsid di sekit pastikel virus RNA baru. Protease akan menurunkan protein menjadi jumlah yang sesuai. Partikel virus baru terbentuk. Sel inang terbunuh dan partikel virus baru selesai terbentuk dan protein kapsid dilepaskan untuk menginfeksi sel - sel baru. Langkah paling penting dalam infeksi HIV/AIDS adalah penyalinan dari virus RNA yang kemudian akan bergabung dengan sel DNA. Langkah ini dilakukan (dikatalisasi) oleh enzim transkripse pembalik. 


AZT (Zidovudine) merupakan zat pencegah pertumbuhan dari transkriptase pembalik, yang pertama ditemukan dan yang terbaik saat ini.AZT masuk ke dalam salinan DNA dan bukannya ke dalam timidin (salah satu blok nukleotida dari DNA). AZT dan timidin memiliki bentuk yang serupa, bedanya adalah AZT tidak memiliki kelompok OH yang dibutuhkan yang dapat membuat ikatan dengan nukleotida selanjutnya di dalam rantai. Karena itulah rantainya menjadi terjanggu dan virus DNA tidak bisa dibentuk. 


AZT tidak menghancurkan virus, tapi menunda replikasi dari virus dan perkembangan dari HIV / AIDS. Ketika obat AZT digunakan dalam jangka waktu yang lama, akan muncur bentuk transkriptase pembalik yang bermutasi dan keluar dari mekanisme tekanan yang diberikan oleh AZT.

Untuk memperlanpat proses perkembangan dari perlawanan transkriptas, biasanya zat mencegah pertumbuhan transkriptase pembalik lainnya akan diberikan bersama dengan AZT yang juga disertai dengan obat antiretroviral seperti zat pencegah pertumbuhan protease atau zat pencegah petumbuhan transkriptase pembalik non-nucleoside. Jenis terapi ini juga dikenal dengan HAART (Highly Acive Anti-Retroviral Therapy).

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang