Kenapa orang dengan penyakit diabetes selalu disuntik insulin di perut atau paha? Kenapa selalu dua tempat tersebut?

Dilihat 3,03 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Karena itu merupakan lokasi termudah ketika kamu menyuntik dirimu sendiri dengan benar. Bisa saja kamu menyuntik di bagian lain, tapi itu akan menjadi sulit. Untuk mengerti alasannya, kamu harus mengerti latar belakangnya. Insulin adalah substansi yang sifatnya di injeksikan. Gampangnya itu antara kulit dan otot dibawah kulitmu. Dimana terdapat lebih banyak lemak dan sedikit syaraf. Insulin jarang disuntikkan ke otot. Otot itu sifatnya kaya akan pembuluh darah (contoh, mereka punya banyak pembuluh darah diantara otot).

Ketika obat disuntikan, obat akan cepat diserap oleh pembuluh darah lalu disebarkan ke seluruh tubuh oleh sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Distribusi itu merupakan distribusi yang terlalu cepat bagi insulin. Insulin hanya perlu diserap secara lambat. jadi kita harus menyimpannya antara kulit dan otot. Nantinya akan diserap perlahan oleh jaringan sekitar, dari jaringan ke darah, lalu disebarkan lewat sistem kardiovaskular.

Sekarang jawaban sudah jelas: jika kamu menyuntik dirimu sendiri, lebih mudah mencubit perut atau pahamu kan. Jika aku hendak menyuntik orang lain, dibalik lengan atas bagian atas adalah titik termudah. Tapi kalau kamu sendiri yang melakukan jadinya sulit dan kulitnya susah dicubit. Bagian perut merupakan bagian dengan tingkat serapan tercepat, lalu lengan, paha, dan bokong.

Jawaban bonus: Jika banyak lemak di bagian yang akan disuntik, bagian itu memiliki tingkat serapan rendah. Tiap insulin punya tingkat serapan dan durasi yang beragam. Jadi, jika seseorang sudah paham mengenai tubuhnya akan melakukan tes darah dan menyuitknya dibagian yang mudah diserap.

Jawaban bonus 2: di rumah sakit, mereka biasanya memberi suntikan langsung ke nadi lewat infus. Aku pernah juga menyuntikkan lewat otot karena satu dan lain hal, contoh: ada anak kecil yang akan disuntuk, akrena jarumnya pendek dan insulin harus diresap dengan cepat. Aku memberi suntikan di otot bagian belakang scapula (tulang belikat). Disitu kulitnya tipis dan aku bisa menyuntknya dengan mudah

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang